Sukses

Segera Berakhir, 204 Ribu Jemaah Haji Sudah Pulang ke Indonesia

Liputan6.com, Madinah - Jelang berakhirnya proses pemulangan, sebanyak 204.774 jemaah haji sudah diterbangkan ke Indonesia. Mereka berasal dari 509 kelompok terbang (kloter).

Adapun jemaah haji yang tiba di Tanah Air tercatat sebanyak 199.545 orang, dari 496 kloter. Dengan jumlah petugas 2.545 orang.

Demikian mengutip data Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Kementerian Agama (Kemenag), Sabtu (14/9/2019).

Kepala Daerah Kerja (Kadaker) Bandara Arsyad Hidayat menuturkan sejauh ini proses pemulangan jemaah haji berjalan lancar. 

"Selama ini (proses pemulangan) so far so good. Jadi tidak terlalu ada masalah yang berarti," kata Arsyad.

Dengan kelancaran ini, menurut dia, jemaah haji sudah memiliki komitmen untuk mengikuti peraturan yang ada. Salah satuny perihal barang bawaan.

Meski diakui masih ada beberapa jemaah haji yang mencoba mengambil peluang membawa barang di luar ketentuan.

"Ada sebagian kecil jemaah yang masih coba-coba bawa barang lebih dari ketentuan tapi itupun akhirnya terkena sweeping pada saat di bandara dan mereka juga sudah tahu ketika kita tanya jawabannya memang kita coba-coba aja," dia menandaskan. 

2 dari 2 halaman

15 September Esok, Pemulangan Jemaah Haji Indonesia Berakhir

Pemulangan jemaah haji Indonesia akan berakhir pada Minggu dini hari (15/9/2019). Jemaah haji kloter 15 Embarkasi Balikpapan (BPN-15) menjadi yang terakhir kembali ke Tanah Air.

Demikian diungkapkan Kepala Daerah Kerja (Daker) Bandara Jeddah-Madinah, Arsyad Hidayat di Madinah, Minggu (14/9/2019).

"Pemberangkatan atau kepulangan jemaah haji dari Arab Saudi atau dari bandara Madinah ke tanah air itu pada tanggal 15 September jadi besok," ujar dia.

Dia menuturkan pada hari terakhir pemulangan tersebut akan diberangkatan sebanyak 4 kloter.

Keempat kloter tersebut, yakni Embarkasi Solo 96 (SOC-96), Ujung Pandang-40 (UPG-40), Banjarmasin 19 (BDJ-9) dan Balikpapan-15 (BPN-15).

Di mana, jemaah terakhir yang pulang adalah BPN-15 yang lepas landas pada pukul 02.25 Waktu Arab Saudi (WAS).

Dia menuturkan seiring pemulangan jemaah haji BPN-15 akan menuntaskan proses pemulangan seluruh jemaah haji Indonesia dari Arab Saudi.

Jemaah yang tinggal hanya mereka yang masih dalam perawatan di beberapa rumah sakit di Arab Saudi maupun klinik kesehatan

"Selama ini (proses pemulangan) so far so good. Jadi tidak terlalu ada masalah yang berarti." dia menandaskan.

 

Loading
Artikel Selanjutnya
Menag Lobi Arab Saudi Tetapkan Kuota Dasar Haji Indonesia Sebesar 231 Ribu
Artikel Selanjutnya
Pegadaian Tawarkan Layanan Umrah dan Wisata Halal ke Timur Tengah