Sukses

Kiswah Kakbah Diangkat Penanda Musim Haji Dimulai

Liputan6.com, Madinah - Kain penutup Kakbah (kiswah) diangkat setinggi tiga meter, pada Kamis malam (19/7/2019). Pengangkatan kiswah Ka'bah menjadi tanda dimulainya  musim haji 1440 Hijriah.

Mengutip akun instagram Reasahalharamain atau pengelola dua masjid di Tanah Suci, menyatakan kain penutup Kakbah diangkat selepas Salat Isya.

"Kain penutup Ka'bah diangkat setinggi tiga meter, dalam rangka menyambut musim haji," bunyi akun media sosial pengelola Masjidil Haram.

Berdasarkan maklumat pengelola Masjidil Haram, pengangkatan kiswah Kakbah untuk memelihara dan menjaga kebersihan kiswah, menghindari dari aksi merusak atau memotong kain kiswah.

Serta mencegah sebagian jemaah haji untuk mengkultuskan dan mengharap berkah dari kiswah.

Sebagai informasi, Kiswah biasanya diganti setiap tahun pada tanggal 9 Dzulhijjah, atau pada hari ketika jemaah haji berada di Arafah. Nama kiswah dalam bahasa Arab berarti 'selubung'.

 

 

 

Kain kiswah diangkat setinggi tiga meter dari area tawaf. Kain putih kemudian dipakai untuk menutupi bagian yang terbuka di setiap sisinya. Kiswah ini akan kembali menutupi seluruh bagian Kakbah setelah musim haji selesai.

Konsultan Ibadah PPIH Daker Mekah, Mohammad Ulinnuha mengatakan pengangkatan kiswah Ka'bah berlangsung setiap tahun menjelang musim haji. Selain menjaga kebersihan kiswah, pengangkatan demi keamanan.

"Kain itu kan mahal, kalau ditarik-tarik rusak. Ada juga yang gunting-gunting kiswah itu kan," kata Ulinnuha.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini