Sukses

Taipei 101 Resmi Menjadi Gedung Tertinggi di Dunia

Dewan Gedung Tinggi dan Ruang Tinggal Perkotaan secara resmi menetapkan Taipei 101 sebagai gedung tertinggi di dunia. Warga Taiwan menyebut gedung berlantai 101 ini bambu raksasa dari kaca dan baja.

Liputan6.com, Taiwan: Gedung Taipei 101 kini resmi dinyatakan bangunan tertinggi di dunia. Gelar itu diberikan oleh Dewan Gedung Tinggi dan Ruang Tinggal Perkotaan, sebuah lembaga nonprofit yang terkait dalam perencanaan, perancangan, dan pembangunan gedung-gedung pencakar langit, baru-baru ini. Gedung ini 57 meter lebih tinggi dari pemegang rekor tertinggi sebelumnya: Menara Kembar Petronas--451 meter--di Kuala Lumpur, Malaysia.

Taipei 101 juga mengklaim mempunyai struktur bagian atas yang tertinggi, atap tertinggi, dan lantai fungsional tertinggi. Bangunan gedung itu sebagian akan menjadi kawasan perkantoran, meski sampai saat ini belum dibuka. Sementara beberapa lantai berada pada bagian bawah gedung akan digunakan sebagai pusat perbelanjaan.

Menara 101 pertama kali ditetapkan sebagai gedung pencakar langit tertinggi di dunia saat pemasangan bagian puncak gedung berlantai 101 pada Oktober tahun kemarin [baca: Taipei 101, Menara Tertinggi di Dunia]. Uniknya, warga Taiwan menyebut gedung ini bambu raksasa dari kaca dan baja mengingat bentuk fisik bangunan itu terlihat seperti beruas-ruas.(ORS/Uri)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.