Sukses

Perjalanan Flu Burung di Asia

Virus flu burung atau H5NI pertama kali menyebar di Hongkong. Selanjutnya virus ini menyebar ke Korea Selatan dan ke sejumlah negara lainnya seperti Thailand, Vietnam, dan Jepang.

Liputan6.com, Hongkong: Penyebaran flu burung pertama kali terkuak di Hongkong, tahun silam. Selanjutnya virus ini menyebar ke Korea Selatan. Tahun ini, flu burung sudah menyebar ke Jepang, Vietnam, dan Thailand [baca: Flu Burung Kembali Melanda Hongkong].

Jumat (23/1) siang, Perdana Menteri Thailand Thaksin Shinawatra menyatakan bahwa flu burung kemungkinan telah berjangkit di Negeri Gajah Putih. Ini berbeda dari keterangan sebelumnya yang menyatakan bahwa tidak ada flu burung di Thailand. Pemerintah hanya menyebutkan sejumlah ayam di peternakan hanya terserang wabah kolera ayam [baca: Thailand Mengakui Kemungkinan Adanya Wabah Flu Burung].

Untuk menekan penyebaran virus yang mempunyai subtipe H5N1 atau terkenal dengan Avian Influenza ini, pemerintah Korea Selatan memusnahkan jutaan ekor ayam dan menghentikan ekspor unggas ke negara lain. Begitu juga Vietnam dan Jepang telah memusnahkan ratusan ribu ekor ayam. Bahkan Jepang menghentikan ekspor unggas dari Thailand. Langkah Jepang itu diikuti Filipina.(YYT/Pin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini