Sukses

Tornado Hantam Wilayah AS Bagian Tengah, 5 Orang Tewas Termasuk Bayi 4 Bulan

Puluhan tornado dilaporkan terjadi di wilayah AS sejak Jumat (27/4/2024).

Liputan6.com, Oklahoma - Tornado yang melanda wilayah Amerika Serikat (AS) bagian Tengah menewaskan sedikitnya lima orang, termasuk bayi berusia empat bulan, dan menyebabkan kerusakan serius di wilayah tersebut.

Selain itu, puluhan ribu penduduk kehilangan aliran listrik usai badai yang terjadi sejak Jumat (26/4/2024).

Dilansir BBC, Senin (29/4), empat kematian terjadi di wilayah Oklahoma, sementara korban jiwa kelima yang meninggal karena luka-luka berada di wilayah Iowa.

The National Weather Service (NWS) atau Layanan Cuaca Nasional mengatakan penyelidikan awal telah mengonfirmasi bahwa beberapa tornado yang terjadi pada Sabtu (27/4) memiliki kecepatan di atas 136 mil (218 km) per jam.

Menurut laporan AFP, badai yang melanda wilayah Texas hingga Missouri juga mengakibatkan curah hujan hingga tujuh inci (18cm) di beberapa tempat dalam beberapa jam.

Kota Sulphur yang terletak di Oklahoma timur terkena dampak paling parah. Sebuah video menunjukkan rumah-rumah yang telah rata dengan tanah dan kendaraan-kendaraan terbalik.

Menurut Departemen Kesehatan Negara Bagian Oklahoma, sekitar 100 orang dilaporkan terluka.

Sementara itu, Kota Holdenville dan Marietta juga dilaporkan mengalami kerusakan parah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Wilayah Terdampak Tornado Hancur Parah

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Negara Bagian Oklahoma, Charles McCall, bersikeras bahwa daerah yang terkena dampak akan segera pulih.

"Kami akan bangkit, kami akan membersihkan, kami akan membangun kembali dan kami akan bergerak maju," katanya pada konferensi pers di Sulphur pada Minggu.

Gubernur negara bagian tersebut, Kevin Stitt, juga mengunjungi kota tersebut dan mengatakan kerusakan yang terjadi di sana merupakan yang terburuk yang pernah dilihatnya selama enam tahun masa jabatannya.

"Anda tidak bisa mempercayai kehancurannya," katanya.

"Sepertinya setiap bisnis di pusat kota telah hancur."

Gedung Putih mengatakan Presiden AS Joe Biden telah berbicara dengan Stitt dan menawarkan dukungan penuh kepada pemerintah federal.

3 dari 4 halaman

Puluhan Tornado Menghantam

Lebih dari 70 tornado menghantam negara bagian Nebraska dan Iowa, di mana Sebagian besar terjadi di Kota Omaha.

"Melihat tornado besar ini datang dan kami harus berlindung bersama anak-anak dan istri secepat yang kami bisa," kata salah seorang warga, Brent Richardson.

"Kehancuran total dan kekacauan. Sebuah lingkungan yang berusaha bersatu untuk membantu orang-orang dan ada beberapa orang yang terjebak di rumah-rumah yang kami coba selamatkan dan ada rumah-rumah yang tidak lagi berdiri."

Gubernur Nebraska mengeluarkan deklarasi darurat untuk tiga wilayah pada hari Minggu, sehingga wilayah tersebut juga memenuhi syarat untuk mendapatkan dana tambahan untuk operasi penyelamatan dan pemulihan.

Cuaca Buruk Diperkirakan Masih Berlanjut

Sementara itu, cuaca buruk diperkirakan masih akan berlanjut.

"Ancaman tornado tampaknya lebih rendah, namun angin dan hujan es yang merusak masih diperkirakan terjadi, terutama di Texas timur laut, Louisiana utara, Arkansas, dan Missouri selatan," lapor ahli meteorologi Brandon Buckingham dari laporan cuaca komersial AccuWeather.

4 dari 4 halaman

Cuaca Buruk Diperkirakan Masih Berlanjut

Sementara itu, cuaca buruk diperkirakan masih akan berlanjut.

"Ancaman tornado tampaknya lebih rendah, namun angin dan hujan es yang merusak masih diperkirakan terjadi, terutama di Texas timur laut, Louisiana utara, Arkansas, dan Missouri selatan," lapor ahli meteorologi Brandon Buckingham dari laporan cuaca komersial AccuWeather.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.