Sukses

Kemlu RI: Tidak ada WNI Korban Gempa M 6,1 di Huelien Taiwan

Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI dan KDEI Taipei menyatakan terus memantau gempa susulan yang terjadi di Huelien, Taiwan.

Liputan6.com, Taipei - Dua gempa bumi, yang terbesar berkekuatan magnitudo 6,1 melanda wilayah Hualien di Taiwan timur pada Sabtu 27 April 2024, kata badan cuaca pulau itu, tanpa ada laporan kerusakan yang terjadi.

Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI dan KDEI Taipei menyatakan terus memantau gempa susulan yang terjadi di Huelien, Taiwan.

"Kami mengimbau agar masyarakat Indonesia di Taiwan, khususnya wilayah Huelien untuk terus waspada terhadap kemungkinan gempa susulan dan terus memonitor informasi dan petunjuk yang diberikan otoritas setempat," kata Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kemlu RI Judha Nugraha dalam keterangan tertulis yang dikutip Sabtu (27/4).

Judha menuturkan, gempa susulan kembali terjadi di wilayah Hualien dini hari ini Sabtu ( 27/4) sekitar pukul 02.20 waktu setempat dengan magnitudo 6,1.

"Gempa susulan terus terjadi hingga pukul 09.00 waktu setempat dengan skala 4-5," imbuhnya.

Adapun pihak KDEI telah berkoordinasi dengan Center Emergency Operation Centre (CEOC) Taiwan dan komunitas Indonesia.

"Tidak ada WNI yang menjadi korban," tegas Judha.

Melansir dari The Straits Times, gempa Taiwan tersebut, yang terjadi dalam kurun waktu selang setengah jam pada dini hari mengguncang gedung-gedung di ibu kota, Taipei.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dirasakan Hampir Seluruh Penjuru Negeri

Gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,1 terjadi di lepas pantai Hualien County di Taiwan timur pada Sabtu (27/4) pukul 02:21 pagi, menurut Central Weather Administration (CWA)/Administrasi Cuaca Pusat.

Pusat gempa terletak di laut, sekitar 23 kilometer utara timur laut Hualien County Hall, pada kedalaman 24,9 km, menurut pemerintah seperti dikutip dari Focus Taiwan.

Intensitas gempa bumi, yang mengukur dampak sebenarnya dari sebuah gempa, tertinggi terjadi di wilayah Hualien, Yilan, Nantou, Hsinchu dan Taichung, Taoyuan dan New Taipei, yang berada pada peringkat 4 pada skala intensitas 7 tingkat Taiwan.

Gempa Taiwan berkekuatan magnitudo 3 juga terjadi di wilayah Miaoli, Taitung, Changhua, Yunlin dan Chiayi serta kota Taipei, Hsinchu dan Chiayi, lapor CWA.

Getaran gempa bumi dirasakan di sebagian besar wilayah Taiwan.

3 dari 3 halaman

Taiwan Rawan Gempa

Taiwan telah dilanda lebih dari 1.000 gempa susulan sejak gempa berkekuatan magnitudo 7,2 melanda Hualien pada awal April, yang menewaskan 17 orang.

Taiwan terletak di dekat persimpangan dua lempeng tektonik dan rentan terhadap gempa bumi.

Adapun lebih dari 100 orang tewas dalam gempa bumi di Taiwan selatan pada tahun 2016, sementara gempa berkekuatan magnitudo 7,3 menewaskan lebih dari 2.000 orang pada tahun 1999.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.