Sukses

Libur Panjang, Penumpang Pesawat di 20 Bandara Bakal Tembus 1 Juta

Khusus Bandara Soekarno-Hatta yang merupakan bandara terbesar dan tersibuk di Indonesia, jumlah penumpang pesawat diperkirakan menyentuh 643.841 orang.

Liputan6.com, Jakarta - PT Angkasa Pura II prediksi jumlah penumpang pesawat di 20 bandara kelolaanya pada long weekend atau libur panjang akhir pekan 9-12 Mei 2024 mencapai 1 juta orang. 

"Jumlah penumpang di 20 bandara AP II pada long weekend 9-12 Mei diperkirakan mencapai 1 juta orang, naik 15 persen dibandingkan dengan hari normal. Sementara untuk jumlah penerbangan diproyeksikan sebanyak 6.823 penerbangan," ujar Pgs SVP of Corporate Secretary AP II Cin Asmoro, Jumat (10/5/2024).

Adapun 20 bandara yang saat ini dikelola Angkasa Pura II yakni Bandara Soekarno-Hatta (Jakarta), Halim Perdanakusuma (Jakarta), Kualanamu (Medan), Supadio (Pontianak), Minangkabau (Padang), Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang), Sultan Syarif Kasim II (Pekanbaru), Husein Sastranegara (Bandung).

Selanjutnya, Sultan Iskandarmuda (Banda Aceh), Raja Haji Fisabilillah (Tanjungpinang), Sultan Thaha (Jambi), Depati Amir (Pangkalpinang), Silangit (Tapanuli Utara), Kertajati (Majalengka), Banyuwangi (Banyuwangi), Tjilik Riwut (Palangka Raya), Radin Inten II (Lampung), H.A.S Hanandjoeddin (Tanjung Pandan), Fatmawati Soekarno (Bengkulu), dan Jenderal Besar Soedirman (Purbalingga).

Adapun khusus Bandara Soekarno-Hatta yang merupakan bandara terbesar dan tersibuk di Indonesia, jumlah penumpang pesawat diperkirakan menyentuh 643.841 orang, dengan pergerakan pesawat sebanyak 4.096 penerbangan.

Cin turut memastikan ketersediaan slot time (waktu keberangkatan dan kedatangan di bandara) guna akomodasi permintaan penerbangan selama libur long weekend ini. 

"Kami telah berkoordinasi dengan stakeholder lainnya khususnya maskapai agar layanan penerbangan pada long weekend 9-12 Mei dapat berjalan dengan baik. Apabila dinilai perlu, kapasitas kursi penerbangan dapat selalu ditingkatkan melalui penerbangan tambahan (extra flight) yang dioperasikan maskapai, dan AP II memastikan ketersediaan slot time," imbuhnya.  

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Titik Penting

Cin menuturkan, pada periode sibuk ini seluruh bandara AP II tetap fokus pada sejumlah ttitik penting untuk memastikan terjaganya aspek pelayanan, keamanan dan keselamatan. 

"Fasilitas di sisi udara (air side) dan sisi darat (land side) dipastikan siap. Begitu juga dengan kecukupan personel di seluruh bandara," kata dia. 

Bandara-bandara AP II juga telah melakukan sejumlah penataan interior terminal penumpang pesawat guna meningkatkan pelayanan, seperti misalnya di Bandara Soekarno-Hatta. 

"Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta kini dilengkapi dengan hutan mini dan area hijau di sejumlah titik sehingga menghadirkan nuansa yang lebih hijau dan lebih baik," pungkas Cin. 

3 dari 5 halaman

Kurangi Stres, Angkasa Pura II Mau Pangkas Waktu Check-In di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II

Sebelumnya, PT Angkasa Pura II tengah meramu sejumlah strategi guna meningkatkan kenyamanan penumpang di bandara. Salah satunya ada di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, Palembang, Sumatera Selatan.

Executive General Manager Bandara SMB II Palembang, Iwan Winava Mahdar mengungkapkan upaya yang akan dilakukannya adalah memangkas waktu tunggu dalam proses check-in penumpang. Upaya ini bakal jadi fokus pengelola bandara di 2024 ini.

"Pastinya kita coba untuk tidak ada antrean lama di check-in counter. Kita tahu memang secara regulasi paling lama itu 3-7 menit. Ktia coba untuk inovasi, kerja sama dengan teman-teman dari ground handling maupun maskapai, kita bikin SLA (Service Level Agreement) bagimana antrean ini tidak terlalu lama," kata Iwan saat ditemui di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, Palembang, Sumatera Selatan, dikutip Sabtu (23/3/2024).

Ramuannya, memberikan kemungkinan petugas bandara membantu check-in penumpang ketika antrean terlihat mulai mengular. Harapannya, waktu tunggu penumpang bisa semakin singkat.

 

 

4 dari 5 halaman

Fasilitas Bandara

"Contohnya, ketika ada antrean lebih dr 15, bisa gak teman-teman dari maskapai itu lakukan proses check-in itu seperti jalan tol sekarang, dia mengisi, ada petugas khusus yang melakukan check in di sini, mobile, di samping-sampingnya memang sudah ada, tapi jtia tambah lagi untuk jemput bola. Itu bagian dari yang sudah kami pikirkan untuk gimana ya supaya gak ada antrean cukup panjang," bebernya.

Iwan mengungkapkan alasannya. Menurutnya, tingkat stres penumpang dipengaruhi dari waktu tunggu antrean saat check-in. Artinya, ini akan berpengaruh juga pada tingkat kenyamanannya di bandara.

Ketika sang penumpang merasa nyaman, Iwan membidik ada dorongan untuk lebih menikmati berbagai fasilitas bandara. Termasuk pada rasio pengeluaran di toko-toko yang ada di ruang tunggu.

"Jadi sangat penting buat kami supaya dia menghabiskan waktu cukup lama di boarding lounge domestik, supaya spending rate-nya itu dia naik, belanja dia itu naik. Karena dia gak buru-buru lagi. Karena tingkat stresnya orang itu di sini," urainya.

5 dari 5 halaman

Jadi Bandara Ternyaman Versi ACI

Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang dinobatkan jadi bandara ternyaman bagi calon penumpang pesawat se-Asia. Ini atas hasil penilaian dari Airports Council International (ACI).

Ada sederet langkah yang dilakukan oleh Angkasa Pura II selaku pengelola bandara di Palembang, Sumatera Selatan tersebut. Salah satunya adalah alur penumpang sejak masuk pintu pertama, hingga proses boarding menjelang penerbangan.

Executive General Manager Bandara SMB II Palembang, Iwan Winava Mahdar menjelaskan, atas hasil penilaian ACI, penumpang nyaman dengan perombakan alur geraknya di bandara.

"Mungkin salah satunya setelah saya mencoba untuk merubah flow, itu kan kita rubah flow-nya," kata Iwan ditemui di Bandara SMB II, Palembang, Sumatera Selatan, dikutip Sabtu (23/3/2024).

Dia mengisahkan, kini hanya ada satu jalur bagi penumpang. Alhasil pengalamannya berjalan di bandara bisa menikmati sederet fasilitas secara maksimal.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.