Sukses

Pakistan Diguyur Hujan Lebat Berhari-hari, 39 Orang Tewas

Para petani di Pakistan juga dilaporkan tewas lantaran petir menyambar mereka saat sedang bekerja.

Liputan6.com, Islamabad - Sedikitnya 39 orang tewas di Pakistan setelah berhari-hari hujan deras mengguyur wilayah barat daya negara itu.

Beberapa dari mereka yang tewas adalah petani yang tersambar petir saat memanen gandum, kata pihak berwenang, dikutip dari laman BBC, Selasa (16/4/2023).

Gambar yang tersebar secara online menunjukkan sebagian besar lahan pertanian terendam air hujan. Banjir bandang juga mengganggu pasokan listrik dan jaringan transportasi.

Pakistan mengalami peningkatan kejadian cuaca ekstrem karena bergulat dengan dampak perubahan iklim.

Pada tahun 2022, sepertiga wilayah negara ini terendam banjir yang belum pernah terjadi sebelumnya, menewaskan lebih dari 1.700 orang dan melukai ribuan lainnya.

Jutaan orang kehilangan tempat tinggal dan kekurangan air minum bersih selama berbulan-bulan setelahnya.

Beberapa daerah yang terkena dampak banjir tahun 2022, termasuk Khyber Pakhtunkhwa dan Balochistan, kembali terkena dampak badai baru-baru ini.

Dengan diperkirakan akan terjadi lebih banyak hujan dalam beberapa hari mendatang, Otoritas Manajemen Bencana Nasional Pakistan juga telah memperingatkan adanya tanah longsor dan banjir bandang.

Provinsi Punjab yang paling padat penduduknya di Pakistan telah menderita korban tewas tertinggi sejauh ini, dengan 21 orang tewas tersambar petir antara Jumat dan Minggu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Korban di Provinsi Paling Barat Pakistan

Setidaknya delapan orang tewas di provinsi paling barat Balochistan menurut AFP, di mana pihak berwenang telah mengumumkan keadaan darurat. Sekolah-sekolah di provinsi tersebut diperintahkan tutup.

Sebagian besar wilayah Pasni, kota pesisir Baloch, tertutup air hujan.

“Pasni tampak seperti danau besar saat ini ketika banjir bandang memasuki pemukiman dan kawasan komersial utama,” kata Noor Ahmed Kalmati, ketua komite kota, mengatakan kepada surat kabar Pakistan Dawn.

Banjir besar juga dilaporkan terjadi di negara tetangga Afghanistan. Sedikitnya 33 orang tewas dan ratusan rumah rusak atau hancur, kata pihak berwenang Afghanistan pada Minggu.

Para ilmuwan mengatakan bahwa pemanasan global kemungkinan besar berperan dalam banjir dahsyat yang melanda Pakistan pada tahun 2022. Pakistan juga menduduki peringkat kelima negara paling rentan terhadap perubahan iklim, menurut Indeks Risiko Iklim Global PBB.

3 dari 3 halaman

Banjir Pakistan Tewaskan 1.000 Orang, Bencana Terdahsyat dalam Sejarahnya

Sebelumnya pada tahun 2022, banjir menewaskan hampir 1.000 orang di seluruh Pakistan sejak Juni di tahun itu. Sementara ribuan orang telah mengungsi - dan jutaan lainnya terkena dampak, demikian seperti dikutip dari BBC.

Melaporkan dari Sindh, BBC menyebut banyaknya orang-orang terlantar di setiap desa.

Skala penuh kehancuran di provinsi ini belum sepenuhnya dipahami - tetapi orang-orang menggambarkannya sebagai bencana terburuk yang mereka selamat.

Banjir tidak jarang terjadi di Pakistan, tetapi orang-orang di sini mengatakan hujan ini berbeda - lebih dari apa pun yang pernah terlihat. Seorang pejabat setempat menyebut mereka "banjir proporsi alkitabiah".

Di dekat kota Larkana, ribuan rumah lumpur telah tenggelam di bawah air. Selama bermil-mil yang terlihat hanyalah puncak pohon. Di mana ketinggian air sedikit lebih rendah, atap jerami merayap keluar dari bawah air.

Di satu desa, orang-orang sangat membutuhkan makanan. Di tempat lain, banyak anak telah mengembangkan penyakit yang ditularkan melalui air.

Ketika sebuah truk bergerak menepi, puluhan orang segera berlari ke arahnya. Anak-anak yang membawa anak-anak lain berjalan ke antrian panjang.

Seorang gadis berusia 12 tahun mengatakan dia dan adik perempuannya belum makan selama sehari.

"Tidak ada makanan yang datang ke sini, tetapi saudara perempuan saya sakit, dia muntah," kata gadis itu. "Saya harap mereka dapat membantu."

Keputusasaan itu terbukti di setiap komunitas. Orang-orang berlari menuju jendela mobil untuk meminta bantuan - apa saja.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.