Sukses

Gempa Magnitudo 7,5 Guncang Taiwan, Picu Peringatan Tsunami di Jepang

Jepang mengeluarkan peringatan tsunami untuk gugusan Pulau Okinawa di Jepang selatan pasca gempa magnitudo 7,5 mengguncang Taiwan.

Liputan6.com, Taipei - Gempa melanda Taiwan pada Rabu (3/4/2024) pagi, mengguncang seluruh pulau dan meruntuhkan bangunan.

Jepang mengeluarkan peringatan tsunami untuk gugusan Pulau Okinawa di Jepang selatan.

Badan Meteorologi Jepang memperkirakan akan terjadi tsunami setinggi 3 meter setelah gempa terjadi pada pukul 07.58 waktu setempat. Sekitar setengah jam kemudian, gelombang tsunami pertama diyakini telah tiba di Pantai Miyako dan Pulau Yaeyama. 

Badan pemantau gempa Taiwan menyebutkan gempa bermagnitudo 7,2, sedangkan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) memperkirakan gempa bermagnitudo 7,5. Demikian seperti dilansir AP.

Tayangan televisi menunjukkan bangunan-bangunan di Kota Hualien di timur Taiwan terguncang fondasinya. Gempa dilaporkan terasa hingga ibu kota Taipei.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Jepang adalah negara yang disebut sebagai negara kepulauan karena memiliki lebih dari 6000 pulau disekitarnya.
    Jepang adalah negara yang disebut sebagai negara kepulauan karena memiliki lebih dari 6000 pulau disekitarnya.

    Jepang

  • taiwan

  • Tsunami