Sukses

Pasien Palestina yang Dirawat di Yerusalem Timur Akan Dipulangkan ke Jalur Gaza oleh Israel

Para pasien diperkirakan akan menaiki bus menuju penyeberangan Kerem Shalom di perbatasan antara Israel dan Jalur Gaza pada Rabu (20/3/2024).

Liputan6.com, Yerusalem - Pihak berwenang Israel sedang bersiap untuk mengirim sekelompok pasien Palestina yang dirawat di rumah sakit di Yerusalem Timur kembali ke Jalur Gaza pekan ini.

Menurut sejumlah pejabat rumah sakit, kelompok yang terdiri dari 22 warga Gaza Palestina tersebut termasuk lima bayi baru lahir dan ibu mereka, pasien kanker, dan beberapa orang pendamping yang menemani mereka. Mereka semua telah mendapat izin dari otoritas Israel untuk melakukan perjalanan ke Yerusalem Timur yang diduduki Israel untuk mendapatkan perawatan medis tingkat lanjut – sebagian besar sebelum serangan Hamas terhadap Israel pada 7 Oktober 2023.

Para pejabat yang sama mengatakan kepada CNN, Badan Kementerian Pertahanan Israel yang bertanggung jawab atas urusan Palestina, COGAT, selama berbulan-bulan telah mendesak pejabat rumah sakit di Yerusalem Timur untuk memasukkan daftar pasien yang tidak lagi memerlukan perawatan medis rawat inap agar dapat dipulangkan ke Jalur Gaza.

Para pasien diperkirakan akan menaiki bus menuju penyeberangan Kerem Shalom di perbatasan antara Israel dan Jalur Gaza pada Rabu (20/3/2024).

Di antara mereka adalah Nima Abu Garrara, yang dibawa dari Rafah ke Yerusalem Timur dalam keadaan hamil anak kembar. Dia melahirkan pada 5 Oktober. Sejak itu, yang diketahui anak kembarnya hanyalah kamar di Rumah Sakit Makassed. Tak lama lagi, hal itu akan tersingkir dan digantikan dengan realitas perang.

"Jika aku kembali dengan si kembar … kemana aku harus pergi bersama mereka? Di mana saya bisa mendapatkan popok dan susu?," dia bertanya sambil menangis seperti dilansir CNN. "Jalur Gaza sudah tidak sama lagi."

Selama berbulan-bulan, Nima dan dua ibu lainnya berbagi kamar kecil yang sama, yang dipenuhi perlengkapan bayi. Koper dan tas ransel bertumpuk di setiap sudut. Botol bayi, kaleng susu formula, dan boneka binatang memenuhi setiap meja yang tersedia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pemulangan Diorganisir COGAT

Merespons temuan CNN, COGAT mengonfirmasi bahwa warga Palestina dari Jalur Gaza yang tidak membutuhkan perawatan medis lebih lanjut akan dipulangkan ke Jalur Gaza dan COGAT akan mengoordinasikan pemulangan tersebut dengan organisasi bantuan internasional.

"Jika ada kebutuhan untuk perawatan medis lebih lanjut, COGAT mengatur masa tinggal mereka di rumah sakit untuk menjaga kesehatan mereka," kata badan tersebut.

Nima sendiri dihinggapi dilema. Dia mengaku sangat terpecah antara keamanan Yerusalem Timur dan kerinduan akan keluarganya – dan rumahnya yang terdampak oleh serangan udara dan darat Israel yang tak henti-hentinya berlangsung selama berbulan-bulan.

"Putri saya ada di sana," kata Asmaa Al Dabje, seorang ibu lainnya. "Dia membutuhkan saya. Setiap kali dia berbicara kepada saya, dia bertanya kapan saya akan kembali. Setiap kali ada serangan udara, anak-anak memeluk ibu mereka, dan anak saya tidak punya siapa pun untuk dipeluk."

Sebagai seorang perawat, dia mengatakan bahwa dia telah menghabiskan masa perang dengan perasaan seperti dia telah mengkhianati tugas profesionalnya untuk membantu.

"Saya kehilangan 43 rekan saya. Saya kehilangan anggota keluarga, teman, dan tetangga. Rumah saya hancur," ungkap Asmaa.

Hannan Sharadan mengatakan dia menghabiskan tujuh tahun mencoba untuk hamil sebelum dia hamil anak kembar.

"Saya takut karena tidak ada gencatan senjata," katanya sambil menggoyang putranya, Abdullah. "Hidup telah menjadi sangat mahal. Ada penyakit yang menyebar. Infeksi. Ini bukan kehidupan normal."

3 dari 3 halaman

'Bukan Keputusan Kami'

Ini bukan pertama kalinya pasien dari Jalur Gaza yang dirawat di rumah sakit di Yerusalem Timur kembali ke rumah sejak perang pecah, kata pejabat rumah sakit kepada CNN, namun ini adalah pertama kalinya mereka dipaksa untuk melakukannya.

Sebelum Oktober 2023, sepertiga dari mereka yang menerima perawatan di Rumah Sakit Augusta Victoria adalah pasien dari Jalur Gaza yang membutuhkan pengobatan kanker tingkat lanjut.

"Kami menolak memulangkan mereka," kata CEO rumah sakit Dr. Fadi Atrash. "Dan kami mencapai kesepakatan bahwa mereka masih dalam perawatan."

Namun, pihak berwenang Israel terus menekannya, katanya, seraya menambahkan bahwa mereka sekarang tidak punya pilihan.

"Pada akhirnya, itu bukan keputusan kami. Dan ini sungguh membuat frustrasi. Kami (belum) dapat membantu orang-orang di Jalur Gaza sejak awal perang. Sebagai dokter, ini perasaan kami sehari-hari, tidak mampu berbuat apa-apa," tutur Atrash.

Mohammed, yang dirawat karena kanker tiroid dan meminta CNN untuk tidak menggunakan nama belakangnya karena masalah privasi, mengatakan dia telah terpisah dari keenam anaknya sejak datang ke Yerusalem Timur pada akhir September 2023.

"Orang yang paling membuat saya patah hati adalah anak saya Hamzah," katanya sambil menjelaskan bahwa anak berusia 11 tahun itu buta.

"Saya terkoyak. Satu-satunya harapan yang saya miliki dalam hidup adalah kembali ke rumah. Saya menyesal bahkan datang ke sini untuk berobat. Saya berharap bisa bersama mereka karena saya tahu betapa mereka membutuhkan saya.”

Di ruangan yang penuh sesak di Rumah Sakit Makassed, para wanita sedang mempersiapkan perjalanan yang tidak punya pilihan selain mereka lakukan. Permen dan makanan ringan dimasukkan ke dalam koper yang kabarnya akan segera mereka seret melintasi perbatasan Kerem Shalom.

"Apa pun yang Tuhan ingin terjadi akan terjadi. Saya tidak ingin tinggal di sini. Saya ingin pulang ke rumah," imbuh perawat salah seorang pasien Al Dabie.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini