Sukses

Perkebunan Australia Hasilkan Blueberry Terbesar Sedunia, Ukurannya Seperti Bola Ping Pong

Petani blueberry itu meyakini buah beri besar ini memiliki cita rasa yang berbeda dari buah blueberry pada umumnya.

Liputan6.com, Queensland - Sebuah perkebunan di Australia telah memecahkan rekor dengan menghasikan blueberry terbesar di dunia, yang seukuran dengan bola ping-pong.

Dilansir BBC, Sabtu (16/3/2024), spesimen ini merupakan varietas baru yang dikembangkan oleh Costa Group, untuk memenuhi permintaan konsumen akan buah beri yang lebih besar.

Dipetik pada November 2023 dan disimpan di freezer, buah itu memiliki lebar hampir 4cm dan berat 20,4 gram. Ini 10 kali lebih besar dari rata-rata ukuran blueberry pada umumnya.

Gelar buah beri terbesar di dunia sebelumnya dipegang oleh buah beri seberat 16,2 gram yang ditanam di Australia Barat.

Brad Hocking, sang petani kebun, mengatakan ras Eterna secara konsisten menghasilkan buah dalam jumlah besar, namun kondisi pertumbuhan baru-baru ini telah menolak panen besar-besaran di peternakan mereka di Corindi, bagian utara New South Wales.

Timnya telah melihat beberapa buah beri yang terlihat bagus di pohon, namun tetap "terkejut" ketika buah tersebut ditimbang.

"Baru setelah kami menempatkannya dalam skala besar, kami baru menyadari apa yang kami temukan," kata Hocking.

"Buah yang memecahkan rekor ini jelas sangat besar, tapi kami akan memetik 20 buah atau lebih pada pagi itu yang akan memecahkan rekor dunia sebelumnya," lanjutnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dapat Label Rekor Dunia

Setelah 12 minggu, buah beri tersebut minggu ini disertifikasi oleh Guinness World Records sebagai buah beri terberat yang pernah didokumentasikan.

Ketika ditanya bagaimana rasa dari buah tersebut, Hocking tertawa lantaran ia bersama rekannya memutuskan untuk tidak memakan buah itu.

"Kami bisa makan buah yang lain, kami tidak harus makan yang ini," lanjut dia.

3 dari 3 halaman

Punya Rasa yang Berbeda

Saat ini, para petani sedang mempertimbangkan apa yang harus dilakukan terhadap buah itu.

"Ada beberapa ide, mungkin seperti cetakan resin dan dipasang di dinding atau semacamnya," ungkap Hocking.

Pria itu juga yakin bahwa buah tersebut memiliki rasa yang berbeda dari buah blueberry biasanya.

"Kami melihatnya, orang-orang mengkonsumsinya sebagai makanan ringan, lebih dari sekedar untuk sarapan dan membuat kue. Tapi yang pasti, rasanya tetap ada – rasanya sangat renyah memiliki aroma blueberry yang kuat," tutur dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini