Sukses

10 Aset Termahal Mukesh Ambani, Kitchen Set Bertakhta Emas 22 Karat hingga Jaringan Toko Mainan

Berikut ini adalah daftar 10 rincian properti termahal Mukesh Ambani di seluruh dunia, harganya fantastis.

Liputan6.com, New Delhi - Properti mahal milik miliarder India Mukesh Ambani selalu menjadi pusat perhatian sepanjang tahun. Makin jadi sorotan karena baru-baru ini ia menggelar pesta prewedding mewah selama tiga hari untuk sang putra bungsu, Anant Ambani yang akan menikah pada Juli mendatang. 

Dari rumahnya yang berlantai 27, Antilia, di Mumbai hingga Hotel Inggris yang berusia berabad-abad, orang-orang selalu mencari di internet untuk mengetahui lebih banyak tentang portofolio properti pemilik Reliance Industry.

Keragaman jenis dan lokasi aset Mukesh Ambani menjadikannya layak mendapat perhatian masyarakat tidak hanya di India tetapi juga di seluruh dunia.

Berikut ini adalah daftar 10 rincian properti termahal Mukesh Ambani di seluruh dunia, mengutip livemint.com, Jumat (15/3/2024):

1. Antilia

Rumah peninggalan keluarga Ambani di Gujarat, India, yang saat ini menjadi museum penghormatan terhadap ayah Mukesh Ambani. (Dok. Situs Resmi Dhirubai Ambani Memorial Chorwad)

Memulai daftar dengan properti terpopuler yang juga merupakan kediaman orang terkaya di India. Terhitung sebagai salah satu hunian termahal di dunia, bangunan 27 lantai ini secara teknis memiliki 60 lantai! Ya, hal yang mustahil telah menjadi mungkin oleh perusahaan Amerika Perkins & Will dan Leighton Holdings dari Australia.

Bangunan asimetris ini dibuat sedemikian rupa sehingga mampu menampung dua kali lipat lantainya, sesuai ukurannya. Bangunan bernilai $2 miliar pada 2014 ini memiliki helipad di lantai paling atas. Juga memiliki salon, kuil besar, kedai es krim, bioskop, kolam renang, spa, dan yang lainnya.

2. Hotel Mandarin-Oriental

Hotel mewah megah ini terletak di Mandarin Oriental, New York, dan menawarkan beberapa pemandangan kota yang paling mengesankan. Kesepakatan itu diselesaikan dengan harga $98,15 juta pada awal tahun 2022.

Hotel ini memiliki sekitar 248 kamar, dan setiap kamar memberikan pemandangan indah dari jendela. Arsitektur hotel yang indah sangat mengesankan Anita Ambani sehingga dia segera menyewa perusahaan di belakang hotel Perkins + Will dan Hirsch Bedner Associates.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Stoke Parks Inggris

Hotel cantik berusia 900 tahun di London Inggris ini akan membuat pengunjungnya terpesona. Hotel ini dibeli tahun lalu oleh Mukesh Ambani dengan harga 57 juta pound sterling, yang setara dengan ₹529 crore atau sekitar Rp1,1 triliun.

Terletak di pinggiran kota, hotel ini memiliki beberapa layanan mewah tercanggih dan fasilitas ultra-kaya terbaik.

Hotel bintang lima ini memiliki 49 kamar mewah dan tiga restoran. Tidak hanya itu, hotel ini juga memiliki gym seluas 4.000 kaki persegi, 13 lapangan tenis multi-permukaan, lapangan golf, dan kolam renang dalam ruangan.

Adapun hotel megah ini dibangun pada tahun 1760, oleh seorang tentara dan sarjana John Penn.

4. Hamleys

Jaringan toko mainan utama, yang selalu menjadi tempat favorit anak-anak, Hamleys dibeli oleh grup Reliance dengan kesepakatan $88,5 juta. Jaringan toko mainan asal Inggris yang berusia 259 tahun ini dikenal secara global karena rangkaian mainan premium dan produk anak-anak lainnya. Pada saat kesepakatan terjadi, Hamleys memiliki 167 toko mainan di 16 negara.

5. Rumah Palm Jumeriah

Kesepakatan baru-baru ini senilai $80 juta, setara dengan ₹639 crore, untuk membeli rumah termahal di Palm Jumeriah Dubai telah menjadikan properti ini masuk dalam daftar aset termahal Mukesh Ambani.

Vila yang menghadap pantai ini dikenal sebagai vila termahal di Dubai pada 2022. Vila dua lantai ini memiliki 10 fasilitas spa, bar, dua kolam renang, dan pantai pribadi.

Palm Jumeriah adalah pulau buatan berbentuk palem, terkenal dengan koloni mewah dan properti hunian super mewah.

3 dari 4 halaman

6. Pemilik Mumbai Indians

Mukesh Ambani dan Nita Ambani juga merupakan pemilik Mumbai Indians, yang merupakan salah satu tim terpopuler dan kuat di IPL. Nilai merek tim ini sekitar ₹600 crores pada tahun 2021.

7. Jet Pribadi

Pemilik Reliance Industry juga dikenal memiliki sederet jet pribadi super mewah. Dia memiliki total tiga jet pribadi.

Ketiga jet tersebut, Airbus A319, Falcon 900EX, dan Boeing Business Jet, diketahui berharga sekitar ₹100 crore atau sekitar Rp188 miliar. Jet Boeing Business memiliki beberapa fasilitas mewah seperti konsol permainan, televisi satelit, sistem musik, kamar tidur utama, kamar mandi, dan lain-lain.

8. Noritake Gold Set

Mulai dari rumah mewah hingga jet pribadi, ada satu set khusus kitchen set antik yang masuk dalam daftar aset Ambani. Pada tahun 2010, Nita Ambani pergi ke Sri Lanka untuk membeli 25.000 peralatan dapur dari merek Jepang berusia satu abad, Noritake. Kitchen setnya bertakhtakan emas 22 karat dan platinum.

Pembuatan dengan versi logam saja membutuhkan biaya sekitar 1,5 crores atau sekitar Rp2,8 miliar. Merek berusia berabad-abad ini adalah nama terkenal di kalangan jaringan hotel, maskapai penerbangan, dan rumah pribadi AS.

Sesuai laporan ET, satu set makan malam Noritake akan berharga antara $800 hingga 2.000 dolar di India. Di Sri Lanka, biayanya sekitar $600 hingga $1700 karena pabrik manufaktur perusahaan berada di negara tersebut.

4 dari 4 halaman

9. Mobil Super Mewah

Mukesh Ambani telah memesan enam lantai terbawah Antilia miliknya untuk memarkir mobil mewahnya termasuk Maybatch, Rolls Royce Cullinan, BMW 760 Li, dan lain-lain.

10. Sea Wind Cuff Parade

Ini adalah ruang hunian lama keluarga. Mukesh Ambani bersama istri dan anak-anaknya dulu tinggal di sini bersama keluarga besarnya, Anil Ambani, dan rekan-rekan dekatnya – di apartemen Sea Wind di Cuffe Parade. Betapapun mahal dan mewahnya properti yang dibeli Mukesh Ambani, properti ini akan tetap menjadi properti istimewa bagi taipan bisnis miliarder tersebut, karena properti tersebut dibeli oleh ayahnya Dhirubhai Ambani.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini