Sukses

4 Keluarga Paling Tajir di Dunia yang Kekayaannya Lampaui Mukesh Ambani

Sejumlah keluarga di dunia memiliki kekayaan yang melampaui keluarga Ambani di India yang baru-baru ini menjadi sorotan usai menggelar pesta pra-nikah mewah.

Liputan6.com, Mumbai - Mukesh Ambani, orang terkaya di Asia, baru-baru ini menjadi sorotan lantaran menggelar pesta prewedding atau pra-nikah untuk anaknya Anant Ambani (28) dan kekasihnya Radhika Merchant (29) secara mewah. Acara tersebut digelar selama tiga hari, empat bulan sebelum acara pernikahan sebenarnya.

Daftar tamu yang hadir pun tidak main-main karena meliputi superstar pop Rihanna, Bill Gates, Mark Zuckerberg, Sunder Picha, Ivanka Trump dan selebriti Bollywood Shah Rukh Khan.​

Kekayaan keluarga Ambani pun sontak menjadi perhatian dunia.

Mukesh Ambani, yang saat ini berusia 66 tahun merupakan orang terkaya ke-10 di dunia dengan kekayaan bersih USD115 miliar versi Forbes. Ia juga merupakan orang terkaya di Asia.

Keluarga Mukesh Ambani memiliki, antara lain, sebuah gedung apartemen pribadi 27 lantai, bernama Antila, senilai USD1 miliar di Mumbai. Ini memiliki tiga helipad, garasi 160 mobil, bioskop pribadi, kolam renang, dan pusat kebugaran.

Jika kekayaan keluarga Ambani di India cukup membuat Anda geleng kepala, berikut adalah sejumlah keluarga lainnya di dunia yang memiliki kekayaan lebih banyak dari keluarga Ambani, seperti dikutip Investopedia, Senin (11/3/2024):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Keluarga Al Saud

Menurut Bloombergkeluarga terkaya di atas keluarga Ambani adalah keluarga Al Saud di Arab Saudi yang kekayaannya berkisar USD112 miliar. Perusahaan yang dimiliki mereka bernama Saudi Royal Family.

Kekayaan keluarga itu telah telah meningkat berkat pembayaran puluhan tahun dari Royal Diwan, kantor eksekutif raja.

Sebenarnya, sulit untuk menilai secara akurat kekayaan Keluarga Saud. Ini karena sebagian jumlah anggota keluarga mereka bisa mencapat 15.000, dan banyak di antaranya telah mendirikan bisnis, menerima kontrak pemerintah, dan banyak lagi.

3 dari 5 halaman

2. Keluarga Koch

Jumlah total kekayaan keluarga Koch mencapai USD127,3 miliar, yang dikenal karena aktivitas politiknya serta menguasai Koch Industries, perusahaan swasta terbesar kedua di Amerika Serikat.

Koch bersaudara (Koch Brothers), terdiri dari Charles dan David, bermitra pada tahun 2019 hingga akhirnya David meninggal dunia.

Charles memiliki kekayaan sekitar USD59 miliar dan istri David dan keluarganya tercatat memiliki kekayaan yang serupa.

4 dari 5 halaman

3. Keluarga Al Thani

Keluarga Al Thani telah memerintah Qatar sejak pertengahan abad ke-19. Pemerintahan keluarga ini berlangsung melalui berdirinya Qatar modern, peperangan, dan dua upaya kudeta.

Sheikh Hamad bin Khalifa Al Thani mengubah Qatar menjadi kekuatan besar dunia selama 18 tahun kekuasaannya. Dia memperoleh kekuasaan penuh di Qatar dengan menggulingkan ayahnya dalam kudeta tak berdarah pada tahun 1995. Hal ini melibatkan pembekuan semua aset ayahnya untuk mencegah kudeta balasan.

Selain pendapatannya dari minyak dan gas, Sheikh Hamad menginvestasikan miliaran dolar dalam berbagai bisnis, termasuk Volkswagen, Total, Sainsbury’s, dan bank Barclays. Pada tahun 2018, Syekh Hamad menyerahkan tahta kepada putra keempatnya, Syekh Tamin bin Hamad al Thani.

Saat ini, total kekayaan keluarga Al Thani berkisar USD133 miliar.

5 dari 5 halaman

4. Keluarga Hermes

Siapa yang tak kenal dengan brand fashion mewah, Hermes? Jika pemilik produk Hermes saja sudah dipandang kaya, bagaimana dengan pemiliknya?

Rumah mode dan pemasok barang mewah asal Prancis, Hermès, telah memukau dunia dengan syal, dasi, dan parfum khasnya, serta tas tangan Kelly dan Birkin yang ikonik.

Kekayaan keluarga Hermes saat ini berkisar USD150,9 miliar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini