Sukses

Filipina Perkuat Kehadiran Maritim di Benham Rise Usai Terima Ancaman dari China

Filipina pada Senin (4/3/2024) mengerahkan kapal penjaga pantai untuk melaksanakan misi patroli selama dua minggu di perairan utara dan timurnya.

Liputan6.com, Manila - Filipina pada Senin (4/3/2024) mengerahkan kapal penjaga pantai untuk melaksanakan misi patroli selama dua minggu di perairan utara dan timurnya.

Tujuannya untuk mengintensifkan kehadiran maritimnya dan memeriksa kapal China yang terlihat di Benham Rise, dikutip dari laman The Star, Kamis (7/3).

Benham Rise, yang terletak di lepas pantai timur Filipina adalah wilayah luas yang dinyatakan oleh PBB pada tahun 2012 sebagai bagian dari landas kontinen Filipina.

Manila pada tahun 2017 menamainya sebagai momentum "Kebangkitan Filipina".

Penjaga Pantai Filipina (PCG) mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa kapalnya akan berpatroli di perairan untuk melakukan kewaspadaan wilayah maritim, mengintensifkan kehadirannya di pulau Luzon utara dan memantau nelayan setempat.

“Kami juga akan memeriksa kapal penelitian Tiongkok yang dilaporkan di Benham Rise,” kata juru bicara PCG Armando Balilo.

Benham Rise, yang dikatakan kaya akan keanekaragaman hayati dan stok ikan, tidak berada di Laut China Selatan dan Beijing tidak mengklaim wilayah tersebut.

Namun Tiongkok terlibat dalam sengketa wilayah dengan Filipina mengenai pulau-pulau di Laut China Selatan, yang hampir seluruhnya diklaim oleh Beijing meskipun ada keputusan arbitrase pada tahun 2016 yang menyatakan bahwa klaim Tiongkok tidak memiliki dasar hukum berdasarkan hukum internasional.

Ray Powell, direktur SeaLight di Pusat Inovasi Keamanan Nasional Gordian Knot, mengatakan di platform X bahwa dua kapal Tiongkok meninggalkan pelabuhan di Pulau Longxue di Guangzhou pada 26 Februari 2024 dan "berkeliaran" di timur laut Benham Rise, di dalam wilayah tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Presiden Filipina Tegaskan Akan Pertahankan Wilayahnya dari China

Presiden Filipina Ferdinand Marcos Ir mengatakan kepada parlemen Australia pada Kamis (29/2/2024) bahwa dia tidak akan membiarkan kekuatan asing mengambil alih wilayahnya.

Dikutip dari laman India Times, Manila tegas dalam mempertahankan kedaulatan wilayahnya.

Australia dan Filipina memulai patroli laut dan udara gabungan pertama mereka di Laut China Selatan pada November 2023.

Tujuannya untuk melawan sikap China yang mengklaim seluruh wilayah laut tersebut sebagai miliknya.

“Saya tidak akan membiarkan upaya apapun, kekuatan asing apapun mengambil satu inci persegi wilayah kedaulatan kami," kata Marcos dalam pidatonya.

Laut China Selatan merupakan jalur perdagangan kapal senilai lebih dari US$ 3 triliun setiap tahunnya, dan merupakan sumber utama ketegangan antara Filipina dan negara tetangganya, Tiongkok.

Manila menuduh Beijing melakukan tindakan agresif di dalam zona ekonomi eksklusif (ZEE).

3 dari 3 halaman

Putusan Pengadilan Internasional di Den Haag

Padahal, pengadilan arbitrase internasional di Den Haag mengatakan pada tahun 2016 bahwa klaim Tiongkok di ZEE Filipina tidak memiliki dasar hukum.

Keputusan ini lalu ditolak oleh Beijing. Tiongkok mengecam Filipina karena melanggar batas wilayahnya.

“Perlindungan Laut China Selatan sebagai arteri global sangat penting untuk menjaga perdamaian regional dan, saya yakin, perdamaian global,” katanya.

“Kami mempunyai kepentingan yang kuat untuk menjaga laut kami tetap bebas dan terbuka, dan memastikan perjalanan tanpa hambatan dan kebebasan navigasi.”

Marcos berada di Australia dalam kunjungan resmi untuk menghadiri pertemuan puncak khusus AsosiasiNegara-negara Asia Tenggara (ASEAN) di Melbourne minggu depan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.