Sukses

Patung Raja Rames II Ditemukan dalam Misi Arkeolog Mesir dan AS

Misi arkeologi bersama antara Mesir dan Amerika Serikat (AS) berhasil menemukan bagian atas patung raksasa Raja Ramses II.

Liputan6.com, Kairo - Sebuah misi arkeologi bersama antara Mesir dan Amerika Serikat (AS) berhasil menemukan bagian atas patung raksasa Raja Ramses II dalam penggalian di sebelah selatan Kota Minya, Mesir, demikian pernyataan Kementerian Pariwisata dan Kekayaan Sejarah Mesir pada Senin (4/3/2024).

Kepala tim Mesir terkait misi tersebut, Bassem Jihad, dalam sebuah pernyataan menyatakan balok batu kapur yang ditemukan itu memiliki tinggi sekitar 3,8 meter. Balok itu menggambarkan Ramses II yang sedang duduk mengenakan mahkota ganda dan penutup kepala yang dihiasi dengan seekor ular kobra kerajaan.

Bagian atas kolom belakang patung menunjukkan tulisan hieroglif yang berarti mengagungkan raja, salah satu firaun paling berkuasa di Mesir kuno, katanya, dikutip dari VOA Indonesia, Rabu (6/4).

Firaun ketiga dari Dinasti Kesembilan Belas Mesir itu juga dikenal sebagai Ramses Agung. Ia memerintah dari 1279 hingga 1213 Sebelum Masehi.

Ukuran patung tersebut jika digabungkan dengan bagian bawahnya yang digali puluhan tahun lalu akan mencapai sekitar tujuh meter.

Kota El Ashmunein, yang terletak di tepi barat Sungai Nil, dikenal dengan nama Khemnu pada zaman Mesir Kuno. Pada zaman Yunani-Romawi, kota tersebut dikenal dengan nama Hermopolis Magna yang merupakan ibu kota regional.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kesamaan Bagian pada Patung

Mustafa Waziri, Kepala Dewan Purbakala Tertinggi Mesir, menyatakan bahwa penelitian tersebut berhasil mengonfirmasi kesamaan antara bagian atas patung tersebut dengan bagian bawah yang sebelumnya ditemukan oleh arkeolog Jerman Gunther Roeder pada 1930.

Menurut Waziri, misi tersebut kini sedang melakukan pembersihan dan persiapan blok tersebut sebelum merekonstruksi model patung yang lengkap jika kedua bagian digabungkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.