Sukses

Helikopter Jatuh di Lepas Pantai Norwegia, 6 Orang Penumpang Berhasil Dievakuasi

Sebuah helikopter jatuh di lepas pantai Norwegia barat pada Rabu (28/2) malam. Keenam orang di dalamnya berhasil diselamatkan dari laut, kata layanan penyelamatan Norwegia.

Liputan6.com, Oslo - Sebuah helikopter jatuh di lepas pantai Norwegia barat pada Rabu (28/2) malam. Keenam orang di dalamnya berhasil diselamatkan dari laut, kata layanan penyelamatan Norwegia.

Setelah penyelamatan, semua korban dirawat di rumah sakit untuk evaluasi medis, dikutip dari laman Xinhua, Kamis (29/2/2024).

Status kesehatan mereka masih belum diketahui, menurut lembaga penyiaran nasional NRK.

Insiden tersebut terjadi di dekat garis pantai Bergen, kota terbesar kedua di negara tersebut.

Helikopter dilaporkan hilang setelah mengeluarkan sinyal darurat sekitar pukul 19.30. waktu setempat.

Saksi mata kemudian melaporkan melihat orang-orang di laut dekat lokasi kecelakaan.

Pihak berwenang, termasuk polisi, diberitahu tentang situasi tersebut pada pukul 20:11. Sebagai tanggapan, dua ambulans udara dan satu helikopter penyelamat dikirim ke lokasi kejadian untuk upaya penyelamatan.

William J. Bertheussen, direktur Badan Investigasi Kecelakaan Norwegia, mengatakan kepada NRK bahwa lembaganya akan segera memulai penyelidikan.

Helikopter Jatuh di Korea Selatan, Jasad Pilot 67 Tahun Sempat Terjebak di Heli Tenggelam

Sementara itu pada Oktober 2023, ada kejadian pilot berusia 67 tahun di Korea Selatan meninggal dunia setelah helikopter yang ia kendalikan jatuh ke dalam air. Helikopter itu adalah milik sipil.

Berdasarkan laporan Yonhap, pilot yang namanya tidak disebutkan itu merupakan satu-satunya penumpang di kecelakaan helikopter AS-350 tersebut.

Pihak berwenang berkata helikopter itu jatuh ke reservoir yang berlokasi di Kota Pocheon, Provinsi Gyeonggi yang berbatasan dengan Seoul. Helikopter itu jatuh pada pukul 11:08 waktu setempat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Melawan Kebakaran Hutan

Pilot itu memiliki pengalaman terbang selama 40 tahun. Ia terbang sendiri ke Pocheon untuk mengambil air di reservoir tersebut.

Air itu diambil dalam rangka mencegah dampak kebakaran hutan musiman. Video yang beredar menunjukkan helikopter itu telah menurunkan ember untuk mengambil air, namun jatuh ke dalam air.

Petugas mengerahkan penyelam dan kapal penolong untuk melakukan operasi pencarian di reservoir. Kedalaman reservoir itu antara 10 hingga 13 meter.

Proses pencarian dipersulit oleh kedalaman reservoir dan air yang keruh.

Regu penolong berhasil menemukan pilot lanjut usia itu di dalam helikopter yang tenggelam sekitar pukul 15:00, sekitar empat jam setelah kejadian.

Petugas berwenang menyebut butuh beberapa hari sebelum bisa mengangkat helikopter jatuh itu dari dalam reservoir.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.