Sukses

Tentara Jepang Kini Boleh Berambut Gondrong, Ini Syaratnya

Ada yang baru dalam peraturan militer Jepang. Para anggota barunya kini mendapat kelonggaran perihal potongan rambut, tak lagi melulu harus pendek.

Liputan6.com, Tokyo - Ada yang baru dalam peraturan militer Jepang. Para anggota barunya kini mendapat kelonggaran perihal potongan rambut, tak lagi melulu harus pendek. Boleh gondrong dengan syarat yang telah ditentukan.

"Anggota baru militer Jepang akan diperbolehkan memiliki rambut lebih panjang dalam upaya menarik lebih banyak generasi muda," kata kementerian pertahanan negara itu seperti dikutip dari BBC, Senin (19/2/2024).

Pengumuman ini muncul ketika Jepang sedang berjuang mengatasi kekurangan tentara di tengah meningkatnya kekhawatiran terhadap China dan Korea Utara.

Tadinya hanya potongan rambut buzz cut yang diperbolehkan untuk anggota militer pria, dan rambut pendek untuk wanita. Namun mulai bulan April, peraturan akan dilonggarkan untuk memungkinkan pasukan memiliki rambut yang lebih panjang. 

Jadi berdasarkan aturan baru tersebut, prajurit pria diperbolehkan memiliki bagian punggung dan samping yang pendek dengan rambut yang lebih panjang di bagian atas.

Sementara personel wanita diperbolehkan memiliki rambut yang lebih panjang - tetapi tidak boleh menyentuh bahu jika diikat saat berseragam - dan tidak mengganggu penggunaan helm.

Menurut kantor berita Kyodo, berita tentang pelonggaran peraturan ini pertama kali dilaporkan pada Januari saat pertemuan panel ahli yang bertugas meningkatkan jumlah pasukan untuk Japan's Self-Defence Forces (JSDF) atau Pasukan Bela Diri Jepang.

Menteri Pertahanan Minoru Kihara mengatakan dalam pertemuan tersebut: "Ketika negara kita menghadapi kekurangan tenaga kerja yang serius, kami menyadari persaingan dengan pihak lain, termasuk sektor swasta, untuk mendapatkan talenta semakin meningkat."

Peran militer Jepang sejak Perang Dunia Kedua sejatinya hanya bersifat defensif sejalan dengan konstitusi negara yang bersifat pasifis.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Peningkatan Perekrutan Militer Jepang Dipicu Pesatnya Militer China dan Program Rudal Korea Utara

Upaya untuk meningkatkan perekrutan terjadi ketika Jepang bergulat dengan pesatnya pembangunan militer China dan perluasan program rudal dan nuklir Korea Utara.

Tahun 2023 lalu, Jepang mengumumkan akan meningkatkan belanja pertahanannya secara signifikan selama lima tahun ke depan, namun JSDF kesulitan mencapai target rekrutmen, dan pihak berwenang mengatakan tentara beroperasi 10% di bawah kapasitas.

The Japan Times melaporkan bahwa selain menurunnya angka kelahiran dan memiliki populasi tertua di dunia, rendahnya semangat kerja karena rendahnya gaji dan tuduhan pelecehan seksual juga menghambat perekrutan.

Tahun 2023 lalu dilaporkan bahwa kementerian pertahanan negara itu juga mempertimbangkan langkah-langkah untuk mengizinkan orang-orang bertato bergabung dengan JSDF.

Tato telah lama menjadi hal yang tabu di Jepang, karena dikaitkan dengan geng kejahatan terorganisir yakuza. Kemudian pihak berwenang telah mengakui bahwa banyak orang yang memiliki tato bukanlah gangster, dan larangan tersebut menghambat perekrutan.

 

3 dari 3 halaman

AS, Indonesia dan 5 Negara Bersatu di Latihan Gabungan Super Garuda Shield, Wujud Solidaritas Jaga Indo-Pasifik

Bicara soal tentara Jepang, sebelumnya militer Negeri Sakura itu telah ikut serta dalam latihan gabungan dengan sejumlah engara termasuk Indonesia.

Dalam rangka solidaritas multilateral yang kuat untuk menjaga kawasan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka, personel militer dari Amerika Serikat, Indonesia, Jepang, Australia, Singapura, Inggris, dan Prancis bergabung dalam Latihan Bersama Super Garuda Shield 2023. Kegiatan ini akan berlangsung di beberapa lokasi di Indonesia Indonesia dari 31 Agustus hingga 13 September 2023.

Sebagai wujud solidaritas multilateral yang kuat untuk menjaga kawasan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka, personel militer dari Amerika Serikat, Indonesia, Jepang, Australia, Singapura, Inggris, dan Prancis akan berpartisipasi dalam Latihan Bersama Super Garuda Shield 2023 di beberapa lokasi di Indonesia mulai 31 Agustus hingga 13 September 2023.

Selain itu, perwakilan militer dari beberapa negara seperti Brunei, Brazil, Kanada, Jerman, India, Malaysia, Belanda, Selandia Baru, Papua Nugini, Filipina, Korea Selatan, dan Timor Leste juga akan hadir sebagai pengamat.

Melansir dari keterangan tertulis Kedutaan Besar AS di Jakarta yang dikutip Rabu (29/8/2023), Jenderal Charles Flynn, Panglima Angkatan Darat AS di Pasifik menyatakan bahwa Super Garuda Shield 2023 diharapkan dapat mempertahankan keberhasilan tahun sebelumnya.

"Super Garuda Shield 2023 akan melanjutkan kesuksesannya yang luar biasa pada tahun lalu," kata Panglima Angkatan Darat AS di Pasifik Jenderal Charles Flynn. "Latihan bersama multinasional ini menunjukkan komitmen kolektif dan kesatuan pemikiran kita, memungkinkan terciptanya Indo-Pasifik yang stabil, aman, dan lebih damai, bebas, dan terbuka."

Super Garuda Shield adalah acara pertukaran militer tahunan antara AS dan Indonesia, dengan lebih dari 2.100 personel militer AS dan 1.900 anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) berpartisipasi. Latihan ini bertujuan untuk meningkatkan interoperabilitas melalui latihan dan pertukaran budaya, serta memperkuat kerja sama pertahanan antara kedua negara.

Super Garuda Shield 2023 akan menampilkan pelatihan profesional dan latihan tempur di Surabaya dan Banyuwangi, dengan fokus pada pembelajaran bersama dan membangun kepercayaan di antara personel militer. Latihan ini mencakup berbagai aktivitas seperti pertukaran pandangan ahli, lokakarya pengembangan kemampuan, simulasi kendali taktis, latihan amfibi, operasi lintas udara, dan latihan perebutan pangkalan udara.

Latihan lainnya adalah latihan lapangan gabungan yang melibatkan batalion dari berbagai negara, dengan fokus pada peran staf perencanaan misi dan meningkatkan kemampuan operasi gabungan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.