Sukses

Mahathir Mohamad Kembali Masuk Rumah Sakit Akibat Masalah Jantung

Mantan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad (98) kembali dirawat di rumah sakit.

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad (98) kembali dirawat di rumah sakit.

Kecurigaan terkait kondisi kesehatan Mahathir Mohamad mulai dibicarakan setelah ia dilaporkan sudah dua kali melewatkan pertemuan publik.

Mahathir Mohamad keluar masuk rumah sakit dalam beberapa tahun terakhir dengan riwayat masalah jantung, dikutip dari laman Channel News Asia, Rabu (14/2/2024).

Mahathir sebelumnya dijadwalkan untuk menghadiri sidang pengadilan terkait gugatannya kepada Wakil Perdana Menteri Malaysia Ahmad Zahid Hamidi.

Ahmad diduga melakukan pencemaran nama baik yang mempertanyakan asal usul ras mantan pemimpin Malaysia tersebut.

Gugatan pencemaran nama baik diajukan pada Juli 2022, Mahathir menuduh Ahmad Zahid memfitnahnya saat rapat divisi UMNO.

Hakim menunda sidang hingga 19 Juli 2024 setelah pengacara Mahathir mengatakan ke pengadilan bahwa kliennya dirawat di Institut Jantung Nasional sejak 26 Januari 2024.

Pengacara Ahmad Zahid menyarankan agar persidangan dimulai pada Oktober 2024, namun hakim menolak usulan tersebut dan meminta agar tanggalnya ditentukan lebih awal.

Mahathir menjabat sebagai perdana menteri selama 22 tahun hingga tahun 2003.

Ia kembali menjabat perdana menteri pada tahun 2018 setelah memimpin koalisi oposisi meraih kemenangan bersejarah, namun pemerintahannya runtuh dalam waktu kurang dari dua tahun akibat pertikaian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.