Sukses

Diskriminasi Gender dalam Dunia Olahraga Pakistan, Kaum Perempuan Terpojokkan

Pakistan dilanda isu diskriminasi gender dan dinilai sudah berdampak pada kehidupan perempuan di semua sektor.

Liputan6.com, Jakarta - Pakistan dilanda isu diskriminasi gender dan dinilai sudah berdampak pada kehidupan perempuan di semua sektor.

Sektor olahraga tidak terkecuali. Sekitar 90 persen perempuan di Pakistan dilarang melakukan olahraga atau aktivitas fisik apa pun karena diskriminasi gender yang timbul karena faktor sosial, ekonomi, dan politik.

Apalagi, para perempuan yang berani menekuni olahraga sebagai karier dilaporkan kerap menjadi sasaran pelecehan seksual.

Peneliti Muhammad Adnan mengatakan, olahragawan wanita Pakistan dan prestasi mereka disambut dengan cemoohan, bukannya sorak-sorai di lingkungan yang berorientasi pada laki-laki.

“Partisipasi perempuan dalam olahraga secara tradisional rendah karena hambatan budaya dan sosial serta kurangnya akses terhadap fasilitas dan peluang,” katanya.

“Salah satu masalah utama yang dihadapi kesetaraan gender dalam olahraga di Pakistan adalah kurangnya liputan media. Olah raga perempuan seringkali dibayangi oleh olah raga laki-laki.”

Pemain squash Noreena Shams mengatakan, dia berjuang selama delapan tahun untuk menjadikan olahraga sebagai kariernya.

“Ini adalah situasi yang sangat berbeda bagi perempuan tanpa dukungan laki-laki karena olahraga sangat didominasi laki-laki, orang-orang tidak menganggap Anda serius dan mencoba mengambil keuntungan,” katanya, dikutip dari laman DW.com, Minggu (4/2/2024).

Miao Wang, seorang profesor di Universitas Teknologi Beijing, mengatakan bahwa hambatan agama dan budaya merupakan faktor penting yang menghalangi perempuan Pakistan berpartisipasi dalam olahraga.

Dalam penelitiannya, Wang menyoroti faktor-faktor penting lainnya seperti kurangnya keterampilan guru pendidikan jasmani, dana pemerintah yang tidak memadai, fasilitas yang tidak memadai, dan kurangnya kelas pendidikan jasmani sebagai kegiatan ekstrakurikuler, dikutip dari Sage Journals.

“Hambatan utama yang dihadapi siswi Pakistan dalam hal partisipasi olahraga adalah keterbatasan agama dan budaya, kurangnya izin dari orang tua, dan kurangnya fasilitas dan peralatan olahraga,” kata Wang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mendapat Ancaman Bahkan dari Keluarga

Ada beberapa kisah atlet wanita Pakistan yang antara lain menceritakan kisah-kisah tentang pemerintah dan keluarga yang tidak mendukung, kurangnya fasilitas olahraga dan transportasi, rasa malu atau penghinaan di depan umum, dan ancaman terhadap keselamatan mereka.

Organisasi nirlaba global Soccer Without Borders mengatakan, partisipasi perempuan dalam olahraga masih dianggap tidak dapat diterima atau bahkan memalukan di Pakistan.

“Jarang ada sedikit tim atau klub yang tersedia bagi anak perempuan yang tertarik pada atletik, dan bagi anak perempuan yang berminat pada atletik, anak perempuan menghadapi hambatan besar dalam berpartisipasi. Kami bahkan bertemu dengan seorang atlet profesional yang keluarganya menjauhinya selama bertahun-tahun karena mengenakan celana pendek di depan umum,” katanya.

Zulaikha Karim, seorang peneliti di Universitas Sindh, mengatakan, seksisme ada dalam basis organisasi di Pakistan, yang berdampak buruk terhadap perempuan dalam peran kepemimpinan asosiasi olahraga.

“Perempuan sebagai atlet dan pejabat tata kelola olahraga menghadapi permasalahan kesetaraan gender. Kurangnya perempuan dalam posisi kepemimpinan olahraga karena olahraga adalah institusi seks dan karena semua proses berfungsi sesuai dengan standar hegemoni maskulin,” katanya

3 dari 4 halaman

Komentar yang Melecehkan kepada Perempuan

Banyak olahragawan wanita di Pakistan mengatakan, mereka menghadapi komentar seksual dari masyarakat serta pelecehan seksual.

Sana Mahmud, mantan kapten tim bola basket dan sepak bola wanita, berkata, “Saya ingat saat penjaga gawang. Ada orang yang berdiri di belakang gawang dan meneriakkan kata-kata kasar kepada saya. Mulai dari ejekan seksual dan bersifat sugestif, dan mereka ada di sana hanya untuk melecehkannya."

Shams mengatakan, banyak rekan perempuan yang mengalami penderitaan yang sama ketika mereka menuntut bantuan seksual dari pejabat di badan olahraga dan federasi.

4 dari 4 halaman

Karier Terancam Habis

Jika ada olahragawan wanita yang mencoba bersuara menentang seksisme, kariernya akan berakhir, kata komentator olahraga Leena Aziz.

“Ada banyak pelecehan yang dialami perempuan di dunia olahraga dan penyiaran olahraga. Ada kasus bunuh diri karena perempuan menderita secara diam-diam atau jika mereka mengeluh, karier mereka berakhir,” katanya.

Aziz mengkritik pemerintah Islamabad karena gagal melindungi perempuan dalam olahraga.

Olahraga di Pakistan masih dianggap sebagai aktivitas maskulin dan peran patriarki serta faktor dominan laki-laki terus berdampak pada kehidupan olahragawan perempuan, kata Ayesha Gul, peneliti di Universitas Quetta di Baluchistan.

“Peran perempuan dalam pengambilan kebijakan dan proses pengambilan keputusan tidak terlihat di mana pun sehingga masa depan olahragawan perempuan di Pakistan tampaknya sangat tidak aman,” katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.