Sukses

Raja Inggris Charles III Dirawat di RS untuk Perawatan Pembesaran Prostat

Pihak Istana Buckingham mengatakan bahwa Raja Charles telah dirawat di rumah sakit untuk perawatan pembesaran prostat.

Liputan6.com, London - Raja Charles telah dirawat di rumah sakit untuk perawatan pembesaran prostat, kata Istana Buckingham.

Prosedurnya akan dilakukan di rumah sakit swasta London Clinic, tempat Catherine, Putri Wales menjalani operasi pekan lalu.

Diketahui bahwa Raja Inggris itu mengunjungi menantu perempuannya di rumah sakit pada Jumat 26 Januari 2024 pagi, sebelum jadwal perawatannya.

Belum diketahui berapa lama Raja Charles akan dirawat di rumah sakit.

Ratu Camilla terlihat bersama sang raja Inggris ketika dia tiba di rumah sakit di Marylebone di pusat kota London.

Raja Charles III mengumumkan masalah kesehatannya sebagai cara untuk menyampaikan pesan kepada pria lain agar memeriksakan prostatnya.

Setelah pengungkapan tersebut, situs web NHS melihat adanya lonjakan penelusuran tentang pembesaran prostat, dan hal ini disambut baik oleh para dokter dan badan amal.

Pernyataan dari Istana Buckingham mengatakan Raja "senang mengetahui bahwa diagnosisnya berdampak positif pada kesadaran kesehatan masyarakat". Ia juga mengucapkan terima kasih kepada mereka yang telah "mengirimkan ucapan selamat".

Rencana Raja Charles, yang berusia 75 tahun, untuk menjalani "prosedur perbaikan" terhadap pembesaran prostatnya diungkapkan oleh pihak istana pekan lalu. Dia melakukan perjalanan pada hari Kamis (25/1) dari Sandringham ke London untuk menjalani operasi.

Masalah prostat jinak, yang bukan kanker, umum terjadi pada pria lanjut usia, menurut NHS.

Sekitar satu dari tiga pria berusia di atas 50 tahun akan mengalami beberapa gejala pembesaran prostat, yaitu kelenjar yang berada tepat di bawah kandung kemih.

Perawatan medis yang diberikan tidak cukup signifikan sehingga memerlukan perubahan konstitusi untuk peran Raja sebagai kepala negara. Tidak diperlukan lagi "penasihat negara" yang dapat membantu ketika raja sedang sakit parah.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sarah Ferguson Alami Kanker

Raja dirawat di rumah sakit yang sama tempat menantu perempuannya, Catherine menjalani "operasi perut" minggu lalu. Ketika dia meninggalkan rumah sakit, diperkirakan dia akan menghabiskan beberapa bulan untuk memulihkan diri di rumahnya di Windsor. Artinya, sang putri tidak akan mengambil bagian dalam tugas resmi apa pun hingga setelah Paskah.

Ada kisah kesehatan kerajaan ketiga minggu ini, ketika terungkap bahwa Sarah Ferguson, Duchess of York, telah didiagnosis menderita melanoma ganas, suatu bentuk kanker kulit.

Penyakit ini ditemukan selama pengobatan kanker payudaranya, yang didiagnosis pada musim panas lalu.

“Tentu saja diagnosis kanker lainnya mengejutkan, tapi saya bersemangat dan bersyukur atas banyak pesan cinta dan dukungan,” kata Duchess of York yang sebelumnya menikah dengan Pangeran Andrew.

Juru bicara Duchess of York mengatakan dia akan melakukan penyelidikan lebih lanjut untuk memastikan melanoma telah terdeteksi pada tahap awal.​

3 dari 3 halaman

Helikopter Bawa Raja Charles III Kembali ke London Jelang Operasi Prostat

Sebelumnya, usai diumumkan akan menjalani operasi prostat, Raja Charles III dilaporkan telah kembali ke London pada Kamis (25/1/2024).

Menurut foto publikasi The Sun, raja berusia 75 tahun itu terlihat tiba dari kediaman kerajaan di Sandringham dengan helikopter dan kemudian berada di dalam mobil menuju Istana Buckingham.

Dilansir People, Jumat (26/1), wartawan kerajaan Rebecca English mengatakan di X bahwa kerajaan telah mengibarkan bendera di Istana Buckingham, menandakan ia sedang berada di sana.

Namun, Raja Charles III akan tinggal di Clarence House, kediaman dekat istana, tempatnya tinggal bersama Ratu Camilla selama dua dekade.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini