Sukses

Kaleidoskop Unik 2023: 12 Sosok Curi Perhatian dari Blackpink, Bos Kartel Dikubur Bareng Senjata Hingga Pria Takut Wanita

Sepanjang tahun 2023, terjadi berbagai peristiwa unik yang menarik perhatian sejumlah masyarakat di seluruh dunia dengan melibatkan deretan sosok yang membuat peristiwa ini makin terkenal. Ada Blackpink, transgender cantik Thailand, dan lainnya.

Liputan6.com, Jakarta - Sepanjang tahun 2023, terjadi berbagai peristiwa unik yang menarik perhatian sejumlah masyarakat di seluruh dunia. Peristiwa tersebut tentu melibatkan deretan daftar sosok yang membuatnya makin terkenal di kalangan masyarakat. 

Pada awal tahun, ada pastor gereja yang berhasil jadi "mak comblang" ratusan pasangan hingga menikah, transgender cantik asal Thailand yang menikah dengan konglomerat hingga Blackpink yang digadang-gadang sebagai artis K-Pop pertama yang tampil solo di Gelora Bung Karno (GBK).

Menginjak pertengahan tahun 2023, aksi dari berbagai pria berhasil curi perhatian warganet yakni diantaranya pria viral lantaran minum darah buaya agar bugar, pria tak tidur lebih dari 50 tahun, hingga pengemis terkaya dari India.

Sementara di Indonesia, ada wanita yang berhasil curi perhatian dunia internasional karena berhasil selamat dari serangan buaya selama lebih dari satu jam.

Lebih lengkap, daftar 12 sosok pencuri perhatian 2023, Liputan6.com rangkum melalui kaleidoskop:

1. Dijuluki Pastor Tinder, Pria Ini Sukses Jodohkan 270 Pasangan Tanpa Perceraian

<p>Ilustrasi pernikahan, menikah, Islami. (Image by teksomolika on Freepik)</p>

Sosok yang curi perhatian di awal tahun adalah Fernando Cuevas, pastor dari kota Valencia, Spanyol yang dijuluki sebagai Tinder Priest atau Pastor Tinder. Pasalnya, ia berhasil menjodohkan 270 pasangan yang berujung pernikahan dan tidak ada perceraian di antaranya.

Kata "Tinder" sendiri berasal dari aplikasi berbasis jejaring sosial dengan nama yang sama. Tinder sering dikenal sebagai situs atau aplikasi kencan.

Dilansir dari Oddity Central, Senin (15/1/2023) karier Pastor Fernando Cuevas mulai 14 tahun lalu ketika ia bertemu dengan seorang pemuda Katolik bernama Salva. Salva saat itu didekati oleh sekelompok gadis muda.

Salva terkesima akan kecantikan gadis-gadis itu serta persamaan nilai-nilai Katolik yang dianut. Salva kemudian meminta bantuan Pastor Fernando untuk mencomblangkan dirinya dengan salah satu dari sekelompok gadis tersebut.

Lima bulan kemudian, Salva menikah dengan Geles, salah satu gadis yang dicomblangkan oleh Pastor Fernando. Kariernya sebagai Pastor Tinder pun dimulai.

Selengkapnya klik disini...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 12 halaman

2. Nong Poy, Transgender Tercantik di Dunia yang Dilamar Konglomerat Thailand

Sosok berikutnya yang curi perhatian adalah Treechada Petcharat, atau lebih dikenal Nong Poy. Ia adalah perempuan transgender asal Thailand yang telah dilamar oleh kekasihnya, pebisnis dari Negeri Gajah Putih.

Tunangannya itu adalah seorang pengusaha kaya dan putra konglomerat bernama Oak Phakwa Hongyok. Oak dikabarkan mempunyai bisnis di bidang pariwisata, restoran, dan kopi di Phuket, Thailand.

Sosok Nong Poy pun mencuri atensi karena pengumuman akan pernikahannya ini.

Pengumuman pernikahannya itu diberi tahu langsung oleh Nong Poy di akun Instagram resminya pada 2 Februari 2023. 

Foto unggahannya menampilkan Nong Poy bersama Oak dengan cincin berlian di jari manisnya.

Pernikahan pasangan itu diselenggarakan pada 1 Maret 2023. Hal itu disampaikan oleh akun Instagram @baanarjor, yakni akun resmi untuk hotel milik usaha keluarga Oak.

Nong Poy dan Oak ternyata teman lama. Keduanya telah saling kenal selama lebih dari 20 tahun bahkan sebelum operasi pergantian kelamin Nong Poy. Namun, mereka baru mulai berkencan setahun yang lalu.

Untuk mengenal lebih lanjut perempuan transgender tercantik di dunia ini, berikut ini profil singkat Nong Poy, dilansir dari Married Biography, Senin (13/2/2023):

1. Nama Asli

Nama asli Nong Poy ternyata bukan Treechada Petcharat, tetapi Saknarin Marnyaporn.

Ia juga ternyata memiliki adik perempuan, tetapi Nong Poy sangat menjaga ketat privasi keluarganya.

Selengkapnya klik disini...

3 dari 12 halaman

3. Blackpink Jadi Artis K-Pop Pertama yang Gelar Konser Solo di GBK

Selanjutnya, girl band asal Korea yang digawangi Jennie, Lisa, Rose, dan Jisoo curi perhatian sejumlah warga Indonesia dengan menggelar konser di Jakarta. Konser tur dunia keempat wanita cantik itu, Blackpink yang kali ini bertajuk BORN PINK: World Tour.

Konser tersebut digelar selama dua hari di Indonesia, mulai dari 11-12 Maret 2023.

Ini bukan konser pertama Blackpink, sebelumnya gelaran tur konser perdana pada Sabtu 19 Januari 2019 malam di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang Selatan.

Mengutip koreajoongangdaily, Sabtu (11/3/2023), diketahui bahwa Blackpink menjadi artis K-pop pertama yang menggelar konser solo di Stadion Gelora Bungkarno (GBK), Jakarta.  

Media tersebut mengulas bahwa penampilan Lisa, Jennie, Rose, dan Jisoo di atas panggung memang sudah ditunggu sejak lama oleh para Blink di Indonesia. Lalu menyorot lika-liku izin menggelar konser Blackpink di GBK.

Dalam pemberitaan koreajoongangdaily tertanggal 21 Desember 2022 itu, disebutkan bahwa pemerintah Indonesia sempat menentang konser di Stadion GBK, dan menegaskan bahwa stadion perlu direnovasi sebelum piala U-20 FIFA 2023 yang akan dimulai pada bulan Mei 2023.

Selengkapnya klik disini...

4 dari 12 halaman

4. Kisah Kakek 74 Tahun Jual Sapu Tangan di India, Tolak Pensiun dan Menginspirasi Netizen

Sosok kakek di India berhasil menginspirasi netizen pada tahun 2023 ini. Kisah mengharukan yang dibagikan oleh Official Humans of Bombay menceritakan tentang seorang kakek berusia 74 tahun bernama Hasan Ali yang menentang stereotip usia, dengan menjual sapu tangan di Stasiun Borivali di Mumbai.

Meski disarankan untuk beristirahat oleh anak-anaknya, Ali percaya bahwa tak ada yang bisa menghentikannya untuk terus bekerja setiap hari.

Mengutip dari indianexpress.com, Minggu (29/4/2023), pria itu sejatinya telah pensiun dari pekerjaan sebagai penjual di sebuah toko sepatu lebih dari satu dekade yang lalu. Kendati demikian dirinya menganggap penjualan saputangan sebagai seni dengan pengalaman bertahun-tahun dalam penjualan.

"Saya telah belajar untuk mengetahui apa yang diinginkan seseorang tanpa mereka mengatakannya, selama bertahun-tahun. Sekali lihat orangnya dan saya tahu apa yang mereka inginkan," katanya.

Ali telah membangun basis pelanggan yang kuat selama bertahun-tahun, dan banyak dari mereka memanggilnya "Kaka". Dia memperlakukan pelanggannya dengan cinta dan bahkan menawarkan diskon kepada mereka yang tidak mampu membeli sapu tangan.

Bagi pelanggan yang memberitahu kepadanya bahwa mereka menggunakan sapu tangan yang dijualnya untuk ke kuil, dia akan memberikan secara cuma-cuma alias gratis.

Baca selengkapnya klik disini...

5 dari 12 halaman

5. Aneh tapi Nyata, Pengusaha Thailand Viral Akibat Minum Darah Buaya Demi Tetap Bugar

Seorang pengusaha asal Thailand selatan sempat viral karena dirinya mengklaim bahwa rahasia kesehatannya yang baik adalah, dengan meminum darah buaya yang dicampur alkohol dua kali sehari.

Mengutip dari ghanamma.com, Sabtu (20/5/2023), Rojakorn Nanon yang berusia 52 tahun dari Provinsi Trang Thailand mengklaim memulai hari dengan segelas darah buaya dan dicampur dengan minuman beralkohol Thailand, yang disebut lao khao. Bukan hanya itu saja, ternyata dirinya juga menikmati minuman serupa sebelum tidur.

Pengusaha itu mengklaim bahwa dia dulu lemah secara fisik dan merasa kelelahan sepanjang waktu, tetapi sejak dia mulai minum ramuan darah buaya, keadaan berubah menjadi lebih baik. Dia meyakini itu efek dari ramuan racikannya.

Dirinya juga percaya, darah dari buaya mempunyai keajaiban untuk beberapa organ, darah, dan sistem saraf.

Nanon mulai meminum darah buaya yang dicampur dengan lao khao pada Maret lalu, setelah mengetahui koktail tersebut dijual oleh Wanchai Chaikerd, pemilik peternakan buaya Thailand di subdistrik Ban Pho.

Selengkapnya klik disini...

6 dari 12 halaman

6. Pria Vietnam Ini Klaim Tidak Tidur 60 Tahun dan Hidup Normal

Pria berusia 80 tahun ini jadi sorotan karena mengklaim telah menghabiskan 60 tahun terakhir tanpa tidur. Melansir dari Oddity Central, Jumat (30/6/2023), Thai Ngoc seorang petani di Vietnam mengklaim tidak tidur semenjak terserang demam saat masih muda.

Lahir pada tahun 1942, Thai Ngoc mengklaim bahwa ia mengalami demam parah pada usia 20 tahun, dan meskipun ia selamat, sejak itu ia mengklaim tidak dapat tidur lagi.

Meskipun mencoba berbagai pengobatan, pengobatan tradisional, dan bahkan mengonsumsi alkohol dalam jumlah banyak, pria Vietnam itu mengaku tidak bisa tidur.

Dia terus berharap bahwa insomnianya bersifat sementara, tetapi dia mengklaim bahwa dirinya tidak tidur selama enam dekade.

Entah bagaimana, insomnia parah ini tidak mempengaruhi hidupnya.

Thai Ngoc kemudian menjadi berita utama di negara asalnya selama bertahun-tahun, sejak dilaporkan bahwa dia tidak membutuhkan tidur untuk menjalani kehidupannya yang bahagia dan aktif.

Keluarga Ngoc, termasuk istri, anak, teman, dan tetangganya bersikeras bahwa mereka belum pernah melihat dia tidur. Ngoc pun bersikeras bahwa kurangnya tidur selama ini tidak pernah memberikan dampak negatif dalam hidupnya.

Selengkapnya klik disini...

7 dari 12 halaman

7. Pengemis Terkaya di Dunia Berasal dari India, Punya Kekayaan Senilai Rp 14 Miliar

Pria di Mumbai, India ini curi perhatian lantaran menjadikan aktivitas mengemis sebagai pekerjaannya hingga membuatnya menjadi pengemis terkaya di dunia.

Media lokal melaporkan bahwa pengemis Bharat Jain telah mengantongi uang senilai $ 890.708 (sekira Rp 13 miliar) dari mengemis di jalan-jalan kota metropolitan teknologi dan keuangan India tersebut.

Bharat diyakini membawa pulang sekitar $ 30 sehari (Rp 450 ribu) atau $ 904 (Rp 13 juta) sebulan.

Pria itu juga memiliki flat dua kamar tidur, serta membuka dua toko yang menarik tambahan penghasilan sekitar $ 363 (Rp 5 juta) sebulan.

Dia dinobatkan sebagai pengemis terkaya di dunia oleh organisasi media lokal, demikian seperti dikutip dari New York Post, Minggu (16/7/2023).

Bharat beralih menjadi pengemis setelah tumbuh dalam kemiskinan dan tidak memiliki pendidikan formal.

Tetapi dia sekarang memiliki sarana untuk mengirim anak-anaknya ke sekolah biara.

Dapat dipahami bahwa dia menghabiskan sekitar 10 hingga 12 jam setiap hari mengemis, biasanya di sekitar stasiun kereta api Chhatrapati Shivaji Terminus dan lapangan olahraga Azad Maidan, yang dianggap sebagai lokasi utama mengemis.

Selengkapnya klik disini...

8 dari 12 halaman

8. Kisah Ajaib Wanita Indonesia Selamat Usai Diterkam Buaya 90 Menit Disorot Media Asing

Kisah seorang Wanita Indonesia selamat dari serangan seekor buaya selama 90 menit disorot sejumlah media asing, di antaranya Oddity Central dan Daily Mail UK.

Sosok wanita bernama Falmira De Jesus (38), seorang pekerja perkebunan kelapa sawit dari Provinsi Kalimantan Barat itu sedang mengambil air dari sungai dangkal yang ditutupi pepohonan di Kabupaten Ketapang saat tiba-tiba buaya datang menyerangnya.

Ketika wanita ini mendekati air, reptil raksasa tersebut melompat dari semak-semak, meraih kakinya, dan menyeretnya ke dalam air. 

Entah bagaimana, Falmira berhasil berteriak minta tolong dan melawan buaya cukup lama sehingga rekan-rekannya di perkebunan datang untuk membantunya.

Situs Oddity Central, yang dikutip Kamis (10/8/2023), memberitakan kisah wanita itu melalui artikel bertajuk "Woman Miraculously Survives After Spending 90 Minutes in the Grip of a Crocodile". Lalu menyertakan rekaman video viral hanya menunjukkan kepala sang wanita pemberani itu di atas air, berusaha bertahan hidup dengan memegang kayu yang sengaja diberikan rekannya ke air sementara yang lain mengusik air dengan tongkat untuk mengusir buaya.

Media online Inggris Daily Mail, mengangkat kisah si wanita melalui artikel berjudul "Woman is dragged into a swamp by a crocodile and survives 90 MINUTES in its jaws before being saved".

Selengkapnya klik disini...

9 dari 12 halaman

9. Viral Jasad Bos Kartel di Ekuador Dikubur Bareng Senapan dan Pistol, Bersenjata Lengkap ke Akhirat

Sosok yang jadi sorotan selanjutnya adalah seorang bos kartel narkoba di Ekuador yang dikenal sebagai El Fatal. Ia dikubur bersama ratusan pistol dan senapan di dalam peti matinya dan diharapkan "bersenjata lengkap di akhirat".

Dilansir NY Post, Kamis (21/9/2023), Julian Sevillano (39), pemimpin Los Fatales, tewas disergap kelompok bersenjata saat sedang berada di sebuah tempat cuci mobil bersama putrinya yang masih berusia 20 tahun. Keduanya tewas ditembak oleh kelompok saingannya itu.

Kerabat Sevillano kemudian menolak menyerahkan jenazahnya ke polisi setempat dan mengadakan pemakaman besar-besaran keesokan harinya.

Tak lama kemudian, beredar gambar yang kemudian viral dan menunjukkan Sevillano di dalam peti mati dengan orang-orang di sekitarnya bergegas meletakkan berbagai jenis senjata di atas jasadnya. Itu dilakukan dengan harapan agar ia "dipersenjatai sepenuhnya dan dapat membela diri di akhirat."

Penduduk setempat mengatakan bahwa kelompok saingan Los Fatales telah melacak pergerakan Sevillano sebelum pembunuhannya, dan mengetahui bahwa dia akan berada di tempat cuci mobil pada saat itu. 

"Sepertinya mereka mengikuti gerak-geriknya, Julian selalu datang untuk mencuci mobil di pagi hari, musuh-musuhnya memanfaatkan hal itu," kata seorang warga Kota Mocache, Ekuador, yang enggan disebutkan namanya.

Selengkapnya klik disini...

10 dari 12 halaman

10. Kisah Viral Pria Takut Wanita, Nekat Kurung Diri 55 Tahun

Pria asal Afrika berusia 71 tahun ini berhasil viral karena ketakutannya didekati wanita membuatnya tinggal di rumah terpencil yang dikelilingi oleh pagar setinggi 15 kaki atau sekitar 457 cm selama lebih dari setengah abad.

Callitxe Nzamwita namanya. Ia baru berusia 16 tahun ketika memutuskan bahwa ketakutannya pada wanita terlalu berat untuk ditanggung. 

Ia tidak tahan berada di sekitar anggota jenis kelamin berlawanan, apalagi berbicara dengan mereka, sehingga ia membangun pagar kayu di sekitar rumah sederhananya dan tidak pernah keluar dari gubuknya tersebut. 

Melansir dari Oddity Center, Senin (30/10/2023), alih-alih menghindarinya para wanita di komunitas Nzamwita malah selalu merawatnya, melemparkan berbagai macam hal seperti makanan dan pakaian ke dalam halaman yang terkunci. 

Meskipun ia tidak pernah membuka pintu untuk mereka, ia menggunakan dan memakan barang-barang yang ia terima.

"Anehnya, meskipun ia takut wanita, kami yang membantunya mendapatkan makanan dan beberapa hal yang dia butuhkan," kata seorang wanita kepada Afrimax. 

Selengkapnya klik disini...

11 dari 12 halaman

11. Viral Video Pedagang di China Potong Daging Mentah Pakai Mulut, Netizen Komentar Jijik

Seorang penjual daging bikin kaget media sosial China. Ia viral karena sebuah video yang menunjukkan aksinya memotong tulang iga domba mentah dengan mulut. Parahnya, ia mengklaim bahwa itu merupakan teknik yang suah dilakukan selama puluhan tahun.

Dilansir SCMP, Sabtu (24/11/2023), video yang diambil di sebuah toko di Provinsi Anhui, China Timur, telah menimbulkan kekhawatiran serius mengenai kebersihan bagi pelanggan dan pedagang, karena daging mentah mungkin mengandung bakteri berbahaya.

Penjual daging dalam video tersbeut juga mengatakan bahwa seorang pedagang yang terampil tidak akan meninggalkan bekas air liur.

Seorang anggota staf administrasi pasar distrik setempat mengatakan kepada media daratan Jimu News bahwa toko tersebut telah diselidiki dan bahwa video tersebut adalah aksi untuk menarik pengikut secara online.

"Ini bukanlah teknik kuno. Belum ada seorang pun yang pernah memotong tulang iga domba mentah dengan mulutnya sebelumnya," kata anggota staf tersebut.

Pada tahun 2016, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Yunnan memperingatkan tentang risiko infeksi dengan melarang masyarakat mengonsumsi hidangan tradisional yang dibuat dari daging mentah dan setengah matang.

Selengkapnya klik disini...

12 dari 12 halaman

12. Viral Lansia di Vietnam Klaim Hanya Minum Air dan Soft Drink Selama 50 Tahun Terakhir

Sosok yang curi perhatian selanjutnya adalah wanita lanjut usia (lansia) berusia 75 tahun. Pasalnya ia mengaku tidak pernah makan makanan padat apapun selama 50 tahun terakhir dan hanya bertahan hidup dengan air dan minuman soft drink (minuman ringan) manis.

Menariknya, meski Bui Thi Loi yang tinggal di Provinsi Quang Binh, Vietnam mengklaim tak pernah memakan makanan padat selama 50 tahun terakhir, ia terlihat sangat bugar, sehat dan tampak lebih muda dari usianya.

Bui mengatakan bahwa ia telah menjalani pola hidup seperti itu selama setengah abad dan tidak pernah menginginkan untuk mengonsumsi makanan padat. Kisahnya pun kabarnya viral di Vietnam.

Dilansir Oddity Central, Jumat (1/12/2023), lansia itu menceritakan bahwa semuanya dimulai pada tahun 1963, ketika ia disambar petir saat berada di gunung untuk merawat tentara yang terluka selama perang. Setelah itu, ia pingsan dan ketika sadar hidupnya seakan berubah. Dia tidak makan apa pun selama berhari-hari setelah sadar, membuat teman-temannya memberinya minuman manis.

Beberapa tahun setelah kejadian sambaran petir, Bui masih mengonsumsi makanan padat, terutama buah-buahan, karena keluarga dan teman-temannya ada di sana. Namun, sebenarnya dia tidak pernah benar-benar merasa butuh mengonsumsi makanan tersebut.

Selengkapnya klik disini...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.