Sukses

Durian Musang King Termahal di Dunia Terjual Rp611 Juta di Pelelangan Malaysia

Durian Musang King berhasil dilelang dengan harga yang fantastis yakni Rp611 juta, menjadikannya sebagai salah satu durian termahal yang pernah ada.

Liputan6.com, Raub - Bagi Anda penggemar durian, mendengar nama Musang King mungkin rasanya sudah tak asing lagi. Namun, tahukah Anda jika jenis durian ini merupakan yang 'paling mahal di dunia'?

Dilansir Strait Times, Rabu (20/12/2023), sebuah acara penggalangan dana di Distrik Raub, Pahang, Malaysia telah berhasil melelang Durian Musang King dengan harga yang fantastis, menjadikannya sebagai salah satu durian termahal yang pernah ada.

Ketua Komite Komunikasi dan Multimedia, Pemuda, Olahraga dan Organisasi Non-Pemerintah Pahang, Fadzli Mohamad Kamal, mengungkapkan bahwa lelang dimulai dengan harga awal sebesar RM2.000 (Rp6,6 juta) pada acara yang digelar pada 17 Desember. 

Namun, tampaknya antusiasme para pembeli membawa harga durian tersebut melonjak secara dramatis. Tawaran tertinggi akhirnya menyentuh harga RM185.000 atau setara dengan Rp611 juta.

Pemenang tawaran lelang ini yakni Huang Qi Wen. Ia menjadi pemilik eksklusif dari durian Musang King dengan harga selangit ini.

Menariknya, durian Black Thorn juga menjadi sorotan dengan tawaran tertinggi kedua dalam acara lelang ini yakni sebesar RM15.000 (Rp49 juta).

Kedua durian ini berhasil mengumpulkan total dana miliaran selama acara tersebut.

"Total RM404,444 (Rp1,3 miliar) berhasil dikumpulkan melalui penawaran Musang King dan Black Thorn," tutur Fadzli.

Hasil lelang yang fantastis ini tampaknya dapat memberikan manfaat bagi sekelompok masyarakat. Pasalnya dana akan disumbangkan untuk memperbaiki infrastruktur Sekolah Menengah Kebangsaan (SMK) Sungai Ruan di Raub, Malaysia berdasarkan keterangan dari Fadzli.

"(Ketua Asosiasi Pedagang Durian Pahang Lye Wee Ken) menyumbang sebanyak RM204,444 (Rp675 juta) melalui program penawaran yang berlangsung di SMK Sungai Ruan, Raub," ujar Fadzli.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Durian Asia Masuk Daftar 14 Makanan Teraneh Sedunia, Ada Juga Gurita Hidup Korea

Berbagai negara di seluruh dunia pastinya menawarkan banyak kuliner khas yang menarik untuk dicoba. Namun, tidak semua hidangan yang ditawarkan berupa makanan yang lezat dan enak dipandang.

Sejumlah di antara makanan tersebut bahkan dianggap aneh oleh sebagian orang. Padahal makanan-makanan tersebut jenis yang dikonsumsi setiap hari oleh warga setempat.

Berikut ini 14 makanan paling aneh yang tersebar di sejumlah penjuru dunia, sebagaimana dilansir dari ViaTravelers, Rabu (18/1/2023):

Durian, Asia Tenggara

Durian memang buah yang sangat umum dan banyak masyarakat Indonesia menyukainya. Tidak hanya Indonesia, negara-negara lainnya di Asia Tenggara juga terkenal menyukai durian. Namun, beberapa negara menganggap durian sebagai buah yang aneh dan tidak disukai oleh banyak orang.

Durian dilarang di berbagai tempat seperti transportasi umum, hotel, rumah sakit, pesawat, dan tempat publik lainnya. Sebab, banyak orang menggambarkan bau durian sebagai campuran bawang merah, bawang putih, makanan yang kedaluwarsa, dan kaki busuk.

Selengkapnya klik disini...

3 dari 4 halaman

Ilmuwan Singapura Temukan Cara Ubah Kulit Durian Jadi Perban Hidrogel Anti-Bakteria

Membahas durian, kulitnya yang selama ini hanya dibuang oleh kebanyakan orang, nyatanya mampu dikelola menjadi benda yang dibutuhkan di dunia medis. Oleh ilmuwan Singapura, kulit buah yang dijuluki sebagai King of Fruit ini bisa diubah menjadi perban hidrogel anti-bakteria.

Dikutip dari laman Channel News Asia, Kamis (25/3/2021), perban yang dibuat ilmuwan Nanyang Technological University (NTU) Singapura, dikembangkan sejalan dengan upaya Singapura menuju nol limbah, kata Profesor William Chen.

Prof Chen, direktur Program Ilmu dan Teknologi Pangan NTU, adalah ilmuwan di balik proyek sekam durian. "12 juta durian dikonsumsi setiap tahun. Tapi kebanyakan kulit duriannya dibuang," ujarnya.

Sekam, yang terdiri sekitar 60 persen dari durian, biasanya dibuang dan dibakar, "menimbulkan masalah lingkungan," kata NTU dalam rilis media.

Perban berbiaya rendah bersifat biodegradable dan tidak beracun, yang berarti memiliki jejak lingkungan yang lebih kecil daripada perban sintetis konvensional, kata universitas tersebut.

Prof Chen dan timnya membuat perban dengan mengekstraksi selulosa berkualitas tinggi dari kulit durian.

Selengkapnya klik disini...

4 dari 4 halaman

Ada-Ada Saja, Kulit Durian Dijual Online untuk Hukum Suami

Durian tampaknya tidak hanya bermanfaat untuk dikonsumsi tetapi juga dapat digunakan untuk tujuan lainnya. Seorang penjual di Shopee telah mengklaim menemukan cara inovatif untuk menggunakan kulit durian — untuk menghukum pasangan.

Penjual dengan akun swshop88, seperti dikutip dari situs Malay Mail, Rabu (15/6/2022), bahkan memberikan instruksi berapa banyak kulit durian yang harus dibeli seorang istri jika ingin menghukum suaminya.

  • 1 buah untuk berlutut dengan satu lutut (lamaran pernikahan yang tidak tulus).
  • 2 buah untuk pulang terlambat dari kerja.
  • 3 buah untuk menyembunyikan uang.
  • 4 buah untuk menyembunyikan uang dan bertindak bodoh.
  • 5 buah untuk pergi keluar dan menggoda (berbaring langsung telungkup dianjurkan).
  • 6 buah karena ketahuan selingkuh.
  • 7 buah untuk keluar rumah tanpa masker.
  • 8 buah karena tidak mengikuti SOP COVID.

Kulit durian itu dijual dengan harga RM0.18 per potong atau sekitar Rp600, namun bagaimana penggunaannya untuk hukuman diserahkan kepada pembeli.

Sampai saat ini, telah ada lima pembelian termasuk salah satu pelanggan yang puas meninggalkan ulasan bintang lima.

"Boss heng heng, kulit durian Musang King tidak sakit saat berlutut, saya akan menggunakannya ketika saya punya pacar, terima kasih bos," tulis pembeli.

Selengkapnya klik disini...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini