Sukses

Kedubes Italia Gelar Pekan Masakan Khas, Sorot Gaya Diet Mediterranean yang Sehat

The Week of Italian Cuisine in the World memasuki edisi ke-8 dan akan akan digelar di Indonesia pada 17-19 November 2023 di di Modena Experience Center. Acara ini mempromosikan tradisi kuliner Italia dan keunggulannya.

Liputan6.com, Jakarta - The Week of Italian Cuisine in the World (Pekan Masakan Italia di Dunia), kini memasuki edisi ke-8 dan berlangsung mulai tanggal 13 hingga 19 November 2023. Acara tahunan yang mempromosikan tradisi kuliner Italia dan keunggulannya ini juga digelar di Indonesia. 

Acara di Indonesia dijadwalkan berlangsung pada 17-19 November 2023, berlokasi di Modena Experience Center.

Sebagaimana dikutip dari pernyataan tertulis resmi Kedubes Italia, Jumat (17/11/2023), pergelaran di Indonesia merupakan hasil kolaborasi antara Kedutaan Besar Italia, Institut Kebudayaan Italia di Jakarta, dan Modena Indonesia.

Para Chef Italia dari restoran bergengsi di Jakarta akan turut ambil bagian dalam rangkaian acara yang berlokasi di Indonesia ini, termasuk demo memasak dan fine dining, yang bertujuan untuk menampilkan cita rasa asli Italia dengan tema "SAPORI ITALIANI."

Selain itu, The Week of Italian Cuisine in the World menjadi wadah untuk meningkatkan kualitas produk Made in Italy di sektor agro pangan dan kuliner.

Dalam identitas dan budaya Italia, masakan menjadi komponen penting. Kini, berkat dukungan kuat dari Kedutaan Besar Italia, Konsulat, dan Institut Kebudayaan Italia, The Week of Italian Cuisine in the World telah berkembang menjadi acara kuliner yang sangat penting.

Salah satu tujuan dari acara ini adalah meningkatkan kesadaran tradisi gastronomi dan budaya Italia yang berkualitas.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Lebih Lanjut Mengenai Pekan Masakan Italia Ini

Tak hanya itu, deretan diskusi topikal pun mewarnai acara yang diluncurkan setelah Expo Milano pada tahun 2015 ini. Berbagai isu tersebut diantaranya hubungan antara pangan dan kelestarian lingkungan, budaya pangan sehat, keamanan pangan, pendidikan pangan, identitas teritorial dan keanekaragaman hayati.

Pada tahun ini, Kementerian Pertanian, Kedaulatan Pangan, dan Kehutanan bersama dengan Kementerian Kebudayaan telah meluncurkan pencalonan masakan Italia ke Representative List of the Intangible Cultural Heritage of Humanity di UNESCO pada 23 Maret lalu.

Itu merupakan daftar warisan budaya tak benda yang dikeluarkan oleh UNESCO.

Sementara itu, tema acara dari edisi tahun ini adalah "Dining with Italian Cuisine: well-being with taste".

Acara tahun ini akan menyoroti hubungan antara diet Mediterania yang identik dengan diet sehat dan berkualitas tinggi serta kesejahteraan. Hal ini dipahami sebagai gaya hidup yang benar dan sehat.

Kesuksesan dari rangkaian acara ini juga didukung oleh distributor produk Italia ternama.

3 dari 4 halaman

SaBOR Latin Food Festival: Cobain Street Food Khas Amerika Latin!

Acara kuliner masakan khas negara lain di Indonesia sebelumnya juga diselenggarakan di Jakarta. SaBOR, festival makanan Amerika Latin sukses memukau selera pengunjung dengan menu otentik dengan harga terjangkau untuk makanan premium dan spesial. 

Acara tersebut berlangsung pada 29 Juli 2023 di restoran Sudestada, yang merupakan milik seorang chef asli Argentina, dan menjadi festival makanan dan budaya Amerika Latin yang pertama di Jakarta.

Keunggulan festival makanan ini terletak pada penyajian makanan dengan rasa dan penyajian semirip mungkin dengan aslinya. Dalam acara ini, para chef asli dari setiap negara turut hadir, sehingga pengunjung dapat merasakan setiap resep khas dari masing-masing negara.

SaBOR tidak hanya menjadi festival kuliner yang mengenalkan makanan, tetapi juga memberikan pengalaman luar biasa dengan menyajikan informasi tentang cara penyajian makanan. Setiap hidangan dipamerkan dengan keahlian para chef, memperlihatkan keindahan budaya kuliner dari Amerika Latin.

Hiburan seni juga turut menghiasi acara ini, dengan penampilan seorang musik Amerika Latin, Pacha Chalwank bersama alat musik Zampoña nya, memainkan lagu-lagu khas asalnya yang menambahkan pesona eksotis acara tersebut.

Selengkapnya klik disini...

4 dari 4 halaman

Kenalkan Keju Kualitas Tinggi California ke Pasar Indonesia, Chef AS Olah Pakai Bumbu Rendang dan Kentang Lokal

Membahas masakan asal luar negeri, sebelumnya Amerika Serikat sempat menghadirkan acara yang memperkenalkan keju dari salah satu wilayah di negara tersebut.

California Milk Advisory Board (CMAB) atau Departemen Pertanian Amerika Serikat dan Dewan Penasehat Susu California mengadakan acara bertajuk "Exclusive California Cheese Chef's Table Lunch" oleh Chef Barbara Alexander, koki konsultan Institut Kuliner Amerika, dalam upayanya untuk memperkenalkan keju berkualitas tinggi California ke pasar Indonesia.

Acara ini berlangsung pada Jumat, 11 Agustus 2023, di The Westin Hotel, Jakarta.

CMAB ingin mengajak masyarakat Indonesia untuk lebih mengenal dan mendapat edukasi tentang kualitas serta karakteristik dari produk olahan susu California dengan mengajak para tamu untuk mencicipi olahan makanan dengan keju California.

Momen ini juga jadi kali pertama keju-keju ini dapat dicicipi di Indonesia sebelum memasuki pasar.

Keju California memiliki kualitas dan fungsi uniknya sendiri, di acara ini para tamu juga dapat melihat berbagai macam keju asli olahan dari California seperti Monterey Jack, Sharp Cheddar, Mozzarella, CheeseBits dengan rasa wasabi dan strawberi, blue cheese, hingga keju yang dianugerahi sebagai salah satu dari 20 keju terbaik dunia pada tahun 2022, Toma Truffle.

Selengkapnya klik disini...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini