Sukses

Ini 17 Destinasi Wisata Terindah Asia Tenggara, Beberapa Ada di Indonesia

Bagi para wisatawan yang sedang mencari tujuan liburan di Asia, berikut ini beberapa rekomendasi destinasi menarik di Asia Tenggara, beberapa ada di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Asia Tenggara adalah tujuan favorit yang menawarkan berbagai pengalaman bagi para wisatawan. Setiap lokasi di wilayah ini memiliki pesonanya sendiri, menyuguhkan keindahan alam, spiritualitas, dan petualangan epik kepada pengunjung.

Para pencinta petualangan yang sedang berlibur akan menemukan banyak tempat menarik, termasuk hutan kuno, pantai yang memesona dengan danau berwarna-warni, kuil kuno, dan pemandangan indah yang memukau.

Beberapa daerah di Asia Tenggara memang sulit dijangkau, memberikan peluang bagi wisatawan untuk menjelajahi destinasi yang populer maupun terpencil. Wilayah ini sangat cocok bagi mereka yang memiliki waktu cuti yang panjang dan ingin merasakan petualangan serta pengalaman budaya selama berbulan-bulan.

Para wisatawan dapat mengidentifikasi destinasi terbaik dan mengoptimalkan kunjungan mereka di wilayah tersebut. Tak hanya itu, Asia Tenggara juga memiliki destinasi yang ramah bagi pemula, cocok untuk mereka yang mencari liburan singkat namun penuh tantangan.

Salah satu dari daftar destinasi ini adalah Indonesia, sebuah negara kepulauan yang terkenal tidak hanya karena beragam budaya dan keindahan alamnya yang luar biasa, tetapi juga menjadi lokasi beberapa destinasi wisata terbaik di wilayah Asia Tenggara.

Bagi para wisatawan yang sedang mencari tujuan liburan di Asia, berikut ini beberapa rekomendasi destinasi menarik di Asia Tenggara yang sebaiknya dipertimbangkan, merangkum dari The Traveler, Minggu (19/11/2023):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

17. Kepulauan Phi Phi, Thailand

Kepulauan Phi Phi di Thailand adalah salah satu destinasi terbaik di Asia Tenggara untuk para penggemar liburan pantai atau mereka yang ingin merasakan keindahan alam. Dengan air laut yang jernih berwarna biru kehijauan, tebing kapur yang menakjubkan, dan kehidupan laut yang beragam, pulau-pulau ini menyajikan pengalaman pantai yang tak tertandingi.

Mulai dari Maya Bay hingga Long Beach, setiap destinasi di kepulauan ini memberikan kesempatan untuk bersantai atau menikmati berbagai aktivitas yang menantang, seperti snorkeling, menyelam, dan menjelajahi pulau.

Selain itu, Kepulauan Phi Phi juga terkenal dengan kehidupan malamnya yang memikat, pertunjukan api, resor mewah, dan kuliner lezat yang memuaskan selera makan para pelancong. Keseluruhan, Kepulauan Phi Phi tetap menjadi salah satu tujuan terfavorit di Thailand yang menawarkan petualangan seru dan patut untuk dijelajahi.

16. Dataran Tinggi Cameron, Malaysia

Gambar pada 7 Juli 2021 menunjukkan pekerja migran memetik daun teh di Cameron Highlands di negara bagian Pahang, Malaysia. Perkebunan teh yang terbentang di atas perbukitan terjal di Malaysia menghadapi masa depan yang suram karena lockdown corona COVID-19. (Mohd RASFAN/AFP)

Para wisatawan yang mengunjungi Dataran Tinggi Cameron akan menemukan alasan mengapa wilayah ini menjadi salah satu destinasi terpopuler di Malaysia dan Asia Tenggara.

Bagi mereka yang ingin menghindar sejenak dari hiruk-pikuk pantai, Dataran Tinggi Cameron di Malaysia menawarkan pelarian alam dengan pemandangan hijau yang subur, bukit-bukit, dan kebun teh yang indah. Kawasan yang menakjubkan di Pegunungan Titiwangsa ini merupakan tempat untuk melarikan diri dari panasnya musim panas tropis, menawarkan iklim yang sejuk dan menyegarkan.

Mulai dari menjelajahi kebun teh yang menakjubkan hingga trekking melalui hutan lebat, melihat berbagai flora dan fauna, dan menikmati pemandangan panorama yang spektakuler, daerah ini menjanjikan berbagai pengalaman menarik untuk perjalanan yang tidak terlupakan.

Selain itu, pengunjung dapat menemukan berbagai jenis akomodasi, mulai dari yang paling mewah hingga yang paling terjangkau, untuk memastikan liburan yang nyaman dan santai.

14. Pulau Siargao, Filipina

Siargao di Filipina jadi salah satu destinasi wisata yang menarik dikunjungi. Pulau ini sempat dinobatkan sebagai Pulau Terbaik di Dunia (Dok.Unsplash)

Di Laut Filipina, terdapat pulau yang membentuk seperti air mata yang dikenal sebagai Siargao, terletak 196 kilometer tenggara Tacloban, dan diakui sebagai pusat selancar di negara tersebut.

Lokasi paling populer di kalangan peselancar adalah Jacking Horse dan Daku, yang terkenal dengan ombaknya yang besar. Bagi mereka yang kurang familiar dengan selancar, pulau ini menawarkan berbagai aktivitas alternatif.

Wisatawan dapat bersantai di berbagai resor di pulau ini, menikmati waktu di Kolam Magpupungko, atau menjelajahi Kolam Gua Tayangban, gua setengah terendam yang dikelilingi hutan bakau, untuk berenang, mendaki, dan melompat dari tebing.

3 dari 7 halaman

14. Koh Yao Yai, Thailand

Terletak di antara destinasi wisata populer Phuket dan Krabi, Koh Yao Yai adalah sebuah cagar alam kecil yang masih tersembunyi, menampilkan keindahan alam murni yang menjadi ciri khas pulau-pulau di Thailand.

Pulau ini menawarkan pantai berpasir, resor dan spa yang memukau, hutan bakau, perkebunan karet, dan pemukiman nelayan. Terdapat destinasi menyelam menarik, seperti King Cruiser Wreck dekat Anemone Reef dan puncak Shark Point, yang tersebar di perairan kaya karang di sekitarnya.

Penduduk asli Muslim di pulau ini telah mengembangkan industri mereka dengan menanam pohon karet dan beraktivitas dalam sektor perikanan.

13. Bagan, Myanmar

Siluet kuil kuno saat matahari terbenam di Bagan, distrik Nyaung U, Myanmar tengah, Rabu (8/12/2021). Bagan merupakan salah satu kota dari Kerajaan Pagan, yang memiliki 10.000 kuil Buddha. (AP Photo)

Pada tanggal 6 Juli 2019, Bagan secara resmi diakui sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO.

Bagan sebelumnya menjadi pusat monarki pertama Myanmar dan menyimpan sejarah dalam lebih dari sepuluh ribu pagoda dan kuil Buddha yang dibangun antara abad kesebelas hingga ketiga belas. Zona Arkeologi Bagan, seluas 41 kilometer persegi, menyimpan hampir 3.500 monumen bersejarah yang masih tegak.

Kuil Dhammayangyi, yang merupakan kuil terbesar dan paling terkenal di Bagan, dikenal dengan interior batu batanya yang misterius dan bisa ditemui di seluruh kota. Sementara itu, Pagoda Shwesandaw Paya yang berwarna putih menawarkan pemandangan indah perbukitan dan kuil kota, menjadi tempat ideal untuk menyaksikan matahari terbenam.

12. Pulau Penang, Malaysia

Gambar yang diambil pada 7 Juni 2020 ini menunjukkan para pria yang sedang memancing dari pantai di desa nelayan Pulau Betong di Penang, Malaysia. (GOH CHAI HIN / AFP)

Tak jauh dari Semenanjung Malaya, terdapat pulau Penang di Selat Malaka, Malaysia. Pengunjung yang menjelajahi Penang akan menemukan kejutan dalam keberagaman budaya Asia yang mencolok di kota ini.

George Town, ibu kota negara bagian Penang, memamerkan berbagai bangunan dengan gaya yang berbeda, termasuk Benteng Cornwallis Inggris, kuil klan Tiongkok Khoo Kongsi, dan Masjid Kapitan Keling bergaya India. Selain itu, Kuil Dewi Pengasih di Tiongkok, Kuil Budha Kek Lok Si, dan Kuil Hindu Sri Mahamariamman juga merupakan tempat ibadah yang penting.

4 dari 7 halaman

11. Hanoi, Vietnam

Sejak tahun 1990-an, Hanoi, ibu kota Vietnam, telah menjadi destinasi yang ramah bagi wisatawan dan kini menjadi salah satu tempat terbaik untuk meresapi budaya Vietnam secara menyeluruh.

Di kawasan bersejarah, pengunjung dapat menemukan berbagai hotel, toko, restoran, dan sepeda. Salah satu keajaiban kota ini adalah Kuil Sastra, awalnya didirikan sebagai universitas pada abad ke-11 dan kini berfungsi sebagai kuil Konfusianisme yang mengesankan.

Hanoi juga menjadi tempat makam Ho Chi Minh. Dari kuil hingga landmark di puncak gunung-gunung yang indah, Hanoi, yang sering disebut sebagai "Paris di Timur," menjadi salah satu kota paling populer di Vietnam untuk dikunjungi.

10. Dataran Tinggi Bolaven, Laos

<p>Dataran Tinggi Bolaven Laos. (Unsplash)</p>

Dataran Tinggi Bolaven, atau dikenal sebagai Phu Phieng Bolaven di Laos, adalah area subur yang membentang di empat provinsi selatan.

Terkenal dengan iklimnya yang sejuk, air terjun menakjubkan, dan kopi yang nikmat, wilayah ini menawarkan pengalaman yang istimewa. Pastikan untuk mengunjungi rumah-rumah desa bersejarah dan perkebunan kopi yang menarik, tetapi keindahan sesungguhnya terletak pada air terjun yang spektakuler di sekitarnya.

Untuk pengalaman yang tak terlupakan, Anda dapat memesan kamar di resor mewah yang terletak di tepi Sungai Mekong yang cantik dan menikmati perjalanan seru dengan sepeda motor melintasi jalanan alam yang segar, membentang sepanjang 500 kilometer, dimulai dari Paske.

9. Angkor Wat, Kamboja

Angkor Wat, Kamboja. (dok. pexels/Julia Volk)

Berliburlah ke Kamboja dan nikmati waktu di Siem Reap, sebuah kota resor di bagian barat laut negara tersebut yang juga menjadi gerbang utama menuju kompleks kuil Angkor. Kuil ini pernah menjadi pusat ibu kota Kerajaan Khmer dari abad ke-9 hingga ke-15.

Di antara banyak situs bersejarah di Asia Tenggara, Angkor dianggap sebagai salah satu yang paling penting. Meliputi area lebih dari 400 km persegi, sebagian besar ditutupi oleh hutan, Taman Arkeologi Angkor menampilkan reruntuhan dari beberapa ibu kota Khmer kuno yang mengesankan.

Salah satu sorotan utama adalah Kuil Bayon di Angkor Thom, yang terkenal dengan berbagai ukiran hiasannya.

5 dari 7 halaman

8. Kepulauan Nusa, Indonesia

Kepulauan Nusa, yang terdiri dari Nusa Penida, Nusa Lembongan, dan Nusa Ceningan, merupakan sekumpulan tiga pulau yang terkenal dan terletak di lepas pantai selatan Bali, Indonesia.

Ketiganya menawarkan pengalaman wisata yang menarik dan belakangan ini menjadi semakin diminati oleh para pelancong. Pulau-pulau ini menampilkan pantai berpasir putih yang tenang dengan air biru kehijauan di beberapa area, sementara di tempat lain, terdapat permukaan tebing dan ombak selancar yang dramatis, kolam renang tanpa batas yang terbentuk secara alami, dan laguna tersembunyi yang memukau.

Para pengunjung dapat menikmati berbagai aktivitas seperti berenang, snorkeling, atau menyelam scuba bersama dengan pari manta yang lembut, yang menjadikan bagian Indonesia ini sebagai rumahnya.

7. Singapura

Singapura / Sumber: Pixabay

Singapura tidak seperti negara lainnya di Asia Tenggara. Sebagai sebuah negara kota yang terletak di pulau, Singapura mengusung pandangan maju dan global, dengan pencakar langit dan pusat perbelanjaan yang saling berdampingan dengan keindahan alam yang luar biasa.

Sebagai contoh, Pulau Sentosa menawarkan beragam atraksi, termasuk pantai sepanjang dua kilometer, benteng pantai yang baru direnovasi, teater 4D pertama di Asia Tenggara, taman kupu-kupu, kerajaan serangga, dan bahkan taman hiburan Universal Studios Singapura.

Air terjun dalam ruangan terbesar di dunia terdapat di bandara Singapura, yang juga dilengkapi dengan taman dalam ruangan berlantai lima, labirin cermin dan kabut, serta taman kupu-kupu besar dengan lebih dari seribu spesies terbang bebas di antara tumbuh-tumbuhan tropis.

6. Sawah Terasering Tegalalang, Bali, Indonesia

<p>Sawah Terasering Tegalalang (Sumber: Wikipedia)</p>

Terletak sekitar 20 menit di utara Ubud, Sawah Terasering Tegalalang adalah salah satu lokasi yang paling indah dan terkenal di Bali.

Sawah-sawah di sini, yang merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO, memiliki bentuk yang luas dan bergelombang karena sistem irigasi yang kompleks serta dedikasi petani yang telah merawatnya selama berabad-abad, bahkan ribuan tahun.

Pengunjung dapat menghabiskan berjam-jam berjalan-jalan di dek untuk menikmati panorama ladang hijau yang mempesona yang terbentang sejauh mata memandang. Mereka yang tiba di pagi hari akan merasakan ketenangan tempat ini, menikmati desiran lembut daun persawahan yang ditiup angin.

6 dari 7 halaman

5. Ninh Bình, Vietnam

 

Ninh Binh, Vietnam. (Sumber Foto: raphtravels/Instagram)

Ninh Bình dianggap sebagai Ha Long Bay, dan merupakan salah satu rahasia yang paling dijaga di Asia Tenggara bagi mereka yang mendambakan alam tak tertandingi dan keramahtamahan yang tiada duanya.

Kunjungan ke Kompleks Lanskap Indah Tràng An, yang terdaftar sebagai Warisan Dunia, merupakan pengalaman yang sangat berharga di dekatnya. Pemandangan luar biasa ini melibatkan perjalanan sekali seumur hidup dengan perahu atau tur gua, memungkinkan wisatawan menjelajahi ibu kota kuno Vietnam, Hoa Lu.

Menyusuri Hang Bong atau Gua Bayangan sepanjang 100 meter menjadi elemen mendebarkan lain dari tur selama 2-3 jam dengan perahu dayung bambu. Saat melewati gua epik menuju laguna pirus, pengunjung dapat bersantai sambil berbaring telentang.

Untuk menjelajahi seluruh Ninh Bình dan merasakan pesona persawahan hijau yang mengelilingi formasi karst megah di wilayah ini, disarankan bagi pengunjung untuk menyewa skuter.

4. Pulau Siquijor, Filipina

<p>Pulau Siquijor Filipina. (Unsplash)</p>

Pulau Siquijor menyimpan sejarah yang magis dan pasti akan menarik perhatian setiap pengunjung dengan hutan yang masih alami, diisi dengan bunyi yang menenangkan dari air terjun. Walaupun Siquijor berdekatan dengan Cebu yang ramai, rasanya jauh berbeda.

Perairan yang tenang dan kristal mengalir lembut menuju pantai berpasir putih, memberikan tempat yang nyaman dan menyegarkan untuk bersantai selama petualangan di Filipina. Air Terjun Cambugahay menjadi destinasi wisata yang sangat diminati di pulau ini, dengan air terjun tiga tingkat dan area berenang yang cocok bagi mereka yang ingin menikmati dan berinteraksi dengan lingkungan sekitar.

Bagi yang ingin merasakan gaya hidup lokal, pendakian singkat selama lima menit akan membawa Anda ke Air Terjun Lugnason yang tenang, di mana Anda dapat mengapung di bawah air terjun yang biru langit dan benar-benar merasa seperti mengalami pengalaman di dunia yang berbeda.

7 dari 7 halaman

3. Ko Lipe, Thailand

Pulau di bagian selatan Thailand yang berdekatan dengan Malaysia ini merupakan surga tropis yang dipenuhi dengan keajaiban alam, menjadikannya salah satu destinasi terbaik di Asia Tenggara.

Mulai dari snorkeling, kayak, hingga bersantai dengan membaca di pantai berpasir putih, Ko Lipe menawarkan berbagai aktivitas untuk semua orang. Wisatawan dapat menuju ke Walking Street pada malam hari setelah matahari terbenam di Pantai Pattaya untuk menikmati hidangan lokal yang luar biasa, musik live, dan bar yang menakjubkan.

Terumbu karang di sekitar Ko Lipe tergolong lebih sehat dibandingkan dengan pulau-pulau lain di Thailand, dan 25 persen dari seluruh spesies ikan tropis dunia dapat ditemukan di perairan sekitar Ko Lipe. Wisatawan dapat memesan berbagai wisata bawah air di Lipe Dive Station.

2. Provinsi Mondulkiri, Kamboja

Mondulkiri, Kamboja. (escapadejars/Instagram)

Provinsi Mondulkiri benar-benar merupakan tujuan wisata yang luar biasa di Asia Tenggara. Meskipun wilayah daratannya luas, namun penduduknya tidak padat seperti provinsi lain di Kamboja.

Provinsi ini diberkati dengan hutan lebat, perbukitan berhutan, dan air terjun menakjubkan yang akan membuat setiap petualang terpesona. Air terjun di Provinsi Mondulkiri termasuk yang paling menakjubkan di Asia Tenggara, termasuk Air Terjun Romnea (Sen Monorom), Air Terjun Pu Long, Air Terjun Bou Sra (Busra), dan Air Terjun Dakdam.

Air Terjun Bou Sra, juga dikenal sebagai Busra, adalah air terjun terbesar di provinsi ini dan merupakan pemandangan yang patut untuk dilihat.

1. Hutan Hujan Taman Negara, Malaysia

Taman Negara National Park di Malaysia. (Unsplash)

Hutan Hujan Taman Negara benar-benar menakjubkan, dengan sejarah menarik yang berusia lebih dari 130 juta tahun. Beberapa bahkan berspekulasi bahwa taman ini mungkin pernah menjadi rumah bagi dinosaurus.

Bagi pecinta alam dan pencari petualangan, Taman Nasional Taman Negara adalah destinasi yang wajib dikunjungi di Asia Tenggara. Begitu banyak keseruan menanti wisatawan di Taman Nasional Taman Negara, mulai dari menjelajahi gua dan memancing hingga berkemah dan mengamati satwa liar. Semuanya mendapat kesempatan untuk menjelajahi hutan hujan tropis Malaysia.

Selama menginap, pengunjung dapat menikmati jalur kanopi terpanjang di dunia, menjelajahi desa Aborigin, dan berjalan-jalan di tengah kanopi hutan hujan yang hijau. Para petualang sejati bahkan bisa mendaki gunung tertinggi di Semenanjung Malaysia, yaitu Gunung Tahan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini