Sukses

25 Fakta Unik dan Menarik Thailand, Kota Terpanas hingga Punya Nama Terpanjang di Dunia

Thailand, yang sering disebut sebagai "Negeri Senyuman," adalah sebuah negara yang memiliki beragam karakteristik yang menarik dan unik. Cari tahu di sini!

Liputan6.com, Jakarta - Thailand, yang sering disebut sebagai land of smiles atau Negeri Senyuman adalah sebuah negara yang memiliki beragam karakteristik yang menarik serta unik. 

Saat Anda menjelajahi keragaman negara Asia Tenggara ini, Anda akan menemukan beragam fakta menarik yang membedakan Thailand dari negara-negara lain. 

Dari sejarah kemerdekaannya yang kaya hingga kekayaan satwa liar yang memukau, pemandangan menakjubkan, dan keramahan penduduknya, Thailand menawarkan perpaduan menarik dari budaya, alam, dan warisan. 

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi 25 fakta menarik yang mengungkap esensi dari beragam dan memikatnya Thailand, dirangkum dari samujana.com, Jumat (13/10/2023):

1. Thailand adalah satu-satunya negara di Asia Tenggara yang tidak pernah dijajah oleh negara Eropa. Dalam bahasa Thai, nama negara ini, Prathet Thai, berarti land of the free (negeri yang merdeka).

2. Di Thailand, Anda akan menemukan makhluk terkecil dan terbesar di dunia. Mamalia terkecil di dunia yakni bumblebee bat (elelawar bumblebee), tinggal di sana. Sementara whale shark (ikan paus hiu), ikan terbesar di dunia, dapat ditemukan di perairan Thailand.

3. Dahulu, semua pria di Thailand, bahkan anggota kerajaan, wajib menjadi biksu Buddha untuk sementara sebelum berusia 20 tahun. Meskipun praktik ini tidak berlaku seperti dulu, ini adalah bagian penting dari sejarah Thailand.

4. Nama asli Bangkok adalah salah satu nama tempat terpanjang di dunia, yaitu: Krungthepmahanakhon Amonrattanakosin Mahintharayutthaya Mahadilokphop Noppharatratchathaniburirom Udomratchaniwetmahasathan Amonphimanawatansathit Sakkathattiyawitsanukamprasit. Yang berarti "Kota Malaikat, Kota Agung Para Abadi, Kota Gemerlap Sembilan Permata, Takhta Raja, Kota Istana Kerajaan, Rumah Dewa yang Dijadikan Manusia, Didirikan oleh Visvakarman atas Perintah Indra."

5. Sekitar satu abad yang lalu, hampir seluruh wilayah utara Thailand ditutupi oleh hutan. Saat ini, hanya seperempatnya yang tersisa, dan Thailand melarang penebangan pohon sepenuhnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Raja Terpelajar hingga Negara dengan Gajah

6. Bangkok adalah rumah bagi sepersepuluh populasi seluruh Thailand dan merupakan ibu kota serta kota terbesar.

7. Thailand memiliki aturan ketat untuk menghormati raja mereka. Film Hollywood terkenal "The King and I" bahkan tidak pernah ditayangkan di bioskop Thailand karena dianggap merendahkan Raja.

8. Raja Maha Vajiralongkorn lahir di Amerika Serikat dan sangat terpelajar, dengan gelar teknik dari Swiss.

9. Terdapat sekitar 35.000 kuil di Thailand, yang memerlukan pakaian sopan saat mengunjunginya.

10. Penghormatan terhadap kepala sangat penting di Thailand. Kepala dianggap sebagai bagian tubuh paling penting, dan budaya Thailand melarang menyentuh kepala siapa pun.

11. Thailand adalah rumah bagi banyak spesies binatang, termasuk burung yang jumlahnya lebih banyak daripada spesies di Eropa dan Amerika jika digabungkan.

12. Anggrek adalah bunga nasional Thailand, dan terdapat 1.500 spesies anggrek liar di hutan Thailand.

13. Orang-orang mengasosiasikan Thailand dengan Gajah. Untuk diketahui, Thailand memiliki lebih dari 5.000 gajah (walaupun lebih dari separuhnya merupakan hewan peliharaan). Konon dahulu ada sekitar 100.000 gajah di Thailand dan seperlimanya berada di alam liar.

3 dari 4 halaman

Kota Terpanas di Dunia hingga Cikal Bakal Minuman Red Bull

14. Bendera nasional Thailand dikibarkan setiap pagi pukul 8 pagi dan diturunkan pukul 6 sore, dan ada juga "Bendera Kerajaan" yang dikibarkan untuk menghormati monarki.

15. Bangkok adalah salah satu kota terpanas di dunia, sehingga wisatawan perlu bersiap dengan cuaca panas jika berkunjung dan jangan lupa tetap menghidrasi diri.

16. Thailand memiliki sejumlah ular besar. Reticulated python yang juga dikenal sebagai ular sanca kembang, ular terbesar di dunia, dapat ditemukan di hutan Thailand. Yang terpanjang pernah ditemukan sepanjang 10 meter. Anda juga bisa menemukan ular kobra raja, ular berbisa terpanjang di dunia di negara ini.

17. Setiap tahun, sekitar 6 juta wisatawan mengunjungi Thailand, dan angka ini terus meningkat.

18. Thailand sering disebut sebagai land of smiles (negeri senyuman) karena penduduknya selalu siap dengan senyuman dan mengutamakan perdamaian.

19. Meskipun dikenal dengan emas dan patung-patungnya, Thailand sebenarnya merupakan penghasil utama timah dan beras.

20. Thailand dahulu dikenal sebagai Siam, tempat asal kucing Siam. Meski awalnya ada 23 jenis kucing siam, kini hanya tersisa enam. Konon memberikan sepasang kucing siam kepada pengantin wanita di hari pernikahannya dianggap membawa keberuntungan.

21. Red Bull, minuman energi terkenal di dunia, memiliki 'akar' atau berasal dari Thailand. Melalui merek Krating Daeng, minuman yang dipopulerkan di Thailand (dan akhirnya di seluruh Asia) sejak tahun 1976. Red Bull kemudian dimodifikasi untuk “menyesuaikan selera barat.”

4 dari 4 halaman

Negeri Pulau hingga Punya Festival Monyet

22. Sebagian jalan di Bangkok dulunya adalah kanal. Kota ini dikenal sebagai "Venice of the East" karena banyaknya bangunan yang dibangun seperti panggung di atas sungai. Lambat laun, sebagian besar kanal terisi dan menjadi jalan yang Anda lihat sekarang. 

23. Thailand terdiri dari sekitar 1.430 pulau, beberapa di antaranya terkenal karena muncul dalam film-film Hollywood. Kebiasaan populer pengunjung yang kembali adalah mencoba pulau baru untuk menemukan pulau favorit mereka.

24. Bridge Over the River Kwai (Jembatan di atas Sungai Kwai) yang terletak di dekat Kanchanaburi, adalah bagian dari jalur kereta api Burma-Siam. Diperkirakan 80.000 orang tewas dalam pembuatan jalur kereta tersebut.

25. Thailand memiliki festival unik disebut "Monkey Buffet", diadakan untuk menghormati monyet yang membawa wisatawan ke Desa Lopburi. Pesta ini menyediakan dua ton daging, buah, es krim, dan camilan lainnya dan dilaksanakan di depan kuil Phra Prang Sam Yot di Provinsi Lopburi.

Thailand adalah negeri yang tak tertandingi dengan lebih banyak fakta menarik daripada yang dapat dijelaskan dalam satu artikel. 

Kapan giliran Anda untuk menemukan pesona dan keunikan Thailand?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini