Sukses

Berapa Harga Planet Bumi Jika Dijual? Cek di Sini

Planet Bumi mungkin merupakan tempat paling berharga yang kita ketahui, namun kata yang paling tepat adalah tidak ternilai harganya.

Liputan6.com, Jakarta - Planet Bumi mungkin merupakan tempat paling berharga yang kita ketahui, namun kata yang paling tepat adalah tidak ternilai harganya.

Sumber daya bumi dan manfaatnya bagi manusia menimbulkan kerugian yang sangat besar dan nyata jika diberikan pada pihak lain.

Manusia sudah sepatutnya tidak perlu memikirkan apakah Bumi bisa dijual atau tidak.

Namun berpikir soal jumlah yang harus dibayar jika ada yang mau membeli Bumi dapat membantu kita lebih memahami nilainya.

Seperti yang dilaporkan Treehugger, seorang ilmuwan telah mengembangkan formula khusus yang memungkinkan kita melakukan hal tersebut.

Menurut perhitungan yang dibuat pada tahun 2020 oleh Dr. Greg Laughlin, yang sekarang menjadi profesor astronomi di Universitas Yale, harga Bumi sekitar US$ 5 kuadriliun (atau US$ 5,000,000,000,000,000).

Dia mengemukakan harga tersebut setelah mengukur massa planet, suhu, usia, dan faktor-faktor lain yang berkorelasi langsung dengan kemampuannya untuk menopang kehidupan, dikutip dari laman Mentalfloss.com, Jumat (6/10/2023).

Untuk menekankan betapa berharganya Bumi, Laughlin juga memperkirakan nilai planet lain di tata surya kita berdasarkan kemampuannya menyediakan sumber daya bagi makhluk hidup.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lantas Berapa Harga Planet Mars dan Venus?

Tetangga terdekat kita, Mars, berharga US$ 16.000, jauh lebih murah dari harga rata-rata mobil bekas saat ini.

Tapi itu adalah jumlah yang sangat besar jika dibandingkan dengan Venus, yang dia nilai hanya satu sen.

Mungkin atmosfer Venus yang 96 persennya mengandung karbon dioksida, dan angin berkecepatan 320 kilometer per jam ada hubungannya dengan hal tersebut.

Laughlin tidak menyangka angka-angka ini bisa diterapkan di dunia nyata. Sebaliknya, ia berharap mereka akan menginspirasi orang untuk lebih menghargai satu-satunya rumah yang mereka kenal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.