Sukses

6 Kreasi Daur Ulang Sederhana dari Barang Bekas, Hiasan hingga Sarung Bantal Unik dan Mudah Dibuat

Simak ide kreasi daur ulang, simple tapi cantik. Cocok untuk hiasan dan barang fungsional.

Liputan6.com, Jakarta - Kreasi daur ulang menjadi salah satu pilihan alternatif sebagian orang. Entah tujuannya untuk hobi, tugas sekolah, atau sekedar menghabiskan waktu luang bersama keluarga.

Terlebih, kerajinan dari barang bekas dapat merubah barang tak terpakai yang telah tidak berharga menjadi sesuatu bernilai, punya fungsi dan nilai yang lebih.

Simak ide kreasi daur ulang, simple tapi cantik, dirangkum dari BHG pada Senin (9/10/2023):

1. Hiasan Pelangi Warna-warni dari Kerang

<p>Ilustrasi Kerang. (Pixabay/Stefan Schweihofer)</p>

Sampah dapur organik cangkang kerang kini dapat disulap menjadi hiasan cantik penuh warna. Kreasi ini tak hanya cocok untuk hiasan rumah tetapi juga anak-anak.

Cara membuatnya pun mudah yakni potong bekas kardus atau wadah makanan berbentuk melengkung seperti pelangi. Lukis pelangi di atas potongan tersebut menggunakan cat akrilik. Tak lupa cat beberapa cangkang kerang sesuai warna pelangi. Setelah cat kering, hias pelangi dengan menempelkan cangkang sesuai warna. 

2. Tempat Aksesoris Meja dari Kaleng

Lani (48) saat menyelesaikan gambar yang dilukis pada sebuah kaleng bekas di workshop Kaleng Lani, Tanah Baru, Beji, Depok, Jawa Barat, Minggu (5/6/2022). Harga produk kerajinan karya Lani pun cukup terjangkau, mulai Rp25.000 hingga Rp300.000 per buah yang dipasarkan melalui media sosial dan galeri. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Manfaatkan kaleng yang telah tak terpakai menjadi wadah cantik di sudut meja Anda.

Buang label merek dan bersihkan kaleng. Lalu potong kertas bermotif cantik dengan ukuran sesuai tinggi dan lebar kaleng, tempel. Potong tali pita dan ikatkan di badan kaleng. Kini Anda memiliki satu tempat aksesoris meja cantik tanpa mengeluarkan biaya apapun dari membuat sendiri atau DIY (Do It Yourself).

3. Hiasan Magnet Kulkas dari Tutup Botol

<p>Ilustrasi Tutup Botol Bekas untuk Kerajinan. (Pixabay/Herbert Bieser)</p>

Bagi Anda yang gemar mengoleksi dan menghias pintu kulkas dengan magnet, ini dapat menjadi pilihan yang cemerlang.

Cara membuatnya pun sangat sederhana, Anda cukup menempelkan magnet kecil di bagian tutup botol yang cekung. Magnet kecil dapat dibeli di toko kerajinan.

Dapur menjadi cantik dengan kerajinan tutup botol magnet berwarna warni.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Vas Metalik

Vas bunga Anda terlihat membosankan dan kurang "catchy"?

Tenang, sendok plastik bekas lah solusinya. Potong bagian melengkung sendok dan semprot dengan cat berwarna metalik. Setelah kering, rekatkan sendok ke permukaan luar vas dan pajang di tempat yang mudah terlihat.

5. Tempat Perhiasan dari Tabung Tisu Toilet

<p>Ilustrasi Tabung Tisu Toilet Bekas untuk Kerajinan. (Pixabay/Owen Wahl)</p>

Simpan uang Anda untuk membeli perhiasan lebih banyak daripada dihabiskan untuk membeli wadahnya. Sebab kini Anda dapat membuatnya sendiri.

Bekas tabung tisu toilet dapat disulap menjadi tempat berbagai gelang, kalung, anting, dan berbagai aksesoris lainnya dengan bermodalkan potongan pita warna-warni. Tempatkan secara memanjang lalu lapisi dengan kain berwarna cantik dan susun antar tabungnya menggunakan pita. 

6. Sarung Bantal dari Baju Bekas

Ilustrasi Bantal Tidur Credit: pexels.com/Design

Anda tak perlu mahir menjahit layaknya desainer untuk membuat ini, hanya dibutuhkan keterampilan menjahit sederhana. Jahit sarung bantal kreatif ini menggunakan bahan kain dari kaus favorit yang sudah tidak muat lagi di badan, baju tak terpakai, bahkan jersey olahraga. Untuk sisi belakang, gunakan kain bermotif agar semakin cantik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini