Sukses

HUT ke-78 RI, Menlu AS Harap yang Terbaik untuk Indonesia dan Puji Kepemimpinan ASEAN

Sejumlah pemimpin negara sahabat dan tokoh dunia turut mengirimkan ucapan selamat Hari Kemerdekaan ke-78 Indonesia (HUT ke-78 RI), salah satunya adalah Menteri Luar Negeri AS Antony J. Blinken.

Liputan6.com, Jakarta - Peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 Republik Indonesia (HUT ke-78 RI) jatuh pada Kamis 17 Agustus 2023. Sejumlah pemimpin negara sahabat dan tokoh dunia turut mengirimkan ucapan selamat, salah satunya adalah Menteri Luar Negeri (Menlu) AS Antony J. Blinken.

"Atas nama Amerika Serikat, saya mengucapkan selamat kepada rakyat Indonesia dalam rangka Hari Kemerdekaan Republik Indonesia," ucap Blinken dalam pernyataan pers yang dikutip dari keterangan tertulis Kedutaan Besar AS, Jumat (18/8/2023).

Amerika Serikat dan Indonesia menikmati kemitraan strategis yang kuat, kata Blinken, yang ditegaskan oleh komitmen bersama terhadap demokrasi dan hubungan erat antara rakyat kedua negara.

"Saya memuji upaya Indonesia dalam mendorong pertumbuhan dan membangun masa depan yang tangguh melalui kepemimpinan ASEAN tahun ini. Saya senang dapat berpartisipasi dalam US-ASEAN Post-Ministerial Conference, East Asia Summit Foreign Ministers’ Meeting, dan ASEAN Regional Forum, serta pertemuan US-Indonesia Strategic Dialogue, di Jakarta pada Juli yang lalu," tutur Menlu Anthony Blinken.

"Amerika Serikat menantikan berbagai kolaborasi di tahun-tahun mendatang seraya bersama-sama menuju Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka, stabil, dan makmur," sambungnya.

"Kami mengirimkan harapan terbaik untuk rakyat Indonesia dalam merayakan Hari Kemerdekaan yang meriah ini," pungkas Menlu Blinken.

Sebelumnya, Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menyampaikan ucapan selamat kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) atas hari ulang tahun (HUT) ke-78 Indonesia.

"Atas nama rakyat Amerika Serikat, saya menyampaikan ucapan selamat dengan tulus kepada Anda dan rakyat Indonesia dalam rangka perayaan kemerdekaan yang ke-78," kata Biden dalam pernyataan pers yang diterima Liputan6.com, Rabu 16 Agustus.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pesan Presiden AS saat HUT ke-78 RI

Dalam pesannya, Biden juga mengajak Jokowi untuk mengeratkan kerja sama antara Amerika Serikat dengan Indonesia, terutama dalam menghadapi tantangan global yang semakin pelik. 

"Kemitraan strategis antara Amerika Serikat dan Indonesia memajukan prinsip demokrasi yang sama-sama kita anut dan keamanan serta kemakmuran rakyat kita," tambahnya. "Kita bekerja sama untuk mengatasi tantangan global seperti perubahan iklim dan perlindungan lingkungan."

Presiden ke-46 AS itu juga menggarisbawahi dukungannya untuk keketuaan Indonesia di ASEAN. 

"Amerika Serikat juga memuji kepemimpinan Indonesia sebagai Ketua ASEAN dan mendukung tema ASEAN 2023, ASEAN Matters: Epicentrum of Growth," imbuh Biden. 

Biden juga mendorong kedua negara untuk menciptakan masa depan yang cerah dan tangguh di kawasan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka. 

Berikut adalah pesan lengkap yang disampaikan Joe Biden kepada Jokowi dalam rangka ucapan selamat HUT ke-78 RI:

 

Bapak Presiden Yang Terhormat,

Atas nama rakyat Amerika Serikat, saya menyampaikan ucapan selamat dengan tulus kepada Anda dan rakyat Indonesia dalam rangka perayaan kemerdekaan yang ke-78. Kemitraan strategis antara Amerika Serikat dan Indonesia memajukan prinsip demokrasi yang sama-sama kita anut dan keamanan serta kemakmuran rakyat kita.

Bersama-sama, negara kita mendorong masa depan yang cerah dan tangguh di Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka. Kita bekerja sama untuk mengatasi tantangan global seperti perubahan iklim dan perlindungan lingkungan. Kita memperkuat hubungan antarmasyarakat yang mendasari kemitraan kita bersama.

Amerika Serikat juga memuji kepemimpinan Indonesia sebagai Ketua ASEAN dan mendukung tema ASEAN 2023, “ASEAN Matters: Epicentrum of Growth.” Saya berharap dapat semakin memperdalam dan memperluas kerja sama dan persahabatan kita di tahun mendatang. Selamat atas hari kemerdekaan Indonesia yang menggembirakan ini.

Salam,

Joseph R. Biden Jr.

 

3 dari 4 halaman

Dubes AS Sung Y. Kim Ucapkan Selamat HUT ke-78 RI: Saya Salut dengan Kemajuan Indonesia

Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Sung Y. Kim juga telah mengucapkan selamat atas HUT ke-78 RI yang jatuh pada Kamis, 17 Agustus 2023. 

"Atas nama tim kami di Kedutaan Besar AS di Jakarta, Konsulat AS di Surabaya dan Medan, dan Konsuler AS di Bali, saya berbahagia menyampaikan salam hangat kami pada momen Hari Kemerdekaan Indonesia ke-78," ujarnya dalam video yang diunggah di akun Twitter resmi @USAmbIndonesia.

Dalam pesan tersebut, ia mengapresiasi perjalanan Indonesia sebagai bangsa yang berdaulat. 

"Perjalanan Indonesia sebagai suatu bangsa ditandai dengan ketahanan, keragaman dan pembangunan ekonomi yang eksklusif," sambungnya. 

Duta besar AS yang bertugas di Indonesia sejak tahun 2020 itu juga tak ketinggalan memuji posisi Indonesia sebagai ketua Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) tahun ini. 

"Saya salut dengan kemajuan Indonesia, terutama tahun ini saat Indonesia bertindak sebagai ketua ASEAN, menunjukkan lagi dedikasinya menuju kedamaian, stabilitas dan kemakmuran di wilayah," tambahnya. 

4 dari 4 halaman

Dubes Belanda Lambert Grijns Ucapkan HUT RI ke-78: Terus Melaju untuk Indonesia Maju

Duta Besar Belanda untuk Indonesia, Lambert Grijns juga ikut menyampaikan selamat Hari Ulang Tahun ke-78 RI ke seluruh masyarakat Indonesia.

Dalam akun Instagram @nlinindonesia, Kamis (17/8/2023) Dubes Lambert Grijns menyampaikan pesan Indonesia yang melaju untuk Indonesia Maju.

"Dirgahayu Republik Indonesia yang ke-78. Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya ingin mendukung tema yang diusung tahun ini yaitu Terus Melaju untuk Indonesia Maju," kata Dubes Lambert Grijns.

"Sebagai pengingat bagi kita selalu menggapai kemajuan kesatuan dan merangkul semua pihak untuk masa depan Indonesia."

Dubes Lambert Grijns pada kesempatan tersebut juga menyampaikan bahwa Belanda terus berkomitmen untuk terus bekerja sama dengan Indonesia di masa mendatang.

"Sejumlah isu seperti perubahan iklim, masalah hukum, manajemen air, pendidikan, HAM, ketahanan pangan, seni dan budaya," kata Lambert Grijns.

Lambert Grijns juga berharap agar ke depannya Indonesia bisa mencapai kesejahteraan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.