Sukses

Dubes Belanda Lambert Grijns Ucapkan HUT RI ke-78: Terus Melaju untuk Indonesia Maju

Duta Besar Belanda untuk Indonesia, Lambert Grijns menyampaikan selamat Hari Ulang Tahun ke-78 RI ke seluruh masyarakat Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Duta Besar Belanda untuk Indonesia, Lambert Grijns menyampaikan selamat Hari Ulang Tahun ke-78 RI ke seluruh masyarakat Indonesia.

Dalam akun Instagram @nlinindonesia, Kamis (17/8/2023) Dubes Lambert Grijns menyampaikan pesan Indonesia yang melaju untuk Indonesia Maju.

"Dirgahayu Republik Indonesia yang ke-78. Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya ingin mendukung tema yang diusung tahun ini yaitu Terus Melaju untuk Indonesia Maju," kata Dubes Lambert Grijns.

"Sebagai pengingat bagi kita selalu menggapai kemajuan kesatuan dan merangkul semua pihak untuk masa depan Indonesia."

Dubes Lambert Grijns pada kesempatan tersebut juga menyampaikan bahwa Belanda terus berkomitmen untuk terus bekerja sama dengan Indonesia di masa mendatang.

"Sejumlah isu seperti perubahan iklim, masalah hukum, manajemen air, pendidikan, HAM, ketahanan pangan, seni dan budaya," kata Lambert Grijns.

Lambert Grijns juga berharap agar ke depannya Indonesia bisa mencapai kesejahteraan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

HUT ke-78 RI, Pesan Joe Biden ke Jokowi: Bersama Kita Dorong Masa Depan Cerah dan Tangguh

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menyampaikan ucapan selamat kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) atas hari ulang tahun (HUT) ke-78 Indonesia yang jatuh pada Kamis (17/8/2023). 

"Atas nama rakyat Amerika Serikat, saya menyampaikan ucapan selamat dengan tulus kepada Anda dan rakyat Indonesia dalam rangka perayaan kemerdekaan yang ke-78," kata Biden dalam pernyataan pers yang diterima Liputan6.com, Rabu (16/8). 

Dalam pesannya, Biden juga mengajak Jokowi untuk mengeratkan kerja sama antara Amerika Serikat dengan Indonesia, terutama dalam menghadapi tantangan global yang semakin pelik. 

"Kemitraan strategis antara Amerika Serikat dan Indonesia memajukan prinsip demokrasi yang sama-sama kita anut dan keamanan serta kemakmuran rakyat kita," tambahnya. "Kita bekerja sama untuk mengatasi tantangan global seperti perubahan iklim dan perlindungan lingkungan."

Presiden ke-46 AS itu juga menggarisbawahi dukungannya untuk keketuaan Indonesia di ASEAN. 

"Amerika Serikat juga memuji kepemimpinan Indonesia sebagai Ketua ASEAN dan mendukung tema ASEAN 2023, ASEAN Matters: Epicentrum of Growth," imbuh Biden. 

Biden juga mendorong kedua negara untuk menciptakan masa depan yang cerah dan tangguh di kawasan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.

3 dari 3 halaman

Pesan Lengkap Joe Biden

Berikut adalah pesan lengkap yang disampaikan Joe Biden kepada Jokowi dalam rangka ucapan selamat HUT ke-78 RI:

 

Bapak Presiden Yang Terhormat,

Atas nama rakyat Amerika Serikat, saya menyampaikan ucapan selamat dengan tulus kepada Anda dan rakyat Indonesia dalam rangka perayaan kemerdekaan yang ke-78. Kemitraan strategis antara Amerika Serikat dan Indonesia memajukan prinsip demokrasi yang sama-sama kita anut dan keamanan serta kemakmuran rakyat kita.

Bersama-sama, negara kita mendorong masa depan yang cerah dan tangguh di Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka. Kita bekerja sama untuk mengatasi tantangan global seperti perubahan iklim dan perlindungan lingkungan. Kita memperkuat hubungan antarmasyarakat yang mendasari kemitraan kita bersama.

Amerika Serikat juga memuji kepemimpinan Indonesia sebagai Ketua ASEAN dan mendukung tema ASEAN 2023, “ASEAN Matters: Epicentrum of Growth.” Saya berharap dapat semakin memperdalam dan memperluas kerja sama dan persahabatan kita di tahun mendatang. Selamat atas hari kemerdekaan Indonesia yang menggembirakan ini.

Salam,

Joseph R. Biden Jr.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.