Sukses

Korban Tewas Kebakaran Maui Hawaii Jadi 80 Orang, Gubernur Sebut Sekitar 1.000 Lain Hilang

Jumlah korban tewas akibat kebakaran hutan Maui meningkat menjadi 80 pada Jumat 11 Agustus 2023 waktu setempat.

Liputan6.com, Hawaii - Jumlah korban tewas akibat kebakaran hutan Maui meningkat menjadi 80 pada Jumat 11 Agustus 2023 waktu setempat.

Angka terbaru dilaporkan ketika tim pencari terus menyisir reruntuhan Lahaina yang membara, demikian seperti dikutip dari Radio New Zealand, Sabtu (12/8/2023).

Para pejabat Hawaii berusaha untuk menentukan bagaimana api menyebar begitu cepat melalui kota resor bersejarah dengan sedikit peringatan.

Kebakaran itu menjadi bencana alam paling mematikan dalam sejarah negara bagian itu, melampaui tsunami yang menewaskan 61 orang di Big Island of Hawaii pada tahun 1960, setahun setelah Hawaii bergabung dengan Amerika Serikat.

Para pejabat telah memperingatkan bahwa tim pencari dengan anjing pelacak masih bisa menemukan lebih banyak korban tewas akibat api yang membakar 1000 bangunan dan menyebabkan ribuan orang kehilangan tempat tinggal.

Kerusakan parah itu diperkirakan membutuhkan bertahun-tahun dan miliaran dolar untuk membangun kembali.

Dalam sebuah pernyataan larut malam, Kabupaten Maui mengatakan bahwa jumlah korban tewas telah meningkat menjadi 80 orang.

Api Lahaina yang menyebar dari semak-semak ke kota masih menyala tetapi 85 persen terkendali, kata pejabat Maui sebelumnya. Dua kebakaran hutan lainnya di pulau itu 80 persen dan 50 persen terkendali.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gubernur Hawaii Sebut Sekitar Seribu Orang Hilang

Sekitar 1.000 orang masih hilang dalam kebakaran hutan yang melanda pulau Maui di Hawaii.

Gubernur Hawaii Josh Green mengungkapkan pada Kamis malam bahwa ratusan masih belum ditemukan, karena dia memperingatkan bahwa Negara Bagian Aloha sedang menuju bencana paling mematikan dalam sejarah negara bagian.

Mereka yang belum ditemukan tidak dianggap tewas, katanya, tetapi dibiarkan tanpa komunikasi sehingga keselamatan mereka tidak jelas.

“Inilah tantangannya: tidak ada listrik, tidak ada internet, tidak ada telepon, tidak ada radio. Anda menambah beberapa dari itu. Jadi ketika kami berbicara dengan petugas kami, kami membutuhkan mereka untuk mendapatkan telepon satelit, ”katanya.

“Ada sekitar 1.000 yang hilang. Itu tidak berarti bahwa banyak yang telah lulus - saya tidak mengatakan itu sama sekali - tetapi karena kami tidak dapat menghubungi mereka, kami tidak dapat mengetahuinya.”

Gubernur mengakui bahwa “kami tidak tahu” jumlah korban tewas yang sebenarnya.

 

3 dari 3 halaman

Sistem Peringatan Dini Bencana Jadi Sorotan

Tiga hari setelah bencana, masih belum jelas apakah beberapa warga telah menerima peringatan sebelum api melalap rumah mereka.

Pulau ini memiliki sirene darurat yang dimaksudkan untuk memperingatkan bencana alam dan ancaman lainnya, tetapi tampaknya tidak terdengar selama kebakaran.

"Saya mengizinkan tinjauan komprehensif pagi ini untuk memastikan bahwa kita tahu persis apa yang terjadi dan kapan," kata Gubernur Hawaii Josh Green kepada CNN, mengacu pada sirene peringatan.

Para pejabat belum menawarkan gambaran rinci tentang pemberitahuan apa yang dikirim, dan apakah itu dilakukan melalui pesan teks, email atau panggilan telepon.

Green menggambarkan beberapa tantangan simultan, mulai dari telekomunikasi yang terkendala dan petugas pemadam kebakaran yang sibuk menangani kebakaran hutan besar lainnya ketika ancaman terbesar bagi Lahaina muncul.

Bagaimanapun, dia berkata, "Kami akan melakukan semua yang kami bisa untuk mencari tahu bagaimana melindungi orang-orang kami lebih maju."

Kepala Pemadam Kebakaran Maui County Bradford Ventura mengatakan pada konferensi pers pada hari Kamis bahwa kecepatan api membuatnya "hampir tidak mungkin" bagi responden garis depan untuk berkomunikasi dengan pejabat manajemen darurat yang biasanya akan memberikan perintah evakuasi real-time.

"Mereka pada dasarnya mengevakuasi diri sendiri dengan sedikit pemberitahuan," katanya, merujuk pada penduduk di lingkungan tempat kebakaran awalnya terjadi.

Walikota County Richard Bissen mengatakan kepada acara Today NBC pada hari Jumat bahwa dia tidak tahu apakah sirene berbunyi tetapi mengatakan api bergerak sangat cepat.

"Saya pikir ini adalah situasi yang mustahil," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini