Sukses

Profil Pahala Mansury yang Dilantik Jokowi Jadi Wakil Menteri Luar Negeri RI, Sebelumnya Wamen BUMN

Sebelum dilantik Jokowi menjadi Wamenlu, Pahala Mansury merupakan Wamen BUMN sejak 23 Desember 2020. Dia menggantikan Budi Gunadi Sadikin yang ditunjuk menjadi menteri kesehatan RI.

Liputan6.com, Jakarta - Pahala Mansury (52), yang memiliki nama lengkap Pahala Nugraha Mansury, dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Senin (17/7/2023), menjadi wakil menteri luar negeri RI (Wamenlu). Sebelumnya, dia menjabat sebagai wakil menteri Badan Usaha Milik Negara (Wamen BUMN) I sejak 23 Desember 2020, menggantikan Budi Gunadi Sadikin yang ditunjuk menjadi menteri kesehatan RI.

Lahir di Bogor pada 8 April 1971, Pahala Mansury mengenyam pendidikan S1 di Universitas Indonesia jurusan Akuntansi dan melanjutkan studi S2 Administrasi Bisnis di NYU Stern School of Business. Sosoknya dikenal sebagai ekonom dan bankir, yang pernah menduduki sejumlah posisi strategis.

Berikut perjalanan karier Pahala Mansury sebelum menjadi Wamenlu.

Awal Karier

Pahala Mansury memulai karier sebagai change management consultant di Andersen Consulting Jakarta hingga 1997. Bersamaan dengan pendidikan S2-nya di New York, dia sempat bekerja di sebuah perusahaan pengelolaan investasi.

Tahun 1999, Pahala Mansury bergabung dengan Booz Allen Hamilton sebagai konsultan senior dan pada tahun yang sama pula dia memimpin sejumlah proyek perbankan di Asia Tenggara yang dilakukan oleh Boston Consulting Group.

Bank Mandiri menjadi pelabuhannya sejak 2003, di mana dia berganti-ganti posisi, yaitu sebagai group head corporate development lalu pindah ke divisi change management office, divisi accounting, dan divisi economic research, hingga pada 2015-2017 dia menjabat sebagai direktur treasury & market.

Kegiatan Wirausaha Muda Mandiri (WMM) yang diadakan Bank Mandiri merupakan buah pemikiran Pahala Mansury.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dirut Garuda hingga Wamen BUMN

Tahun 2017, Pahala Mansury dipilih menjadi direktur utama (Dirut) Garuda Indonesia melalui Rapat Pemegang Saham (RUPS). Namun, jabatan tersebut tidak lama dijalaninya. Pada 11 September 2018, dia dicopot dari jabatan Dirut Garuda Indonesia dan digantikan oleh Ari Askhara.

Pahala Mansury kemudian digeser ke posisi direktur keuangan Pertamina, jabatan yang didudukinya pada 2018-2019. Setelahnya, dia diangkat oleh Menteri BUMN Erick Thohir sebagai Dirut Bank Tabungan Negara (BTN) pada tahun 2019-2020.

Dan Desember 2020, dia ditunjuk menjadi Wamen BUMN, di mana dia menjabat sebagai Kartika Wirjoatmodjo yang menjadi Wamen BUMN II.

Penghargaan yang pernah diraih Pahala Mansury antara lain sebagai ASEAN'S Best CFO tahun 2021, Indonesia's Best CFO tahun 2013, dan menjadi runner up Finance Asia Indonesia CFO of the year pada 2007 dan 2009.

Posisi Wamenlu sendiri kosong sejak ditinggal Mahendra Siregar pada Juli 2022 untuk menjadi ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini