Sukses

Menlu Retno Resmikan Kedutaan Besar Tanzania di Jaksel

Tanzania membuka kedutaan besar baru di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno Marsudi meresmikan Kedutaan Besar Tanzania yang baru di Jakarta pada Kamis siang (22/6/2023). Menlu Retno melakukan peresmian bersama Menlu Republik Tanzania Stergomena Tax. 

Kantor baru Kedubes Tanzania itu berlokasi di Jalan Iskandarsyah II, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Lokasinya hanya sekitar 1 kilometer dari Sekretariat ASEAN.

Menlu Retno sedikit terlambat ke acara karena terjebak macet. Ia disambut di depan kantor Kedubes Tanzania oleh Menlu Tax dan Dubes Tanzania di RI Macocha Tembele. 

Acara dibuka dengan sambutan oleh Dubes Tanzania yang kemudian diikuti oleh sambutan singkat kedua menlu. 

<p>Menteri Luar Negeri Tanzania Stergomena Tax menyambut Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi di Kedubes baru Tanzania, Kamis siang (22/6/2023). Menlu Retno mengaku terjebak macet. Dok: Tommy Kurnia/Liputan6.com</p>

Pada sambutannya Menlu Tax mengingatkan bahwa sebenarnya Tanzani sudah lama ingin membuka kedubes di Indonesia, namun baru terwujud sekarang. 

Ia juga menggarisbawahi bahwa hubungan RI-Tanzania sudah berlangsung sejak Konferensi Asia-Afrika di Bandung. 

"Determinasi kami untuk memperkuat hubungan bilateral dan kerja sama dengan Indonesia memotivasi keputusan kita untuk mendirikan Kedutaan Besar Tanzania di Jakarta. Hubungan kita berakar dalam di sejarah kita dan bisa dilacak hingga ke Konferensi Bandung yang berlangsung pada April 1955," ujar Menlu Tax di Kedubes Tanzania, Jakarta.

Menlu Retno pun membenarkan hubungan kuat Tanzania dan Indonesia telah ada sejak 1955. 

"Kita memiliki sejarah panjang persahabatan dan berbagi solidaritas sebagai anggota yang kokoh dari Global South. Hubungan tersebut sejak awal, sejak 1955 yang kau sebutkan my sister, hubungan yang kita dirikan bersama di bawah Spirit of Bandung. Bandung Spirit," jelas Menlu Retno Marsudi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Para Diplomat Afrika Juga Hadir

Usai memberikan pembukaan, kedua menteri lantas melakukan peresmian dengan membuka penutup plat tulisan Kedubes Tanzania, serta bersulang.

Turut hadir di acara adalah para diplomat-diplomat Afrika, salah satunya adalah Duta Besar Kenya Galma Mukhe Boru.

Anggota DPR RI Fadli Zon juga hadir di acara. Fadli Zon adalah Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) periode 2019-2024. Para diplomat-diplomat negara sahabat, serta Fadli Zon, turut diajak masuk ke kantor kedubes.

Sebagai informasi, Tanzania merupakan negara yang berlokasi di Afrika Timur. Negara itu berbatasan dengan Kenya, Mozambik, Zambia, Malawi, Uganda, Rwanda, dan Burundi. 

Tanzania memiliki ibu kota Dodoma yang berada di bagian tengah negara, namun pusat keuangan berada di Dar es Salaam yang lokasinya di pesisir timur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.