Sukses

Badan Antariksa Eropa Perdana Live Streaming Gambar dari Planet Mars, Hari Ini Pukul 23.00 WIB

Liputan6.com, Darmstadt - Selama ini para ahli di European Space Agency (ESA) atau Badan Antariksa Eropa bisa melihat planet Mars, namun tidak secara live. Sekarang, ada kemajuan yang memungkinkan kita melihat planet tersebut sebagaimana adanya saat itu juga.

Media CNN melaporkan, Jumat (2/6/2023), bahwa Badan Antariksa Eropa akan menayangkan debut live streaming atau siaran langsung dari Planet Mars. Sebuah pertunjukan yang akan mengungkap planet merah dengan pandangan yang baru.

Pada hari Jumat ini, European Space Agency akan menayangkan live streaming di YouTube selama satu jam untuk menampilkan gambaran live pertama langsung dari Planet Mars.

Acara ini dalam rangka merayakan 20th anniversary peluncuran Mars Express milik badan tersebut — sebuah misi untuk mengambil gambar tiga dimensi dari permukaan planet untuk bisa melihatnya secara lebih lengkap.

Jika tertarik, Anda dapat menonton siaran perdana ini di akun YouTube ESA selama satu jam mulai pukul 6 malam Waktu Eropa Tengah, atau pukul 23.00 WIB.

Meskipun tidak akan benar-benar live seperti sebuah video, tayangan streaming ini akan menampilkan gambar baru setiap 50 detik pada jam itu, kata agensi tersebut.

Pembaruan juga akan tersedia di akun Twitter ESA dan tagar #MarsLIVE.

"Biasanya, kami melihat gambar dari Planet Mars dan mengetahui bahwa itu diambil beberapa hari sebelumnya," kata James Godfrey, manajer operasi pesawat ruang angkasa di pusat kendali misi ESA di Darmstadt, Jerman, dalam sebuah pernyataan.

"Saya sangat senang bisa melihat Mars sebagaimana adanya sekarang - ini merupakan kemajuan terdekat kita untuk merasakan seperti seorang penduduk planet Mars!" tambahnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini

2 dari 4 halaman

Waktu Pengiriman Gambar

Pihak ESA mengatakan bahwa sebelumnya mereka sudah pernah melihat penampakan Planet Mars, tetapi tidak secara live atau langsung.

Biasanya data dan hasil pengamatan Mars diambil ketika pesawat ruang angkasa sedang tidak ada kontak dengan Bumi, sehingga gambar disimpan sampai dapat dikirim, kata ESA.

ESA juga mengatakan pengiriman gambar tergantung pada posisi Mars dan Bumi dalam orbitnya mengelilingi matahari. Pesan yang dikirimkan melalui ruang angkasa dapat memakan waktu antara 3 hingga 22 menit.

Untuk memulai acara siaran langsungnya, ESA memperkirakan akan memakan waktu sekitar 17 menit untuk cahaya yang diperlukan dalam membentuk gambar, untuk melakukan perjalanan langsung dari Mars ke Bumi, dan kemudian satu menit lagi untuk melewati kabel dan server di darat.

"Perlu dicatat, kami belum pernah mencoba hal seperti ini sebelumnya, jadi waktu tempuh yang tepat untuk sinyal di darat masih tentatif," kata agensi itu dalam sebuah pernyataan.

3 dari 4 halaman

Ciri-Ciri Planet Mars

Ciri-ciri Planet Mars menarik untuk diketahui. Planet keempat dalam tata surya ini telah lama menjadi bahan diskusi para penjelajah luar angkasa. Ciri-ciri planet Mars menunjukkan karakteristik khusus.

Mars dinamai sesuai dengan dewa perang Romawi kuno. Orang Yunani menyebut planet ini planet Ares. Bangsa Romawi dan Yunani menghubungkan planet ini dengan perang karena warnanya menyerupai warna darah. Ciri-ciri planet Mars yang paling mudah dikenali adalah warnanya yang merah.

Planet yang juga disebut planet merah ini diyakini dapat ditinggali manusia suatu saat nanti. Daratan Mars dan Bumi sangat mirip. Planet yang dinamis ini memiliki musim, lapisan es kutub dan cuaca serta ngarai dan gunung berapi.

4 dari 4 halaman

Ukuran Planet Mars

Ukuran Mars lebih kecil dari bumi. Diameternya di khatulistiwa adalah 6.794 kilometer, sedangkan Bumi adalah 12.756 kilometer. Diameter Mars dari kutub ke kutub, jaraknya adalah 6.752 km, dibandingkan dengan Bumi 12.720 km. Jika Matahari setinggi pintu rumah, Bumi akan seukuran uang koin, dan Mars akan sebesar tablet aspirin.

Mars adalah planet yang menyerupai Bumi dalam banyak hal, tetapi ukuran dan tarikan gravitasinya berbeda-beda. Dari pengamatan pesawat ruang angkasa dan teleskop para ilmuan mengetahui bahwa massa Mars dan gravitasinya kurang masif dari Bumi. Massanya adalah 11% dari massa Bumi dan gravitasinya sekitar 62 persen lebih rendah dari tarikan gravitasi Bumi.

Untuk membaca kelanjutan dari ciri-ciri planet Mars, klik di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini