Sukses

Ciri-Ciri Planet Mars dalam Tata Surya, Permukaan dan Suhunya

Ciri-ciri planet Mars menunjukkan karakteristik khususnya

Liputan6.com, Jakarta Ciri-ciri planet Mars menarik untuk diketahui. Planet keempat dalam tata surya ini telah lama menjadi bahan diskusi para penjelajah luar angkasa. Ciri-ciri planet Mars menunjukkan karakteristik khusus. 

Mars dinamai sesuai dengan dewa perang Romawi kuno. Orang Yunani menyebut planet ini planet Ares. Bangsa Romawi dan Yunani menghubungkan planet ini dengan perang karena warnanya menyerupai warna darah. Ciri-ciri planet Mars yang paling mudah dikenali adalah warnanya yang merah.

Planet yang juga disebut planet merah ini diyakini dapat ditinggali manusia suatu saat nanti. Daratan Mars dan Bumi sangat mirip. Planet yang dinamis ini memiliki musim, lapisan es kutub dan cuaca serta ngarai dan gunung berapi. Karakteristik ini bisa dilihat dari ciri-ciri planet Mars.

Berikut ciri-ciri planet Mars yang berhasil Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu(6/11/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Ukuran Planet Mars

Ukuran mars lebih kecil dari bumi. Diameternya di khatulistiwa adalah 6.794 kilometer, sedangkan Bumi adalah 12.756 kilometer. Diameter Mars dari kutub ke kutub, jaraknya adalah 6.752 km, dibandingkan dengan Bumi 12.720 km. Jika Matahari setinggi pintu rumah, Bumi akan seukuran uang koin, dan Mars akan sebesar tablet aspirin.

Mars adalah planet yang menyerupai Bumi dalam banyak hal, tetapi ukuran dan tarikan gravitasinya berbeda-beda. Dari pengamatan pesawat ruang angkasa dan teleskop para ilmuan mengetahui bahwa massa Mars dan gravitasinya kurang masif dari Bumi. Massanya adalah 11% dari massa Bumi dan gravitasinya sekitar 62 persen lebih rendah dari tarikan gravitasi Bumi.

3 dari 8 halaman

Rotasi dan orbit Planet Mars

Ciri-ciri planet Mars adalah rotasi dan orbitnya. Panjang hari di Mars sedikit lebih panjang dari hari Bumi. Planet Merah ini membutuhkan 24 jam dan 40 menit untuk berputar sekali pada porosnya. Sebagai perbandingan, Bumi membutuhkan 23 jam dan 56 menit.

Tahun di Mars juga lebih panjang dari Bumi. Itu karena dibutuhkan 687 hari untuk melakukan satu perjalanan mengelilingi Matahari, berbeda dengan Bumi yang membutuhkan 365,25 hari. Tahun yang lebih panjang adalah karena jarak Mars dari Matahari, dan planet ini memiliki orbit paling eksentrik kedua dari semua benda di tata surya.

Pada jarak terjauhnya (di aphelion), Mars terletak 249,23 juta kilometer dari Matahari. Di perihelion (pendekatan terdekatnya), Mars terletak hanya 206,62 juta km jauhnya. Rata-rata, Mars berjarak sekitar 227,9 juta km dari Matahari.

4 dari 8 halaman

Suhu dan atmosfer

Mars memiliki atmosfer yang sangat tipis terutama terdiri dari karbon dioksida (95%) dengan beberapa nitrogen, argon, oksigen, dan gas lainnya. Tekanan atmosfernya sekitar seratus kali lebih kecil dari Bumi.

Mars memiliki kisaran suhu siang-malam ekstrem yang dihasilkan dari atmosfernya yang tipis. Suhu di Mars tidak pernah melebihi 20 ° C. Mars tidak dapat mempertahankan energi panas apa pun. Rata-rata, suhu di Mars sekitar minus minus 60 derajat Celsius.

Di musim dingin, di dekat kutub suhu bisa turun hingga minus 125 derajat C. Musim panas di Mars mungkin bisa mencapai 20 derajat C di dekat khatulistiwa, tetapi pada malam hari suhu dapat turun hingga minus 73 C.

5 dari 8 halaman

Permukaan

Mars dikenal sebagai planet berbatu, "terestrial", yang membuatnya sangat mirip dengan Bumi. Mars menunjukkan permukaan yang kering, berdebu, dan berbatu. Bagian selatan planet ini jauh lebih kasar, dengan lebih banyak kawah dan dataran tinggi.

Setengah bagian utara Mars memiliki cekungan yang lebih halus dan tampak seperti danau yang kering dan dasar sungai yang berliku-liku. Perbedaan karakteristik permukaan ini disebut dikotomi Mars.

Kawah tumbukan merupakan bagian dari dikotomi, dan para ilmuwan planet menduga bahwa lautan dan danau yang sudah lama lenyap menjelaskan kehalusan beberapa daerah.

Sementara sementara gerakan gletser yang lama meleleh mungkin telah mengukir medan yang menarik di tempat lain. Ada es di kedua kutub yang tumbuh dan menyusut seiring perubahan musim.

6 dari 8 halaman

Satelit

Sama seperti bumi yang memiliki bulan, Mars juga memiliki dua satelit yang mengelilinginya. Satelit ini bernama Phobos dan Deimos. Baik Phobos dan Deimos tampaknya terbuat dari batuan kaya karbon yang dicampur dengan es dan ditutupi debu dan batuan lepas.

Kedua satelit ini lebih kecil dari bulan dan berbentuk tidak teratur. Masih belum pasti bagaimana Phobos dan Deimos dilahirkan. Karena mereka memiliki komposisi yang mirip dengan asteroid yang ditemukan di tempat lain di Tata Surya, menurut NASA, sebagian besar ilmuwan percaya bahwa gravitasi Planet Merah menyambar bulan-bulan yang lalu dan memaksa mereka ke orbit.

7 dari 8 halaman

Musim di Mars

Seperti Bumi, Mars memiliki empat musim karena planet ini miring pada porosnya. Musim bervariasi panjangnya karena orbit eksentrik Mars mengelilingi matahari. Di belahan bumi utara, musim semi adalah musim terpanjang dalam tujuh bulan. Musim panas dan gugur keduanya sekitar enam bulan. Musim dingin hanya empat bulan.

Selama musim panas Mars, tutup es di kutub, yang sebagian besar terdiri dari es karbon dioksida, menyusut dan mungkin hilang sama sekali. Ketika musim dingin tiba, tutup es tumbuh kembali.

8 dari 8 halaman

Warna Merah pada Mars

Ciri-ciri planet Mars yang mudah dikenali adalah warna merahnya. Mars memiliki warna merah kecoklatan. Warna karat terang Mars dikenal karena mineral yang kaya zat besi di regolith-nya. Regolith adalah debu longgar dan batu menutupi permukaan. Menurut NASA, mineral besi teroksidasi, atau berkarat, menyebabkan tanah tampak merah.

Mineral ini menciptakan bubuk karat yang mengapung di atmosfer Mars dan menutupi sebagian besar lanskap yang membuatnya tampak merah dari bumi. Semburat berdarah planet ini terlihat bahkan dari jutaan mil jauhnya membuatnya terikat dengan nama dewa perang Romawi- Ares.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini