Sukses

Narendra Modi Temui Joe Biden 22 Juni 2023, Isu Indo-Pasifik hingga Konsolidasi Quad Akan Dibahas

Gedung Putih mengumumkan akan ada kunjungan kenegaraan dari Perdana Menteri India Narendra Modi ke Washington D.C bulan depan.

Liputan6.com, Washington D.C - Gedung Putih mengumumkan akan ada kunjungan kenegaraan dari Perdana Menteri India Narendra Modi ke Washington D.C bulan depan.

Persiapan kunjungan tersebut telah dilakukan selama berbulan-bulan, dimana pejabat India sudah mengerjakan beberapa urusan logistik untuk kunjungan kenegaraan pertama Modi selama pemerintahan Joe Biden.

"Presiden Joe Biden dan Ibu Negara Jill Biden akan menjamu Perdana Menteri Narendra Modi dari India untuk Kunjungan Kenegaraan Resmi ke Amerika Serikat, yang akan mencakup makan malam kenegaraan, pada 22 Juni 2023," tulis pengumuman itu, dikutip dari laman The Hindu, Senin (15/5/2023).

Pihak Gedung Putih juga menambahkan bahwa kunjungan tersebut menegaskan kemitraan yang kuat antara kedua negara.

Pemerintah AS mengkonfirmasi kunjungan tersebut, dengan mengatakan bahwa hal ini akan menggarisbawahi "semakin pentingnya" hubungan bilateral AS dan India.

"Para pemimpin akan memiliki kesempatan untuk meninjau kerja sama bilateral yang kuat di berbagai bidang yang menjadi kepentingan bersama, termasuk teknologi, perdagangan, industri, pendidikan, penelitian, energi bersih, pertahanan, keamanan, perawatan kesehatan, dan memperdalam hubungan orang-ke-orang."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perkuat Komitmen di Indo-Pasifik hingga Konsolidasi Quad

Sementara itu, Kementerian Luar Negeri India (MEA) mengatakan hal serupa dalam sebuah pernyataan, bahwa kunjungan ini akan terus memperkuat komitmen kedua negara dalam sejumlah hal.

"Kunjungan ini akan memperkuat komitmen bersama kedua negara untuk Indo-Pasifik yang bebas, terbuka, makmur, aman serta tekad bersama untuk meningkatkan kemitraan teknologi yang strategis, termasuk dalam pertahanan, energi bersih, dan ruang angkasa."

Modi dan Biden juga direncanakan akan membahas visi bersama mereka untuk Indo-Pasifik yang bebas, terbuka, dan inklusif serta mendiskusikan peluang untuk memperluas dan mengkonsolidasikan keterlibatan Quad, kata MEA.

 

3 dari 3 halaman

Presidensi India di G20 Tahun 2023

MEA menyebut, kunjungan tersebut akan memungkinkan Modi dan Biden untuk mengeksplorasi cara-cara India dan AS dapat memperkuat kerja sama mereka di G20 (di mana India saat ini memegang jabatan presidensi) dan forum multilateral dan plurilateral lainnya.

Modi dan Biden juga diharapkan membahas perluasan dalam urusan pendidikan, perubahan iklim, pengembangan tenaga kerja dan keamanan kesehatan.

“Kunjungan bersejarah ini menawarkan peluang berharga bagi India dan AS untuk lebih memperdalam kemitraan strategis global yang komprehensif dan berwawasan ke depan,” kata MEA.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.