Sukses

Mantan Panglima TNI Andika Perkasa Raih Penghargaan Militer Tertinggi dari Singapura

Presiden Halimah Yacob yang menyerahkan penghargaan militer tersebut kepada Andika Perkasa pada Rabu 10 Mei 2023.

Liputan6.com, Singapura City - Mantan Panglima TNI Jenderal Purnawirawan Andika Perkasa dianugerahi penghargaan militer tertinggi Distinguished Service Order (Military). Hal itu diketahui dari unggahan akun Instagram Kementerian Pertahanan di akun @mindefsg. 

Presiden Halimah Yacob yang menyerahkan penghargaan tersebut kepada Andika Perkasa pada Rabu 10 Mei 2023.

"... Andika Perkasa menerima penghargaan atas kontribusinya dalam meningkatkan kerja sama pertahanan antara Singapura dan Indonesia," tulis akun @mindefsg pada Rabu 10 Mei 2023.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Ministry of Defence, Singapore (@mindefsg)

Sementara itu, pantauan Liputan6.com di akun Instagram @jenderaltniandikaperkasa, tak ada unggahan serupa soal penghargaan tersebut.

Dalam video singkat yang diunggah akun @mindefsg terlihat Andika Perkasa didampingi sang istri, Diah Erwiany Trisnamurti Hendrati Hendropriyono saat menerima penghargaan dari Presiden Singapura Halimah Yacob.

 

<p>Panglima TNI, Jenderal TNI Andika Perkasa menerima penghargaan Darjah Paduka Keberanian Laila Terbilang Yang Amat Gemilang Darjah​ Pertama dari Sultan Brunei. (KBRI Bandar Seri Begawan)</p>

Sebelumnya, Andika Perkasa juga pernah menerima penghargaan dari Sultan Brunei. Menurut informasi dari KBRI Bandar Seri Begawan seperti dikutip dari situs Kemlu RI, Selasa 19 Juli 2022, penghargaan Darjah Paduka Keberanian Laila Terbilang Yang Amat Gemilang Darjah​ Pertama merupakan penghargaan tertinggi Kesultanan Brunei yang diberikan kepada para pemimpin Angkatan Bersenjata.

Penganugerhaan Bintang Kebesaran Negara Brunei diberikan langsung oleh Sultan Haji Hassanal Bolkiah dalam rangka Hari Ulang Tahun (Keputeraan) ke-76 Sultan dan Yang Di-Pertuan Brunei Darusslam, dalam suatu upacara pada tanggal 15 Juli 2022, bertempat di Istana Nurul Iman, Bandar Seri Begawan. Hadir dalam penganugerahan adalah Duta Besar RI untuk Brunei Darussalam, Dr. Sujatmiko, Asintel Panglima TNI, Mayor Jenderal Andjar Wiratma.

Sultan Haji Hassanal Bolkiah selain menjabat sebagai Sultan dan Yang Di-Pertuan Negara Brunei Darussalam, juga adalah Menteri Pertahanan dan Pemerintah Tertinggi Angkatan Bersenjata Diraja Brunei serta Menteri Luar Negeri dan Menteri Ekonomi dan Keuangan Brunei.

Menurut Duta Besar RI untuk Negara Brunei Darussalam, Dr. Sujatmiko, penganugerahan Bintang Kebesaran ini menunjukkan kuat dan eratnya hubungan RI dan Brunei Darussalam, utamanya di antara Angkatan Bersenjata Diraja Brunei (ABDB) dan Tentara Nasional Indonesia (TNI).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Raih Penghargaan dari Australia

Sebelumnya, Andika Perkasa juga pernah dianugerahi salah satu penghargaan tertinggi Australia.

Andika Perkasa, menerima penghargaan sebagai perwira kehormatan Order of Australia (Divisi Militer), sebagai pengakuan atas perannya dalam membangun kerja sama antara tentara Australia dan Indonesia.

Upacara penyerahan penghargaan tersebut diselenggarakan di Kedutaan Besar Australia di Jakarta, Selasa (6/12/2022).

Duta Besar Australia untuk Indonesia, Penny Williams mengatakan bahwa, penghargaan ini merupakan sebuah apresiasi atas pencapaian karir Jenderal Andika, terutama komitmennya dalam meningkatkan kerja sama antara kedua Angkatan Darat saat menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad).

"Upaya Jenderal (saat ini purnawirawan) Andika dalam memperkuat hubungan pertahanan antara Angkatan Darat Australia dan Indonesia telah meningkatkan kemampuan Australia dan Indonesia untuk bekerja sama dalam mendukung tujuan keamanan bersama kita," kata Dubes Williams seperti disampaikan dalam keterangan tertulisnya.

"Jenderal (saat ini purnawirawan) Andika telah menjalankan peran penting dalam membangun kepercayaan dan memperkuat hubungan profesional antara militer kita di semua tingkatan," tambah Dubes Williams.

3 dari 3 halaman

Medali Kehormatan dari Amerika Serikat

Andika Perkasa juga pernah menerima penganugerahan medali The Legion of Merit, degree of Commander dari pemerintah Amerika Serikat (AS) yang ditandatangani oleh Menteri Pertahanan AS, Mark Esper. 

Medali kehormatan tersebut disematkan secara langsung oleh KSAD AS Jenderal James C McConville pada upacara resmi penyambutan di Whipple Field, Arlington, Amerika Serikat pada 30 Januari 2020.

Dalam siaran pers yang diterima, medali itu diberikan sebagai bentuk penghargaan atas pengabdian yang luar biasa dan telah memperkuat hubungan Angkatan Darat Indonesia dan AS, sehingga memberikan kontribusi positif bagi stabilitas keamanan kawasan Indo-Pasifik.

Demikian pula atas inisiatif Andika Perkasa telah dimulai pertukaran latihan satuan pada November 2019 dan pengiriman satuan TNI AD yang lebih besar untuk berlatih di Joint Readiness Training Center (JRTC) Fort Polk, Louisiana, Amerika Serikat pada November 2020.

Pada akhirnya, upaya dan inisiatif yang dilakukan KSAD telah menjadikan hubungan kedua Angkatan Darat semakin erat, baik pada tingkat individu maupun satuan.

Untuk diketahui, medali The Legion of Merit dianugerahkan dalam empat tingkatan (degree): chief commander degree, commander degree, officer degree, dan Legionnaire degree.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.