Sukses

Dubai Dinobatkan Jadi Kota Paling Bersih di Dunia

Wakil presiden, perdana menteri, dan menteri pertahanan Uni Emirat Arab (UEA) Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum mengungkapkan perasaan bangga dalam unggahan di Twitter.

Liputan6.com, Dubai - Dubai dinobatkan menjadi kota paling bersih di dunia berdasarkan Global Power City Index. Indeks itu dikeluarkan oleh Mori Memorial Foundation di Jepang.

Wakil presiden, perdana menteri, dan menteri pertahanan Uni Emirat Arab (UEA) Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum mengungkapkan perasaan bangga dalam unggahan di Twitter. 

Dikutip Gulf News, Minggu (12/3/2023), ia menyatakan bahwa kebersihan bukan hanya soal higienitas, tetapi cerminan budaya dan keimanan.

Wakil Presiden UEA yang menjabat sejak 2006 itu, menekankan pentingnya menjaga keamanan, stabilitas, dan kemakmuran kota, karena faktor-faktor ini terkait erat dengan kebersihan kota dan kualitas hidup secara keseluruhan.

“Dubai adalah kota terbersih di dunia menurut Global Power City Index yang dikeluarkan oleh Mori Memorial Foundation di Jepang selama 3 tahun terakhir. Kebersihan adalah landasan peradaban dan budaya, dan itu berasal dari iman. Bangga karena Dubai bukan hanya terbersih, tapi juga kota teraman dan terindah di dunia. Mari kita bekerja sama untuk menjaganya tetap aman, stabil, dan sejahtera," tulisnya di Twitter.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Faktor Penilaian

Mengingat persaingan global antar kota, Global Power City Index (GPCI) mengevaluasi dan memeringkat kota-kota besar di dunia menurut “daya tarik” atau kekuatan komprehensif mereka untuk menarik turis asing, modal, dan perusahaan dari seluruh dunia.

Penilaian tersebut dilakukan melalui pengukuran enam fungsi: ekonomi, penelitian dan pengembangan, interaksi budaya, kelayakhunian, lingkungan, dan aksesibilitas.

GPCI mampu memahami kekuatan, kelemahan, dan tantangan kota-kota global di dunia yang terus berubah tidak hanya melalui peringkat, tetapi juga melalui analisis komponen spesifik pemberian peringkat tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.