Sukses

Eksperimen Sains Ini Tunjukkan Tempat Paling Kotor di Dapur, Jangan Kaget!

Dapur juga merupakan salah satu ruangan yang paling kotor di rumah Anda. Menurut penelitian baru, satu-satunya lokasi yang paling banyak ditemukan kuman di dapur adalah sesuatu yang tidak terduga.

Liputan6.com, Jakarta - Selain kamar mandi, ternyata dapur juga merupakan salah satu tempat terkotor di rumah Anda. Maka dari itu, bijak untuk tetap menjaga kebersihan saat sedang memasak.

Sebagai contoh, lap dapur bisa menjadi lebih menjijikan dari kaos kaki bekas pakai. Namun menurut penelitian baru, satu-satunya lokasi yang paling banyak ditemukan kuman di dapur adalah sesuatu yang tidak terduga: toples bumbu.

Dilansir Mental Floss, Sabtu (24/2/2023), sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Food Protection dan ditugaskan oleh Departemen Pertanian AS meneliti resiko terbesar kontaminasi silang di dapur selama persiapan makan. Dalam percobaan yang melibatkan 371 peserta, penulis penelitian menggunakan organisme yang tidak berbahaya, bakteriofag MS2, dan memasukkannya ke dalam roti kalkun mentah. Mereka mengarahkan subjek untuk menyiapkan burger kalkun menggunakan roti dan beberapa selada yang sudah dikemas sebelumnya, lalu menunggu hasil kontaminasi terungkap.

"Penelitian kami menunjukkan bahwa wadah bumbu apa pun yang Anda sentuh saat menyiapkan daging mentah mungkin akan terkontaminasi silang. Anda sepertinya harus memperhatikan itu saat menyiapkan makanan atau sesudahnya," ujar Donald Schaffner, pemimpin studi tersebut yang merupakan seorang penulis dan profesor di departemen ilmu pangan di Rutgers School of Environmental and Biological Sciences. Dia mengatakan,

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hasil dari Penelitian

Subjek yang menangani roti kalkun dan kemudian memegang alat-alat dapur lainnya menghasilkan tingkat positif bakteri 20 persen atau bisa dibilang itu tingkat lebih rendah untuk kontaminasi silang. Ini menunjukkan bahwa bakteri MS2 ditemukan pada 20 persen atau kurang, dari permukaan seperti peralatan dan meja.

Namun untuk wadah dan toples bumbu, kepositifannya melonjak hingga 48 persen, dengan konsentrasi bakteri MS2 tertinggi ditemukan. 

Hal ini dapat menyimpulkan bahwa rak bumbu itu kotor. ​​Justru talenan dan tutup tempat sampah masing-masing berada di urutan kedua dan ketiga.

"Selain permukaan yang sudah terduga banyak kuman, seperti talenan, tutup tempat sampah, dan gagang lemari es, ada hal lain yang perlu Anda perhatikan saat mencoba membersihkan dapur Anda," kata Donald Schaffner.

Mencuci tangan Anda, seperti yang tampaknya diabaikan oleh para peserta ini, penting dilakukan setelah memegang daging mentah, unggas, dan makanan yang mengandung bakteri lainnya. Permukaan apa pun yang disentuh daging atau tangan Anda yang terkontaminasi harus didesinfeksi.

Maka dari itu, FDA menyarankan empat langkah strategi penanganan makanan: bersihkan tangan dan permukaan, memisahkan makanan mentah dengan makanan lain, masak dengan suhu yang sesuai, dan memasukkan makanan ke kulkas setelah sudah lewat 2 jam dari waktu usai masak.

Dan yang paling penting, cuci tangan Anda sebelum memegang toples bumbu.

3 dari 4 halaman

Tips Ini Bikin Dapur Jauh Dari Kotor

Sebagai salah satu tempat yang rentan terhadap kuman dan bakteri, dapur harus selalu dibersihkan. Ada beberapa tips sederhana untuk membuat dapur selalu tetap tampak bersih. Yuk, simak!

1. Buang semua sisa kemasan

Buang semua sisa makanan, kemasan, dan bahan-bahan yang sudah kedaluwarsa atau tidak terpakai lagi. Ini akan membantu mengurangi penumpukan barang di dapur dan memudahkan proses pembersihan.

2. Bersihkan permukaan dapur 

Gunakan kain basah atau spons dan pembersih dapur. Hindari menggunakan kain atau spons yang kasar yang dapat merusak permukaan dapur. Setelah membersihkan, keringkan permukaan dapur dengan kain bersih.

3. Bersihkan peralatan masak dan piring 

Segera bersihkan peralatan masak dan makan, letakkan di rak piring yang bersih. Jangan biarkan peralatan masak dan piring menumpuk di sink atau meja.

Selengkapnya ada di sini...

4 dari 4 halaman

Ide Desain Dapur Sederhana

Berhubungan dengan dapur dan kebersihannya, ruangan ini memang salah satu ruangan yang paling sering dikunjungi oleh seluruh anggota keluarga. Masak, istirahat, makan, minum, beberapa aktivitas itu sering dilakukan di dapur. 

Berikut terdapat beberapa ide desain dapur sederhana yang bisa dicoba di rumah.

Desain sederhana ruangan dapur biasanya dapat menggunakan berbagai cara. Seperti dalam penggunaan material atau desain lemari kabinet. Semua pilihan ada di tangan Anda sebagai pemilik rumah.

1. Perabotan Dapur Sederhana dengan Sentuhan Italia

Salah satu hal yang dapat Anda lakukan untuk membuat dapur sederhana terlihat lebih menarik adalah, ganti furnitur lama dengan furnitur baru yang sederhana.

Anda bisa menempatkan lemari kayu dengan pintu kaca. Ini adalah desain furnitur dapur sederhana dengan sentuhan modern. Sebagian besar furniture ini digunakan untuk rak dinding untuk untuk menyimpan peralatan makan dan benda lainnya.

2. Tata Letak Terbuka

Dengan tata letak desain dapur sederhana berbentuk L yang mudah, membuat dapur tidak tampak sesak. Saat merencanakan tata letak dapur, cobalah untuk tetap sederhana dan terbuka dengan satu dinding.

Ide lainnya bisa ditemukkan disini...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.