Sukses

Bubur Ayam Tempati Peringkat ke-13 dalam Daftar Jajanan Pinggir Jalan Terbaik di Dunia

Guotie yang merupakan pangsit goreng asal China utara, menempati peringkat pertama.

Liputan6.com, Jakarta - Belum lama ini, pisang goreng masuk dalam jajaran makanan penutup terbaik di dunia versi Taste Atlas.

Kali ini, giliran sejumlah makanan tradisional Indonesia lainnya ikut masuk dalam "Daftar 50 Jajanan Pinggir Jalan Terbaik di Dunia" versi Taste Atlas.

Taste Atlas, yang berfokus pada makanan dan menampilkan ulasan serta rekomendasi dari pakar kuliner di seluruh dunia, mentwit pada Sabtu (18/2/2023), tentang daftar jajanan terbaik di dunia. Penentuan daftar ini berdasarkan pilihan pengguna situs tersebut.

Dari 50 jajanan pinggir jalan terbaik di dunia, ada lima jajanan khas Indonesia yang masuk daftar tersebut, yaitu:

Sementara itu, guotie berhasil menempati posisi teratas. Guotie merupakan pangsit goreng yang berasal dari China utara, yang biasanya diisi dengan daging cincang, kol, daun bawang, jahe, anggur beras, dan minyak wijen. 

Di urutan kedua adalah roti canai gurih dari Malaysia yang merupakan roti pipih dengan bagian dalam lembut yang biasanya digoreng dengan butter jenis ghee, untuk menghasilkan lapisan luar yang renyah. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Karaage dari Jepang Masuk 10 Besar

Sementara itu, dalam daftar 10 besar juga jajanan karaage dari Jepang yang menempati posisi keenam dan banh mi dari Vietnam yang menempati posisi ketujuh. 

Karaage atau ayam goreng Jepang adalah ayam yang dimarinasi dan dilapisi sedikit tepung sebelum digoreng, menghasilkan daging yang gurih di bagian dalam dan renyah di bagian luar.

Hidangan karaage biasanya dibumbui dengan bawang putih dan jahe dan disajikan dengan kecap asin di sampingnya.

Sedangkan banh mi adalah roti lapis yang terbuat dari baguette dan isian yang empuk dan lembut dengan rasa yang sedikit manis. Hidangan ini, awalnya diisi dengan daging dan bumbu tanpa tambahan sayuran. Namun belakangan ini, pilihan isiannya sudah semakin banyak.

Makanan favorit lain yang masuk dalam daftar 50 teratas termasuk Shengjian mantou (roti goreng) China dan hotteok dari Korea Selatan. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.