Sukses

Kapal Kargo Terbalik di Perairan Jepang-Korsel, 9 dari 22 Awak Tak Sadarkan Diri

Sebuah kapal kargo dilaporkan terbalik akibat cuaca buruk di lepas pantai Nagasaki Jepang, perairan antara Korea Selatan dan Jepang.

Liputan6.com, Nagasaki - Sebuah kapal kargo dilaporkan terbalik akibat cuaca buruk di lepas pantai Nagasaki Jepang, di perairan antara Korea Selatan dan Jepang.

Akibat peristiwa tersebut, Jepang dan Korea Selatan mencari sembilan awak kapal kargo yang terbalik dalam cuaca buruk.

Media Jepang dan Korea Selatan mengatakan 13 awak kapal diselamatkan pada Rabu (25/1/2023), setelah kapal "Jintian" berbobot 6.551 ton tenggelam di lepas pantai Nagasaki Jepang.

Mengutip Al Jazeera, lima awak dijemput oleh kapal terdekat, sementara delapan lainnya kemudian diselamatkan oleh penjaga pantai Jepang dan Korea Selatan. Pejabat Jepang mengatakan 14 awak di kapal yang terdaftar di Hong Kong itu adalah orang China dan delapan lainnya dari Myanmar.

Kantor berita Kyodo mengatakan awak kapal Jintian mengirimkan panggilan darurat pada Selasa 24 Januari malam, dengan mengatakan kapal mereka "miring dan banjir".

Kapal tenggelam sekitar empat jam setelah panggilan tersebut, lapor agensi tersebut.

Menurut pejabat Korea Selatan, kapten kapal terakhir berkomunikasi dengan penjaga pantai Pulau Jeju Korea Selatan melalui telepon satelit sekitar pukul 02.41 waktu setempat pada hari Rabu (Selasa 17.41 GMT), mengatakan bahwa awak akan meninggalkan kapal.

Kapal itu benar-benar tenggelam ketika Penjaga Pantai Korea Selatan tiba di lokasi, lapor kantor berita Yonhap.

Penjaga pantai tidak menemukan siapa pun di tiga rakit penyelamat pertama dan dua sekoci yang mereka cari.

Belum ada kabar langsung tentang apa yang menyebabkan Jintian, yang membawa kayu, terbalik.

Menurut Washington Post, kapal-kapal yang mencari di perairan antara Korea Selatan dan Jepang telah menjemput setidaknya 14 -sebelumnya disebut 13- dari 22 awak kapal dari sebuah kapal kargo yang tenggelam Rabu pagi.

Para pejabat Korea Selatan mengatakan sembilan dari mereka dilaporkan masih tidak sadarkan diri, tetapi mereka tidak segera memastikan adanya kematian. Mereka mengatakan kru itu akan diterbangkan ke Jepang untuk perawatan.

Penjaga pantai Jepang mengkonfirmasi penyelamatan setidaknya 13 awak kapal dan mengatakan lima dari mereka – semuanya warga negara China – masih hidup.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cuaca Buruk

 

Insiden itu terjadi saat hawa dingin melanda sebagian besar Jepang dan Korea Selatan, dengan salju lebat turun di beberapa daerah dan suhu siang hari di beberapa pulau terdekat dengan lokasi penyelamatan hanya mencapai 3 derajat Celcius (37 derajat Fahrenheit).

Daerah tempat kapal tenggelam berada di antara Nagasaki dan Pulau Jeju Korea Selatan, tempat ratusan penerbangan dibatalkan pada hari Selasa karena kondisi cuaca yang buruk.

Penjaga pantai Jepang mengatakan angin kencang pada saat sinyal marabahaya diterima. Kemudian mereka segera mengirim kapal patroli dan pesawat ke daerah itu, tetapi kedatangan mereka tertunda karena cuaca buruk.

3 dari 4 halaman

Identitas 22 Awak Kapal

Laporan Washington Post menyebut, enam awak dijemput oleh kapal penjaga pantai Korea Selatan, sementara sebuah kapal kargo mengambil lima dan pesawat Jepang mengevakuasi tiga, menurut penjaga pantai Jeju.

Menurut pejabat Korea Selatan dan Jepang, 14 awak kapal tersebut adalah warga China dan delapan dari Myanmar.

Menurut situs web transportasi laut setempat, kapal tersebut meninggalkan Pelabuhan Klang Malaysia pada 3 Desember dan menuju pelabuhan Incheon Korea Selatan.

4 dari 4 halaman

Kapal yang Terdaftar di Hong Kong

Kapal tersebut dimiliki oleh Long Bright Shipping Limited, sebuah perusahaan yang terdaftar di Hong Kong yang merupakan anak perusahaan dari Shenzhen Shekou Shipping Transportation Co., Ltd., menurut pengajuan Juli 2022 yang dibuat oleh perusahaan induk ke China's National Equities Exchange and Quotations.

Pengajuan itu mengatakan Jin Tian digunakan sebagai jaminan untuk pinjaman yang kemudian dilunasi.

Panggilan ke nomor yang terdaftar untuk Transportasi Pengiriman Shekou Shenzhen di China daratan tidak dijawab pada hari Rabu selama liburan Tahun Baru Imlek selama seminggu.

Pejabat Korea Selatan tidak segera mengatakan apakah kesembilan orang yang tidak sadarkan diri itu kemungkinan besar akan selamat dari luka-luka mereka jika mereka belum meninggal. Mereka mengatakan lima awak lainnya yang diselamatkan dalam keadaan sadar saat ditemukan atau sadar kembali setelah diselamatkan.

Penyebab Kapal Tenggelam Masih Misteri

Juru bicara penjaga pantai Jepang, Shinya Kitahara mengatakan penyebab tenggelamnya kapal itu belum diketahui dan belum ada tanda-tanda kapal itu bertabrakan dengan kapal lain. Dia mengatakan kedatangan kapal dan pesawat patroli Jepang tertunda karena cuaca buruk setelah tenggelamnya kapal tersebut.

Pejabat di penjaga pantai Jeju mengatakan peringatan angin kencang dikeluarkan untuk daerah itu pada Rabu pagi, tetapi kemudian dicabut. Angin bertiup dengan kecepatan sekitar 16 meter (yard) per detik di area tersebut pada pukul 7 pagi, menciptakan gelombang setinggi 3 hingga 4 meter (yard).

Penjaga pantai Jepang mengatakan air di daerah itu tetap kencang dan suhunya sekitar 14 derajat Celcius.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.