Sukses

Bunga dan Cokelat Identik dengan Hari Valentine, Ini Alasannya

Ada kisah kenapa bunga dan cokelat menjadi ciri utama dari Hari Valentine atau Hari Kasih Sayang.

Liputan6.com, Jakarta - Hari Valentine dianggap merupakan momen yang tepat untuk mengungkapkan kasih sayang. Salah satunya dengan memberikan hadiah. 

Sejarah Valentine sendiri disebut berasal dari tiga santo atau orang suci bernama Valentine atau Valentinus. Ketiga pria dari masa 200-an Masehi tersebut tewas secara mengenaskan.

Salah satu kisah menceritakan, Kaisar Romawi Claudius II melarang para tentara muda menikah agar mereka tak "melempem" di medan tempur.

Namun, Uskup Valentine melanggar perintah itu dan menikahkan satu pasangan secara diam-diam. Ia lantas dieksekusi mati saat sang penguasa mengetahui pernikahan rahasia itu.

Valentine yang lain adalah seorang pemuka agama di Kekaisaran Romawi yang membantu orang-orang Kristen yang dianiaya pada masa pemerintahan Claudius II.

Saat dipenjara, ia mengembalikan penglihatan seorang gadis yang buta, yang kemudian jatuh cinta padanya. Valentine dieksekusi penggal pada 14 Februari.

Yang ketiga adalah uskup yang saleh dari Terni. Dia disiksa dan dieksekusi selama pemerintahan Claudius II, juga pada 14 Februari, namun pada tahun yang berbeda.

Sejarah Valentine juga tersebar dalam berbagai versi. Tidak diketahui versi mana yang paling benar. 

Sama seperti sejarah Hari Valentine yang muncul dalam banyak versi, alasan pemberian bunga dan cokelat pada 14 Februari juga tidak jelas.

Ada yang mengatakan itu dimulai ketika Raja Charles II mengunjungi Persia, di mana dia menyaksikan penduduk setempat menawarkan mawar merah kepada orang lain untuk mengungkapkan cinta mereka.

Ketika kembali ke Eropa, dia pun memperkenalkan kebiasaan tersebut dan kemudian menjadi populer.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tradisi Memberi Bunga

Sementara itu, banyak yang percaya tradisi memberi bunga dimulai dari istri seorang duta besar Inggris.

Lady Mary Wortley Montagu ditempatkan bersama suaminya di Turki dan memperhatikan penduduk setempat menggunakan bunga dan tanaman berwarna berbeda untuk mengirim pesan cinta untuk satu sama lain.

Ia pun membawa pulang kebiasaan itu ke Inggris pada tahun 1716. Akhirnya, gagasan pemberian mawar merah sebagai bentuk ungkapan cinta pun berlanjut hingga saat ini. 

3 dari 4 halaman

Makna Cokelat

Berbeda makna dengan bunga, cokelat dapat dikategorikan sebagai afrodisiak, yang artinya makanan pembangkit gairah. Klasifikasi tersebut sudah diberikan sejak Zaman Aztec, sekitar 1325 M. 

Pada zaman itu, cokelat merupakan barang mewah sekaligus berharga di kalangan elite.

Tahun 1837, Hari Valentine resmi menjadi hari libur nasional di Inggris. Kemudian pada tahun 1861, pembuat cokelat terkenal di Inggris, Richard Cadbury mengemas cokelat ke dalam kotak berbentuk hati dan dihiasi mawar dan simbol cupid. 

Setelah itu, pembuat cokelat lainnya seperti Milton Hershey juga meluncurkan cokelat dengan edisi khusus yang bertepatan dengan Valentine. 

4 dari 4 halaman

Ide Hadiah Antimainstream

Selain bunga dan cokelat, berikut adalah sejumlah ide hadiah antimainstream yang bisa diberikan pada Hari Valentine.

1. Buku

Selain coklat dan bunga, kalian bisa memberikan hadiah buku kepada pasangan. Bukunya pun bisa bermacam-macam, mulai dari buku motivasi hingga buku bacaan ringan yang bisa menemani pasangan menghabiskan waktu luangnya.

2. Tanaman Hias

Kado Valentine yang unik selanjutnya adalah tanaman hias. Kalian bisa menjadikan tanaman hias sebagai sebuah hadiah valentine yang unik tapi romantis. Terlebih lagi pasangan bisa merawat tanaman hias tersebut hingga nantinya tumbuh sama seperti hubungan kalian.

3. Speaker atau Headphone

Kado valentine yang unik berikutnya adalah speaker mini atau headphone. Ada banyak orang yang senang mendengarkan musik ketika melakukan aktivitas di rumah terutama saat bekerja. Kalian bisa memberikan speaker atau headphone kepada pasangan. Hadiah ini pasti sangat bermanfaat terlebih di saat WFH seperti sekarang.

4. Makanan Kesukaan

Banyak wanita yang tak bisa menolak jika diberikan hadiah makanan kesukaannya. Jika kalian bingung ingin memberikan kado valentine apa kepada pasangan, kenapa tak coba memberikan makanan kesukaannya? 

5. Lilin Aromaterapi

Nah, hadiah satu ini sangat cocok dan romantis untuk diberikan kepada pasangan, kerabat, ataupun keluarga. Mencium aroma lilin yang menenangkan akan membuat rasa lelah dan penat hilang serta membuat tubuh dan pikiran menjadi rileks. Itu mengapa kalian perlu mempertimbangkan untuk memberikan lilin aromaterpi sebagai hadiah valentine untuk pasangan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.