Sukses

Kronologi Jeremy Renner Kecelakaan Saat Bersihkan Salju

Berikut ini kronologi kecelakaan tragis bintang "Hawkeye" Jeremy Renner saat membersihkan salju.

Liputan6.com, Nevada - Jeremy Renner dilaporkan mengalami kecelakaan saat membersihkan salju saat Tahun Baru.

Bintang "Hawkeye" itu kemudian dilarikan ke rumah sakit untuk mendapat perawatan lebih lanjut.

Sebelumnya pada Selasa 3 Januari 2023, Samantha Mast, humas Renner, memberikan rincian lebih lanjut tentang kecelakaan yang mendaratkan Renner di rumah sakit, dengan mengatakan bahwa aktor tersebut berada di dekat rumahnya di Nevada, membersihkan jalan masuk sebelum insiden tersebut.

Renner sedang memindahkan salju dari jalan masuk pribadi pada Minggu 1 Januari, sehingga anggota keluarganya dapat meninggalkan kediamannya setelah mereka merayakan liburan bersama, tambah perwakilannya. Anggota keluarga Renner ada bersamanya saat kecelakaan itu terjadi.

Niat baik Renner berujung petaka. Jeremy Renner sempat dilaporkan kritis setelah mengalami hantaman benda tumpul di dada, dan juga cedera ortopedis karena insiden ini.

"Jeremy membuat kemajuan positif dan terjaga, berbicara dan dalam semangat yang baik," kata Mast dalam pernyataan baru yang dirilis Selasa malam.

"Dia tetap di ICU dalam kondisi kritis tapi stabil. Dia kewalahan dengan menunjukkan cinta dan dukungan. Keluarga meminta perhatian Anda selanjutnya sementara dia sembuh dengan orang-orang terdekatnya."

Berikut ini kronologi kecelakaan tragisnya, dikutip dari CNN, Kamis (5/1/2023):

Pada Minggu 1 Januari pukul 8.55 PT, pihak berwenang menerima telepon 911 yang melaporkan kecelakaan yang melibatkan snowcat, alat yang digunakan untuk menghilangkan salju, dan pejalan kaki di Mount Rose Highway, Sheriff Washoe County Darin Balaam mengatakan pada Selasa 3 Januari selama konferensi pers.

Meskipun tidak turun salju pada saat kecelakaan itu, Balaam mengatakan Mount Rose Highway ditutup karena "cuaca musim dingin yang parah" dan masih ada salju yang belum hilang. Dia menambahkan, sekitar 13 hingga 20 mobil terbengkalai juga berada di jalan raya yang sulit untuk dilalui.

Unit departemen sheriff pertama tiba di lokasi pada pukul 09.30 PT, di mana layanan medis darurat berada di lokasi memberikan bantuan kepada Renner, kata Balaam.

Balaam mengatakan Renner ditabrak oleh snowcat-nya setelah mesin mulai terguling ketika dia tidak berada di kursi pengemudi. Dia terluka selama upaya untuk kembali ke unit tersebut.

"Renner menggunakan snowcat untuk menghilangkan salju di sekitar kendaraan pribadinya pada saat kecelakaan itu terjadi," kata Balaam.

Balaam menambahkan bahwa pihak berwenang tidak percaya Renner mabuk selama insiden itu dan menyebutnya sebagai "kecelakaan tragis".

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Alami Cedera dan Operasi Dua Kali

Seorang juru bicara Renner sebelumnya mengatakan kepada CNN bahwa dia menderita "trauma dada tumpul dan cedera ortopedi."

"Aktor berusia 51 tahun itu sejauh ini telah menjalani dua operasi untuk mengatasi luka-lukanya," kata seorang sumber yang dekat dengan aktor tersebut kepada CNN.

Balaam mengatakan pada hari Selasa bahwa Renner sudah bangun dan berbicara dengan responden pertama ketika mereka tiba di tempat kejadian.

Ketika Renner terluka, tetangganya memberikan bantuan dan membawa handuk sambil menunggu responden pertama, tambah Balaam.

Aktor itu adalah satu-satunya orang yang terlibat dalam kecelakaan itu, kata Kantor Sheriff sebelumnya dalam rilis berita.

Sebuah helikopter mendarat di sekitar jalan raya pada pukul 09>37 PT, dan pada pukul 09.56 PT, Renner dibawa ke rumah sakit daerah Reno, kata Balaam.

 

3 dari 4 halaman

Unit Bajak Salju Disita Polisi

Kantor Sheriff Washoe County saat ini telah menyita snowcat Renner dan menganalisisnya untuk "mengesampingkan kemungkinan kegagalan mekanis", yang merupakan bagian normal dari penyelidikan dengan tingkat keparahan cedera ini, kata Balaam.

Renner diizinkan mengoperasikan snowcat karena dia berada di jalan pribadi yang digunakan bersama oleh tetangganya dan tidak dirawat oleh pemerintah daerah, kata Balaam.

“Dia menjadi tetangga yang baik dan dia membajak jalan itu untuk tetangganya,” kata Balaam.

Pihak berwenang tidak mencurigai adanya kecurangan, menurut Balaam.

Pada saat kecelakaan terjadi, sebagian Nevada bagian barat tertutup salju. Daerah Reno menerima sekitar 6-12 inci salju pada ketinggian di bawah 5.000 kaki antara Malam Tahun Baru dan Hari Tahun Baru, dan hingga 18 inci pada ketinggian yang lebih tinggi, menurut Layanan Cuaca Nasional di Reno.

Renner sebelumnya telah membagikan banyak video dan foto di akun media sosial terverifikasinya yang menunjukkan dirinya dalam kondisi bersalju, termasuk satu video Instagram yang diposting dua minggu lalu di mana aktor tersebut tampaknya sedang mengendarai bajak salju.

Keluarga Renner merilis pernyataan Senin malam berterima kasih kepada staf rumah sakit dan responden pertama saat aktor tersebut tetap dirawat di rumah sakit.

"Keluarga Jeremy ingin mengucapkan terima kasih kepada dokter dan perawat luar biasa yang merawatnya, Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Truckee Meadows, Sheriff Washoe County, Wali Kota Reno City Hillary Schieve dan keluarga Carano dan Murdock," sebuah pernyataan dari juru bicaranya membaca.

"Mereka juga sangat kewalahan dan menghargai curahan cinta dan dukungan dari para penggemarnya."

Renner membintangi serial Paramount+ "Mayor of Kingstown" dan terkenal karena perannya sebagai Hawkeye di beberapa film Marvel Cinematic Universe.

Rekan mainnya di "Avengers", Mark Ruffalo, meminta doa dukungan untuk Renner pada hari Senin.

"Doa untuk saudara kita @jeremyrenner agar sembuh total dan cepat,” Ruffalo memposting di cerita Instagram-nya. "Tolong kirimkan kebaikan penyembuhan untuknya."

 

4 dari 4 halaman

Sapa Penggemar Usai Kecelakaan

Sebelumnya, Jeremy Renner menyapa para penggemarnya setelah kecelakaan. Ia berterima kasih kepada para simpatisan atas "kata-kata baik" mereka dalam postingan pertamanya di media sosial sejak kecelakaan membajak salju di Tahun Baru 2023.

Dalam sebuah posting singkat ke Instagram, di mana dia membagikan selfie yang mencerminkan beberapa memar di wajahnya, Renner menulis, “Terima kasih atas kata-kata baik Anda. Saya (sic) terlalu kacau sekarang untuk mengetik. Tapi aku mengirimkan cinta untuk kalian semua.”

Wajah bintang Hawkeye ini terlihat pucat dan sedikit lebam di bawah matanya. Sementara itu hidungnya juga tampak dipasang selang.

Caption yang menyertai unggahan ini tak seberapa panjang. Yang pertama diucapkan aktor 51 tahun adalah terima kasih atas dukungan dan doa yang dikirimkan untuknya.

“Thank you all for your kind words,” tulisnya.

Selain itu, akhirnya detail kecelakaan yang menimpa aktor Jeremy Renner hingga ia kritis diungkap kepada publik. Kantor Sheriff Wilayah Washoe, Nevada, Amerika Serikat, menggelar jumpa pers pada Selasa 3 Januari 2022 waktu setempat. Diungkap informasi terkait insiden yang terjadi saat aktor Marvel tersebut tengah membersihkan salju.

Dilansir dari Variety, dari hasil investigasi petugas berwenang, insiden yang bikin ngilu ini berawal saat kendaraan milik Jeremy Renner terjebak di salju. Namun yang mengendarai mobil ini bukan sang bintang Hawkeye, melainkan salah seorang kerabatnya.

“Tuan Renner pergi untuk mengambil PistenBully atau Snowcat miliknya–ini adalah peralatan pembuang salju yang sangat besar dan beratnya setidaknya 14.330 pound–agar kendaraannya bisa bergerak,” kata Sheriff Darin Balaam.

Sekadar informasi, bila dikonversikan, berat kendaraan 14.330 pound ini hampir mencapai 6.500 kilogram atau lebih dari 6 ton.

Setelah berhasil menderek keluar mobil yang terjebak tersebut, Jeremy Renner turun dari PistenBully miliknya. Niatnya, berbincang dengan keluarganya tersebut. Namun tak disangka-sangka, PistenBully itu mendadak jalan tanpa sopir.

“Dalam upaya menghentikan PistenBully yang berjalan, Tuan Renner berusaha kembali ke kursi sopir PistenBully ini. Berdasarkan investigasi kami, pada titik inilah Tuan Renner terlindas PistenBully tersebut," papar Sheriff.

Sang Sheriff menyatakan, saksi mata melihat Jeremy Renner berusaha kembali ke kursi sopir, tapi ia tak terlihat lagi sampai akhirnya PistenBully tersebut berhenti karena tumpukan salju di jalan depan rumah sang aktor.

Pihak berwenang memastikan tak ada dugaan tindak kriminal dalam kejadian ini. “Kami meyakini ini adalah kecelakaan yang tragis,” ia menjelaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.