Sukses

Ukraina dan Uni Eropa Siap Bertemu di Kyiv Awal Februari 2023, Bahas Apa?

Kantor Presiden Volodymyr Zelensky, pada Senin (2/1), menyatakan Ukraina dan Uni Eropa akan melangsungkan KTT di Kyiv pada tanggal 3 Februari mendatang untuk membahas dukungan keuangan dan militer.

Liputan6.com, Kyiv - Kantor Presiden Volodymyr Zelensky, pada Senin (2/1), menyatakan Ukraina dan Uni Eropa akan melangsungkan KTT di Kyiv pada tanggal 3 Februari mendatang untuk membahas dukungan keuangan dan militer.

Dalam pernyataan tersebut, disebutkan bahwa Zelensky telah melangsungkan pembicaraan melalui telepon dengan Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen – yang pertama pada tahun 2023 – untuk membahas rincian pertemuan tingkat tinggi itu.

"Kedua belah pihak membahas hasil KTT Ukraina-Uni Eropa yang akan diselenggarakan pada 3 Februari mendatang di Kyiv dan sepakat untuk mengintensifkan persiapannya,” tambah pernyataan itu, dikutip dari VOA Indonesia, Rabu (4/1/2023).

Kedua pemimpin itu berbicara tentang pasokan senjata dan program bantuan keuangan bernilai US$ 19 miliar “yang tepat” untuk Ukraina, di mana Zelensky mendorong pengiriman tahap pertama bantuan itu pada bulan Januari ini.

Bulan lalu, Uni Eropa memuluskan jalan untuk memberikan bantuan “megadeal” pada Ukraina, yang mencakup adopsi minimal 15 persen pajak perusahaan global.

Langkah itu menyusul permohonan penuh semangat yang disampaikan Zelensky untuk tidak membiarkan perselisihan di dalam negeri blok 27 negara itu menghalangi upaya dalam mendukung Kyiv.

63 Tentara Rusia Tewas Akibat Hujan Rudal Ukraina

Sementara itu, perang Rusia-Ukraina sudah kembali berlanjut di awal 2023. Tak seperti negara-negara lain yang merayakan dengan kembang api, hujan rudal justru terjadi di 2023. Pada Februari 2023, invasi Rusia ke Ukraina juga akan genap satu tahun.

Dilaporkan VOA Indonesia, Selasa (3/1/2023), pihak Rusia mengatakan bahwa 63 tentaranya tewas pada Malam Tahun Baru dalam serangan rudal Ukraina di tempat tinggal mereka di kota Makiivka di bagian wilayah Donetsk Ukraina yang dikuasai Rusia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kemenhan Rusia Bersuara

Pengumuman korban yang tidak biasa oleh Kementerian Pertahanan Rusia itu disampaikan ketika Rusia melanjutkan serangkaian serangan udara di ibukota Ukraina, Kyiv, meskipun Walikota Vitali Klitschko mengatakan ke-40 drone yang menargetkan kota itu dan sekitarnya telah ditembak jatuh.

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan Ukraina menghantam lokasi Makiivka dengan empat dari enam roket yang ditembakkan dari Sistem Roket Artileri Mobilitas Tinggi (HIMARS) yang telah dikirim Amerika Serikat ke pasukan Ukraina. Pihak Rusia mengatakan menembak jatuh dua rudal yang masuk.

Militer Ukraina tidak secara langsung mengonfirmasi serangan itu tetapi diam-diam mengakuinya dan mengklaim serangan itu lebih mematikan daripada yang dilaporkan Rusia.

Direktorat Komunikasi Strategis Angkatan Bersenjata Ukraina Minggu mengatakan pada sekitar 400 tentara Rusia tewas di gedung sekolah kejuruan di Makiivka dan sekitar 300 lainnya luka-luka. Pernyataan Rusia mengatakan pemogokan terjadi "di daerah Makiivka" dan tidak menyebutkan nama sekolah kejuruan itu.

3 dari 4 halaman

Serangan Rudal Rusia Hantam Kiev Ukraina pada Malam Tahun Baru

Sebelumnya dilaporkan, Wali Kota Kyiv Vitaly Klitschko mengatakan telah terjadi beberapa ledakan di ibu kota, menyebabkan setidaknya satu kematian. Sebuah hotel juga mengalami kerusakan.

Serangan itu terjadi dua hari setelah Rusia melakukan salah satu serangan udara terbesar sejak dimulainya perang, demikian seperti dikutip dari BBC, Minggu (1/1).

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky telah memperingatkan Rusia dapat melancarkan lebih banyak serangan untuk membuat Ukraina "merayakan Tahun Baru dalam kegelapan".

Rusia telah menargetkan sektor energi Ukraina dalam beberapa bulan terakhir, menghancurkan pembangkit listrik dan menjerumuskan jutaan orang ke dalam kegelapan selama musim dingin yang membekukan di negara itu.

Beberapa pejabat senior Ukraina telah menyinggung pemogokan dalam posting media sosial, mengatakan bahwa Rusia tidak akan berhasil merusak perayaan mereka.

"Para penjajah telah memutuskan untuk mencoba merusak hari bagi kami," kata Gubernur Mykolaiv Vitaly Kim di Facebook.

4 dari 4 halaman

Presiden Ukraina kepada Orang Rusia: Vladimir Putin Menghancurkan Anda

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy telah mengatakan kepada Rusia bahwa pemimpin mereka menghancurkan negara mereka.

Berbicara setelah Vladimir Putin menyampaikan pidato Tahun Baru yang dihadiri oleh orang-orang berseragam militer, Zelensky mengatakan presiden Rusia bersembunyi di belakang pasukannya, bukan memimpin mereka.

Sabtu menyaksikan hari serangan mematikan di seluruh Ukraina, dan Zelensky mengatakan Ukraina tidak akan memaafkan Rusia.

Setidaknya satu orang tewas dan puluhan lainnya terluka dalam serangan itu, demikian seperti dikutip dari BBC, Minggu (1/1).

Dalam sebuah pidato di saluran Telegram-nya, Zelensky mengatakan mereka yang melakukan serangan hari Sabtu tidak manusiawi.

Beralih dari Ukraina ke Rusia, ia kemudian menyerang Putin.

"Pemimpin Anda ingin menunjukkan kepada Anda bahwa dia memimpin dari depan, dan militernya ada di belakangnya," katanya.

"Tapi nyatanya dia bersembunyi. Dia bersembunyi di balik militernya, rudalnya, dinding tempat tinggal dan istananya.

"Dia bersembunyi di belakangmu, dan dia membakar negaramu dan masa depanmu. Tidak ada yang akan memaafkan Anda atas teror. Tidak ada seorang pun di dunia ini yang akan memaafkan Anda untuk itu. Ukraina tidak akan memaafkan."

Zelensky kemudian memberikan pidato tahun baru kepada rakyat Ukraina, berterima kasih kepada mereka atas upaya "luar biasa" mereka dalam memukul mundur kemajuan Rusia.

"Kami berjuang sebagai satu tim - seluruh negara, semua wilayah kami. Saya mengagumi Anda semua. Saya ingin berterima kasih kepada setiap wilayah Ukraina yang tak terkalahkan," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.