Sukses

Puluhan Ribu Pelayat Beri Penghormatan Terakhir untuk Paus Benediktus XVI

Puluhan ribu pelayat diperkirakan akan memberi penghormatan terakhir mereka untuk Paus Benediktus XVI.

Liputan6.com, Vatikan - Puluhan ribu orang diperkirakan akan memberi penghormatan kepada mantan Paus Benediktus XVI ketika pemakamannya dimulai di Vatikan nanti.

Dilansir BBC, Senin (2/1/2023), ia meninggal pada Malam Tahun Baru pada usia 95 tahun, hampir satu dekade setelah dia mengundurkan diri karena kesehatan yang buruk.

Paus Fransiskus akan memimpin pemakaman pada Kamis (5/1) - pertama kalinya seorang Paus dimakamkan oleh penggantinya.

Vatikan mengatakan pemakamannya akan berlangsung sederhana, khidmat dan tenang. 

Jenazahnya akan diletakkan selama tiga hari dalam peti mati terbuka di Basilika Santo Petrus, dengan orang-orang diperbolehkan untuk memberikan penghormatan sampai jam 7 malam setiap malam. Pemakaman akan berlangsung di Lapangan Santo Petrus, sebelum Paus Emeritus dimakamkan di makam di bawah Basilika.

Vatikan merilis gambar jenazah pada hari Minggu, mengenakan jubah berkabung kepausan merah.

Benediktus XVI menjadi Paus pertama yang mengundurkan diri dalam 600 tahun pada 2013, dengan alasan kesehatan yang buruk.

Penghormatan mengalir dari seluruh dunia, dan pemakaman diperkirakan akan menarik ribuan orang.

Pemakaman kepausan terakhir, yaitu dari Paus Yohanes Paulus II pada tahun 2005, adalah salah satu pertemuan Katolik terbesar dalam sejarah, dan menarik sekitar empat juta orang ke Roma.

Pengaturan untuk acara pemakaman belum jelas, karena banyak tradisi yang terkait dengan kematian seorang Paus tidak diperlukan - terutama pemilihan penggantinya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pemakaman Berlangsung Sederhana

Paus Benediktus meminta agar pemakaman tersebut dilakukan dengan kesederhanaan, kata juru bicara Vatikan Matteo Bruni kepada wartawan.

Hingga saat ini, incian daftar tamu belum dirilis, tetapi Vatikan mengatakan bahwa itu akan mencakup delegasi dari Italia dan Jerman.

Dalam pemakaman kali ini, Paus Fransiskus memberikan penghormatan kepada pendahulunya.

3 dari 4 halaman

Ucapan Duka dari Pemimpin Dunia

Presiden AS Joe Biden memuji "pengabdian seumur hidup kepada Gereja" oleh mantan Paus itu, sementara Perdana Menteri Italia Giorgia Meloni memujinya sebagai "orang hebat yang tidak akan dilupakan sejarah".

Di Brasil - negara Katolik terbesar di dunia - Presiden baru Luiz Inácio Lula da Silva mengatakan dia mengharapkan "penghiburan bagi umat beriman dan pengagum Bapa Suci".

Paus Benediktus adalah seorang tokoh kontroversial, dan beberapa mengkritiknya karena gagal menangani tuduhan pelecehan seksual klerikal.

4 dari 4 halaman

Paus Benediktus XVI di Mata Paus Fransiskus

Sejak memilih mengundurkan diri pada 2013, tugas Paus Benediktus XVI memang digantikan oleh Paus Fransiskus. Dalam komentar publik pertamanya, Paus Fransiskus mengungkapkan bahwa Paus Benediktus XVI merupakan hadiah bagi gereja.

Sosok Paus Benediktus XVI digambarkan sebagai pria yang mulia dan baik hati oleh Fransiskus. Penghormatan untuk mendiang Paus Benediktus XVI turut diberikan oleh Fransiskus saat misa malam Tahun Baru di Vatikan.

Fransiskus menekankan penghormatan pada pendahulunya yang tersayang itu dan pengorbanannya demi kebaikan gereja.

Begitupun menurut Kepala Gereja Katolik di Inggris dan Wales, Cardinal Vincent Nichols. Ada kenaikan indah yang dilukis dalam benak Vincent oleh Paus Benediktus XVI.

"Saya ingat dengan kasih sayang khusus Kunjungan Kepausan yang luar biasa ke tanah-tanah ini pada tahun 2010. Kami melihat kesopanannya, kelembutannya, kepekaan pikirannya dan keterbukaan sambutannya kepada semua orang yang dia temui," kata Vincent.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.