Sukses

Kaleidoskop 2022: 12 Peristiwa Mengguncang Dunia, Invasi Rusia hingga Tragedi Itaewon

Mulai dari invasi Rusia, kematian Ratu Elizabeth II, hingga kemenangan Argentina di Piala Dunia 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Tahun 2022 merupakan angka cantik, namun Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres mengakui bahwa tahun ini membuat frustasi.

Pada awal tahun, Rusia menyeberangi perbatasan negara Ukraina dan melancarkan invasi. Berbagai dalih dipakai untuk memulai perang, tetapi kini tidak jelas bagaimana mengakhirinya.

Namun, pesona Hollywood tidak kunjung luntur meski ada perang besar dan pandemi. Terbukti, sidang kasus Johnny Depp-Amber Heard sukses menarik perhatian dunia, bahkan netizen Indonesia. 

Menjelang akhir tahun, lebih banyak lagi kabar yang menguras perasaan. 

Ratu Elizabeth II meninggal dunia setelah berkuasa dan mengabdi pada tugas-tugasnya selama 70 tahun. 

<p>Vladimir Putin, Raja Charles III dari Inggris, Amber Heard, Lionel Messi. (AP Photo)</p>

Sebulan setelahnya, muncul tragedi-tragedi di berbagai negara, kerusuhan di Stadion Kanjuruhan, jembatan putus di India, hingga tragedi festival di Itaewon yang merenggut nyawa lebih dari 150 orang. 

Menjelang akhir tahun, netizen sejatinya bisa santai berkat Piala Dunia 2022 di Qatar. Namun, Piala Dunia malah dipenuhi berbagi kontroversi. Bukannya dinamika pertandingan yang disorot, tapi kontroversinya justru lebih ramai.

Akan tetapi, Lionel Messi dari Argentina berhasil memberikan hadiah manis bagi jutaan fansnya di seluruh dunia dan memperkokoh statusnya sebagai pemain sepak bola the Greatest Of All Time.

Selengkapnya, berikut 12 peristiwa global yang mengguncang dunia pada 2022 yang dirangkum Liputan6.com: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 13 halaman

1. Isu Diplomatik Indonesia dan Israel

Indonesia merupakan salah satu negara demokrasi terbesar di dunia yang memiliki penduduk Muslim mayoritas. Pada politik luar negeri, Indonesia juga konsisten membela Palestina dari serangan Israel. 

Namun, belakangan ini muncul kabar bahwa Israel berusaha melobi Indonesia untuk membangun hubungan diplomatik. Amerika Serikat dan investasi menjadi jembatan untuk menghubungkan kedua negara. 

Pada Januari 2022, media Israel melaporkan bahwa pejabat tinggi Indonesia mulai didekati oleh Israel. Nama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan lantas disebut-sebut.

 

Baca selengkapnya...

3 dari 13 halaman

2. Perang Rusia-Ukraina Dimulai

Menjelang akhir Februari 2022, Presiden Rusia Vladimir Putin memerintahkan invasi ke Ukraina. 

Invasi yang terjadi sebetulnya tidak mengejutkan. Pemerintahan Presiden Joe Biden sempat berkata bahwa Rusia bisa menyerang sewaktu-waktu. Polandia bahkan siap-siap menampung pengungsi Ukraina.

Sayangnya, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky malah ogah menyorot potensi perang. Kedutaan Besar Rusia di Jakarta juga membantah akan terjadi invasi. 

Sepekan setelah bantahan itu, Rusia ternyata benar-benar menyerang Ukraina pada 24 Februari 2022.

 

Berikut alasan yang digunakan Rusia untuk invasi

 

4 dari 13 halaman

3. Kejahatan Perang di Ukraina

Pada bulan pertama invasi Rusia ke Ukraina, korban jiwa banyak berjatuhan dari kalangan anak-anak. Lebih dari 100 anak kehilangan nyawa akibat serangan. 

Duta Besar Ukraina untuk Indonesia, Vasyl Hamianin, turut menyorot bagaimana para tentara Rusia mencuri dari rumah-rumah warga Ukraina. Yang dicuri mulai dari makanan, perhiasan, hingga telepon genggam.

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken menyebut Rusia telah melakukan kejahatan perang karena menyerang fasilitas seperti rumah sakit dan sekolah.

 

Baca selengkapnya...

5 dari 13 halaman

4. Imran Khan Lengser

Imran Khan dulunya merupakan seorang atlet terkenal di Pakistan. Ia kemudian terjun ke dunia politik dan menjadi perdana menteri.

Pada April 2022, Imran Khan digulingkan oleh parlemen melalui mosi tidak percaya atas pemerintahannya, terutama di sektor ekonomi.

Sebelum lengser, Imran Khan memblokir proses mosi tidak percaya tersebut, bahkan sampai membubarkan parlemen. Keputusan itu justru memicu oposisi yang lebih kuat, dan Imran Khan dituduh mengkhianati negara.

 

Baca selengkapnya...

 

 

6 dari 13 halaman

5. Bencana Kelaparan Ancam Sri Lanka

Tak jauh dari Pakistan, pemerintah Sri Lanka juga mengalami masalah ekonomi berkepanjangan. Bensin sampai habis dan rakyat terancam bencana kelaparan.

Presiden Gotabaya Rajapaksa dikritik akibat salah mengambil keputusan terkait impor pupuk, sehingga terjadi gagal panen. Sektor pariwisata juga lesu akibat bom terorisme gereja pada 2019. 

Utang-utang Sri Lanka pun menumpuk, termasuk dari China. Utang-utang itu turut digunakan untuk membangun infrastruktur di Sri Lanka. 

Krisis ekonomi ini berujung pada penyerbuan istana presiden oleh masyarakat dan mundurnya Gotabaya Rajapaksa sebagai presiden.

 

Baca tentang krisis ekonomi Sri Lanka

7 dari 13 halaman

6. Johnny Depp vs. Amber Heard

Aktor kawakan Johnny Depp menjadi sorotan dunia, tapi kali ini bukan karena aktingnya. Johnny Depp terlibat dalam persidangan pencemaran nama baik yang dilakukan mantan pasangannya: Amber Heard. 

Kasus ini menjadi sorotan netizen dunia untuk mengetahui apakah Amber Heard benar-benar dianiaya Johnny Depp. Reputasi Johnny Depp menjadi taruhannya.

Proses pengadilan tak lepas dari drama, terutama dari sisi Amber Heard. Pasalnya, bekas luka Amber Heard pernah mendadak hilang, serta ada pula kasus buang hajat di kasur. 

Hasilnya? Pada Juni 2022, pengadilan memutuskan bahwa Johnny Depp memang difitnah.

 

Berikut putusan pengadilan...

8 dari 13 halaman

7. Monkeypox

Dunia masih penuh dengan ketidakpastian akibat COVID-19 dan perang Rusia-Ukraina, kemudian muncul penyebaran penyakit cacar monyet. Penyakit itu merebak di negara-negara Eropa. 

Sempat muncul kekhawatiran bahwa virus ini akan semakin meluas seperti COVID-19. Untungnya, virus ini hanya menular secara fisik atau berhubungan seks, sehingga penyebaran lebih luas bisa dihindari. 

WHO menyebut monkeypox awalnya menjangkiti manusia pada 1970 di Kongo. Ciri utama virus ini adalah munculnya ruam di kulit. 

 

Baca tentang monkeypox

9 dari 13 halaman

8. Setahun Taliban Berkuasa

Taliban merayakan satu tahun kekuasaan mereka pada 15 Agustus 2022. Mereka berhasil dengan cepat merebut kekuasaan di Kabul, sementara presiden sah dan keluarganya melarikan diri. 

Bandara di Kabul diserbu oleh warga lokal yang ingin kabur dari Afghanistan setelah Taliban berkuasa. Ada penumpang yang jatuh dari langit karena mereka bertahan di sisi samping pesawat yang terbang.

Setahun Taliban berkuasa, kehidupan Afghanistan tidak menunjukkan perkembangan positif.

Komunitas internasional ogah menjalin hubungan diplomatik, ekonomi bergejolak karena asing ogah mengalirkan bantuan, dan kehidupan wanita semakin dikekang. 

 

Baca tentang setahun Taliban...

 

10 dari 13 halaman

9. Ratu Elizabeth II Meninggal

Ratu Elizabeth II dinyatakan meninggal dunia di Kastil Balmoral pada 8 September 2022. Ia mangkat pada usia 96 tahun, setahun setelah suaminya meninggal.

Selama 70 tahun berkuasa, Ratu Elizabeth II menjadi saksi mata pergantian zaman dan tokoh-tokoh bersejarah. Saat naik takhta, Winston Churchill masih menjadi perdana menteri Inggris.

Semasa hidupnya, Ratu Elizabeth II juga pernah bertemu John F. Kennedy, Helmut Kohl, Margaret Thatcher, Ronald Reagan, Soeharto, Deng Xiaoping, George H.W. Bush dan Pierre Trudeau beserta anak-anak mereka, Barack Obama, hingga Donald Trump.

 

Baca headline kematian Ratu Elizabeth II...

11 dari 13 halaman

10. Tragedi Halloween di Itaewon

Pada 29 Oktober 2022, polisi Seoul mendapatkan telepon dari warga yang mengadukan kondisi di Itaewon yang terlalu ramai di festival Halloween. Polisi tidak memberikan respons cepat atas laporan-laporan tersebut.

Beberapa jam kemudian, beredar video-video tragis di Twitter.

Ratusan orang terjepit di tengah gang di Itaewon. Tubuh-tubuh terbaring tak bergerak di pinggir jalan. Warga yang datang untuk pesta mendadak berubah menjadi relawan medis untuk memberikan CPR.

158 orang kehilangan nyawa akibat tragedi tersebut. Pengamat menyebut kejadian itu harusnya bisa diantisipasi pemerintah.

 

Baca selengkapnya...

12 dari 13 halaman

11. G20 Summit Bali

Indonesia menjadi tuan rumah G20 Summit pada 15-16 November 2022. Para pemimpin mulai dari Presiden Amerika Serikat Joe Biden hingga Presiden China Xi Jinping turut hadir di Indonesia. 

Pada pertemuan ini, Presiden Joko Widodo meminta agar dunia menghindari peperangan. Presiden Rusia Vladimir Putin tidak hadir di Bali.

Satu hal spesial di G20 Bali adalah pertemuan tatap muka antara Presiden Biden dan Presiden Xi.

 

Baca selengkapnya...

13 dari 13 halaman

12. Argentina Juara Piala Dunia 2022

Lionel Messi berhasil membawa Argentina menjadi pemenang Piala Dunia 2022. Kemenangan ini diraih usai pertandingan yang sangat sengit melawan Prancis. 

Jutaan rakyat Argentina dan jutaan fans Lionel Messi di seluruh dunia turut menyambut kemenangan ini. 

Lionel Messi pun sukses memperkokoh reputasinya sebagai atlet sepak bola yang the Greatest Of All Time (GOAT). Tak hanya itu, media Arab bahkan memberikan gelar "Sheikh" ke Messi. 

 

Baca beritanya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.