Sukses

Presiden Rusia Vladimir Putin Akui Rencana Pertempuran Panjang di Ukraina, Perang Nuklir

Selama pertemuan tahunan dengan Dewan Kepresidenan untuk Masyarakat Sipil dan Hak Asasi Manusia, Presiden Rusia Vladimir Putin mengakui bahwa tentara negara itu dapat bertempur di Ukraina untuk waktu yang sangat lama.

Liputan6.com, Jakarta - Selama pertemuan tahunan dengan Dewan Kepresidenan untuk Masyarakat Sipil dan Hak Asasi Manusia, Presiden Rusia Vladimir Putin mengakui bahwa tentara negara itu dapat bertempur di Ukraina untuk waktu yang sangat lama.

"Adapun durasi operasi militer khusus, yah, tentu saja, ini bisa menjadi proses jangka panjang," kata Putin saat berbicara tentang beberapa masalah yang dihadapi Rusia selama invasinya ke Ukraina, seperti dikutip dari MSN News, Sabtu (17/12/2022).

Sepanjang pertemuan yang disiarkan televisi, Putin membenarkan invasinya pada Februari ke Ukraina, menegaskan bahwa Barat memandang Rusia sebagai "negara kelas dua yang tidak memiliki hak untuk hidup."

Putin juga melanjutkan dengan mengatakan bahwa Rusia akan "membela diri dengan segala cara yang kami miliki."

Menurut Putin, risiko perang nuklir dengan barat semakin besar dan dia tidak segan-segan menjelaskan apa artinya itu, "Ancaman ini meningkat, saya tidak dapat menyangkalnya," kata Putin menanggapi sebuah pertanyaan.

"Kami belum menjadi gila," kata Putin selama pertemuannya yang disiarkan televisi, "kami menyadari apa itu senjata nuklir ... Kami memiliki sarana ini dalam bentuk yang lebih maju dan modern daripada negara nuklir lainnya."

Meskipun Putin dengan cepat menyebutkan persediaan nuklir Rusia sebagai pilihan yang layak, dia juga cukup cerdas untuk menambahkan bahwa Rusia tidak "akan berlari keliling dunia mengacungkan senjata ini seperti pisau cukur."

"Ini adalah faktor pencegahan, bukan faktor yang memicu eskalasi konflik," tambah Putin, meskipun dia menolak untuk mengesampingkan serangan pertama teoretis yang mengklaim bahwa kemampuan itu sangat penting bagi pertahanan Rusia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

AS Mengecam Rencana Perang Nuklir Rusia

Amerika Serikat mengecam apa yang disebutnya "pembicaraan longgar" tentang penggunaan senjata nuklir dalam perang di Ukraina dengan juru bicara Departemen Luar Negeri AS Ned Price mengatakan kepada wartawan bahwa Gedung Putih percaya "setiap pembicaraan longgar tentang senjata nuklir sama sekali tidak bertanggung jawab."

Tetapi durasi perang dan penggunaan senjata nuklir bukan satu-satunya pernyataan yang menarik perhatian yang dibuat oleh Putin selama pertemuannya. Presiden Rusia juga membahas kekhawatiran publik tentang kemungkinan mobilisasi kedua.

"Dalam kondisi ini, setiap pembicaraan tentang proses mobilisasi tambahan sama sekali tidak masuk akal. Negara dan kementerian pertahanan sama sekali tidak membutuhkan ini saat ini," kata Putin.

Rusia mengumpulkan sekitar 300.000 tentara baru pada pertengahan September dan Putin mengklarifikasi bahwa setengahnya sudah langsung dikerahkan ke garis depan di Ukraina dengan sisanya masih dalam pelatihan untuk peran tempur masa depan mereka.

 

3 dari 3 halaman

Putin Bantah Ada Desersi Tentara Rusia

Putin juga membantah desas-desus bahwa moral yang rendah dan kondisi yang buruk menyebabkan tingkat desersi yang sangat tinggi di antara jajaran Rusia.

Apakah ada orang yang meninggalkan pos tempur mereka? Ya, itu terjadi ... semakin sedikit sekarang," tegas Putin, tetapi "Saya ulangi sekali lagi bahwa tidak ada kasus seperti itu [desersi] yang memiliki karakter massa."

Akhirnya, Putin membela perang dan "hasil signifikan" yang telah dimilikinya dengan akuisisi wilayah baru di Ukraina.

Pemimpin Rusia itu tampaknya sangat terpaku pada gagasan Laut Azov, mencatat bahwa itu telah "menjadi laut internal Rusia. Bahkan Peter I telah berjuang untuk akses ke Laut Azov."

Saat ini para ahli mengatakan mungkin. Rusia memang memiliki peluncuran doktrin peringatan, yang berarti bahwa mereka dapat menembakkan senjata nuklirnya jika ditargetkan untuk serangan yang akan segera terjadi. Tetapi saat ini Putin tidak berbuat banyak untuk menunjukkan bahwa dia siap menggunakan segala jenis senjata nuklir dalam perangnya dengan Ukraina.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.