Sukses

Tiga Ledakan Terdengar di Ibu Kota Ukraina, Layanan Darurat Dikerahkan

Penyebab pasti dari ledakan yang terdengar di Kyiv masih belum diketahui.

Liputan6.com, Kyiv - Tiga ledakan terdengar di pusat ibu kota Ukraina, Kyiv.

Dilansir Al Jazeera, Rabu (14/12/2022), Wali Kota Vitali Klitschko mengatakan layanan darurat telah dikirim ke distrik Shevchenkivskyi.

"Rinciannya nanti," tambahnya di saluran Telegramnya.

Oleksiy Goncharenko, seorang politikus Ukraina, mengatakan di Twitter bahwa dia telah mendengar tiga ledakan pada pukul 06.30 waktu setempat (04:30 GMT).

Alarm serangan udara berbunyi pada pukul 05.55 pagi (03:55 GMT) dengan penduduk didesak untuk tetap tinggal di tempat penampungan sampai semuanya aman.

"Warga Ukraina bangun bukan dari jam alarm, tetapi dari ledakan," tulis Goncharenko. 

“Terima kasih kepada tetangga Rusia! Selamat pagi!"

Sistem pertahanan udara diaktifkan dan “mencapai sasaran” kata gubernur Oblast Kyiv Oleksiy Kuleba.

Ledakan itu terjadi ketika Ukraina meminta sekutunya untuk menyediakan sistem pertahanan udara yang lebih canggih untuk membantunya menembak jatuh rudal dan pesawat tak berawak Rusia. Pesawat itu diketahui telah menghancurkan infrastruktur energi negara itu, dan meninggalkan jutaan orang tanpa pemanasan di musim dingin yang pahit.

Zelenskyy mengatakan daerah lain yang mengalami kondisi "sangat sulit" dengan pasokan listrik termasuk ibu kota Kyiv dan wilayah Kyiv, serta empat wilayah di Ukraina barat dan wilayah Dnipropetrovsk di tengah negara.

Laporan pada hari Selasa mengatakan Amerika Serikat sedang menyelesaikan rencana untuk mengirim sistem pertahanan udara Patriot yang canggih ke Ukraina.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sistem Pertahanan Ukraina

Menurut pejabat, rencana AS adalah mengirim satu baterai Patriot. Baterai Patriot yang dipasang di truk mencakup hingga delapan peluncur, yang masing-masing dapat menampung empat rudal.

Seluruh sistem, yang mencakup radar array bertahap, stasiun kontrol, komputer, dan generator, biasanya membutuhkan sekitar 90 tentara untuk mengoperasikan dan memelihara.

Namun, hanya tiga tentara yang dibutuhkan untuk benar-benar menembakkannya, menurut Angkatan Darat AS.

3 dari 4 halaman

Infrastruktur Ukraina Jadi Sasaran

Moskow telah menghantam infrastruktur energi Ukraina kira-kira setiap minggu sejak awal Oktober, karena terpaksa mundur di beberapa medan pertempuran dalam perang yang hampir berlangsung 10 bulan.

Rentetan rudal minggu lalu menewaskan sedikitnya empat orang dan mematikan listrik tepat saat pemadaman darurat setelah serangan sebelumnya akan segera berakhir.

Pada bulan Oktober, beberapa orang tewas di Kyiv menyusul serangkaian serangan termasuk yang disebut drone kamikaze.

4 dari 4 halaman

Ukraina Amankan 1 Miliar Euro Demi Hadapi Musim Dingin di Tengah Gempuran Rusia

Sekutu Barat Ukraina menjanjikan tambahan €1 miliar (Rp 16,5 T) dalam bantuan musim dingin darurat pada Selasa (13 Desember), menanggapi permohonan dari Presiden Volodymyr Zelenskyy untuk membantu negara itu menahan serangan gencar Rusia terhadap jaringan energinya.

Sekitar tujuh puluh negara dan organisasi internasional berkumpul di Paris untuk pertemuan yang bertujuan memungkinkan warga Ukraina "melewati musim dingin ini", kata Presiden Prancis Emmanuel Macron.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.