Sukses

Wakil Gubernur Pengkhianat Ukraina Tewas Kecelakaan di Kherson

Kirill Stremousov adalah pengkhianat Ukraina yang diberi jabatan oleh Rusia.

Liputan6.com, Kherson - Seorang politisi pengkhianat Ukraina yang diberi jabatan oleh Rusia dilaporkan tewas karena kecelakaan mobil. Sosok itu adalah Kirill Stremousov yang dulunya politisi Ukraina.

Stremousov mendapat jabatan wakil gubernur Kherson, wilayah Ukraina yang dianeksasi oleh Rusia secara ilegal. Pria 45 tahun itu merupakan buronan Ukraina karena mengkhianati negara. 

Kabar kematian Stremousov dikonfirmasi oleh media pemerintah Rusia, TASS, Kamis (10/11/2022). Pria itu disebut mengalami kecelakaan di jalanan. 

Namun, belum diungkap secara spesifik kronologi dari kecelakaan tersebut. 

Stremousov mendapatkan paspor Rusia pada 28 September 2022, beberapa hari setelah referendum Rusia di wilayah-wilayah Ukraina. Referendum itu tidak dianggap oleh PBB. 

Menurut laporan CNN, Stremousov kecelakaan di Kherson. Hal itu berdasarkan pesan Telegram dari pemimpin Kherson yang diangkat Rusia. 

Stremousov disebut berkhianat ke Rusia tidak lama setelah invasi dimulai. Ia aktif bersuara untuk membela kepentingan Rusia, termasuk dalam mendukung referendum yang merebut wilayah Ukraina. 

Stremousov sering angkat bicara di Telegram untuk menyerang mantan negaranya. Ia berkata Ukraina adalah "Nazi" dan "fasis". Meski demikian, ia juga mengkritik komandan Rusia ketika operasi militernya dianggap tidak efektif di lapangan.

Sementara, pihak Ukraina tidak langsung percaya bahwa sang pengkhianat tewas karena kecelakaan.

"Sejauh ini kami tidak bisa mengkonfirmasi atau membantah informasi tersebut. Itu mungkin benar atau diatur," ujar Yuriy Sobolevskyi yang menjabat sebagai deputi majelis Ukraina di Kherson.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sempat Peringatkan Warga

Sosok Stremousov sebetulnya sedang disorot karena ia memperingatkan bahwa pasukan Ukraina sedang menuju Kherson. Ia menyebut semakin banyak kendaraan lapis baja yang datang.

"Banyak unit-unit perlengkapan yang dikonsentrasikan, semakin banyak lagi kendaraan lapis baja, tank, yang dibawa," ujar Kirill Stremousov.

Stremousov berkata bahwa rakyat masih bisa melakukan evakuasi.

Stremousov adalah pengkhianat dari Ukraina yang kini menjabat sebagai kepada deputi Kherson untuk Rusia. Ia diburu oleh polisi karena mengkhianati negara.

Kherson merupakan salah satu daerah yang menjadi sasaran invasi Rusia. Daerah itu lantas sempat disebut Administrasi Militer-Sipil Kherson.

Kemudian, Kherson secara resmi dianeksasi oleh Rusia melalui referendum yang tak diakui internasional. Daerah itu lantas dianggil Kherson Oblast. Oblast merupakan sebutan bagi daerah Rusia.

3 dari 4 halaman

Lampu dan Air Terdampak di Kherson Ukraina

Lampu dan air padam di Kota Kherson dan sekitarnya pada Minggu (6/11) ketika para pejabat Rusia menuduh Ukraina melakukan aksi "sabotase" yang merusak tiga jalur listrik.

Rusia tidak memberikan bukti apapun. Banyak infrastruktur energi dan air Ukraina, antara 30-40% dilaporkan dirusak oleh serangan udara Rusia. 

Pemadaman bergilir juga diperkirakan terjadi di Ibu Kota Ukraina, Kyiv, dan beberapa wilayah lain, dikutip dari VOA Indonesia, Senin (7/11). 

Sementara, jaringan listrik diperbaiki dan dihubungkan lagi ke pembangkit nuklir Zaporizhzhia, Ukraina, beberapa hari setelah dicopot dari jaringan listrik utama ketika tembakan Rusia merusak jalur bertegangan tinggi itu, kata Badan Energi Atom Internasional (IAEA) pada Sabtu (6/11).

Dirjen IAEA Rafael Mariano Grossi kembali menyerukan keamanan nuklir dan didirikannya zona perlindungan keamanan di sekitar pembangkit itu guna mencegah kecelakaan nuklir.

"Kita tidak bisa kehilangan waktu lebih banyak. Kita harus bertindak sebelum terlambat," katanya.

Peringatannya diberikan sehari sebelum KTT perubahan iklim PBB dibuka pada Minggu (6/11) di Mesir dengan peringatan bahwa "planet kita mengirimkan sinyal mengkhawatirkan."

Dilaporkan, invasi Rusia ke Ukraina telah menyebabkan kerusakan bernilai 35.3 juta dolar terhadap lingkungan Ukraina dan ikut menyebabkan krisis pangan dan energi di seluruh dunia.

4 dari 4 halaman

Rusia dan Ukraina Hadir di KTT ASEAN 2022

Berdasarkan laporan VOA Indonesia, Kamis (10/11), juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova mengatakan kepada wartawan di Moskow hari Rabu (9/11) bahwa pemimpin negara-negara ASEAN dan “mitra dialog” akan menghadiri pertemuan di ibu kota Kamboja itu.

“Delegasi Rusia yang dipimipn Menteri Luar Negeri Sergey Lavrov akan bertolak ke KTT Asia Timur pada 13 November. Tidak hanya negara-negara ASEAN, mitra-mitra dialog juga akan ikut serta,” jelasnya.

Perdana Menteri Kamboja Hun Sen, yang negaranya menjabat sebagai ketua bergilir ASEAN, telah mengundang Ukraina untuk ikut serta dalam KTT itu.

Ketika dimintai pandangan tentang keikutsertaan Ukraina dalam pertemuan puncak itu, Zakharova mengatakan, “Hal itu tidak ada hubungannya dengan Kementerian Luar Negeri Rusia.”

Zakharova juga mengatakan Rusia “masih terbuka untuk berunding” dengan Ukraina.

Sementara, Presiden Jokowi terbang ke Kamboja melalui Bali. Acara KTT ASEAN ini digelar beberapa hari sebelum KTT G20 Bali. 

Situs Setkab melaporkan rombongan Presiden Jokowi lepas landas dari Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Kabupaten Badung, Bali, Rabu (09/11/2022), sekitar pukul 17.00 WITA.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.