Sukses

Kalahkan Petahana, Lula da Silva Resmi Jadi Presiden Brasil Selanjutnya

Lula da Silva resmi menjadi presiden Brasil selanjutnya.

Liputan6.com, Brasilia - Luiz Inácio Lula da Silva akan menjadi presiden Brasil berikutnya, setelah mengalahkan saingannya dari sayap kanan, Jair Bolsonaro, dengan selisih tipis.

Dilansir CNN, Senin (31/10/2022), mantan pemimpin sayap kiri, yang dikenal sebagai “Lula,” memenangkan 50,90% suara, dengan lebih dari 99% suara dihitung dalam pemilihan putaran kedua yang diperebutkan dengan sengit pada hari Minggu.

Bolsonaro, yang mengumpulkan 49,10% suara, pun kalah untuk masa jabatan kedua.

Pendukung Lula da Silva memadati São Paulo Avenida Paulista pada Minggu malam setelah pemungutan suara ditutup. Suasana meriah bahkan sebelum hasil diumumkan, dengan orang-orang menyalakan suar ketika dia dinyatakan sebagai pemenang oleh otoritas pemilihan negara itu.

Banyak yang meneteskan air mata usai hasil penghitungan diumumkan. Mereka mengatakan bahwa mereka berharap untuk negara, yang telah berjuang dengan inflasi tinggi, pertumbuhan terbatas, dan meningkatnya kemiskinan.

Namun, sebagian lainnya mengungkapkan ketakutannya. Margin tipis Lula da Silva telah menimbulkan kekhawatiran bahwa Bolsonaro tidak akan menerima kekalahan, setelah berulang kali mengklaim bahwa sistem pemungutan suara elektronik Brasil rentan terhadap penipuan. Tuduhan yang sama sekali tidak berdasar telah menarik perbandingan dengan klaim pemilihan palsu dari mantan Presiden AS Donald Trump.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Lula da Silva Ucapkan Terima Kasih

Lula da Silva pun kemudian berterima kasih kepada semua orang Brasil.

"Orang-orang yang memilih saya, orang-orang yang memilih lawan, yang pergi ke tempat pemungutan suara, yang setuju untuk memenuhi komitmen kewarganegaraan mereka yang beradab, saya ingin mengucapkan selamat kepada Anda," katanya, dilaporkan CNN Brasil.

“Dan, di atas segalanya, saya ingin mengucapkan selamat kepada orang-orang yang memilih saya karena saya menganggap diri saya sebagai warga negara yang memiliki proses kebangkitan dalam politik Brasil karena mereka mencoba mengubur saya hidup-hidup dan saya di sini,” tambahnya.

Lula da Silva dan Bolsonaro sebelumnya saling berhadapan dalam putaran pertama pemungutan suara pada 2 Oktober, tetapi tidak ada yang memperoleh lebih dari setengah suara. Hal itu pun yang memaksa pemungutan suara putaran kedua hari Minggu, yang menjadi referendum tentang dua visi yang sangat berbeda untuk Brasil.

3 dari 4 halaman

Panasnya Politik Brasil

Pemilihan itu terjadi di tengah iklim politik yang tegang dan terpolarisasi di Brasil.

Kedua kandidat telah menggunakan pemilihan ini untuk saling menyerang di setiap kesempatan, dan meningkatnya kemarahan telah membayangi jajak pendapat dan bentrokan di antara pendukung mereka membuat banyak pemilih merasa takut dengan apa yang akan terjadi. 

Para pemilih di Sao Paulo mengatakan kepada CNN bahwa mereka ingin mengakhiri musim pemilu ini sesegera mungkin sehingga negara dapat terus maju.

Meskipun tidak ada laporan kekerasan politik pada hari Minggu, sekutu Lula da Silva menuduh polisi memblokir bus dan mobil yang membawa pemilih Lula untuk pergi ke tempat pemungutan suara. 

Namun, Pengadilan Tinggi Pemilihan (TSE), yang menyelenggarakan pemilihan Brasil, mengatakan tidak ada yang dicegah untuk memberikan suara dan menolak untuk memperpanjang jam pemungutan suara, lapor Reuters. Polisi Jalan Raya Federal mengatakan mereka telah mematuhi perintah pengadilan, tambahnya.

4 dari 4 halaman

Mantan Presiden

Lula da Silva adalah presiden selama dua periode, dari 2003 hingga 2006 dan 2007 hingga 2011, di mana ia memimpin negara itu melalui ledakan komoditas yang membantu mendanai program kesejahteraan sosial yang besar dan mengangkat jutaan orang dari kemiskinan.

Dia meninggalkan jabatannya dengan peringkat persetujuan 90% - sebuah rekor yang ternoda oleh penyelidikan korupsi terbesar di Brasil, yang dijuluki "Operasi Cuci Mobil," yang menyebabkan tuduhan terhadap ratusan politisi dan pengusaha berpangkat tinggi di seluruh Amerika Latin. 

Dia dihukum karena korupsi dan pencucian uang pada tahun 2017, tetapi pengadilan membatalkan hukumannya pada Maret 2021, sehingga membuka jalan bagi kebangkitan politiknya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.