Sukses

Stalking Akan Jadi Tindak Pidana di Malaysia Berkat RUU Teranyar

Malaysia mengambil langkah progresif untuk menekan tindakan stalking dengan mengesahkan RUU Anti-penguntitan

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Di banyak negara di mana menguntit seseorang alias stalking jatuh ke area abu-abu dalam hal kejahatan, pelaku sering kali dapat lolos dari jerat hukum tanpa hambatan.

Hal itu membuat korbannya takut akan keselamatan mereka dan meragukan kemanjuran penegakan hukum.

Karena itu, banyak orang, terutama wanita dan anak-anak, tidak memiliki pilihan untuk mencegah penguntit (atau penguntit potensial), yang kemudian dapat menyebabkan kejahatan yang lebih serius – seperti pembunuhan.

Namun, Malaysia mengambil langkah progresif untuk menekan tindakan stalking.

Pada 3 Oktober 2022, Dewan Rakyat Malaysia dengan suara bulat mengesahkan RUU Anti-Penguntitan bersejarah dalam pemungutan suara setelah pembacaan ketiga, demikian seperti dikutip dari Mashable Asia, Minggu (23/10/2022).

RUU tersebut, yang diajukan oleh wakil menteri hukum Mas Ermieyati Samsudin, bertujuan untuk mengubah KUHP untuk membuat tindakan seperti menguntit – dalam bentuk apa pun, fisik atau digital – sebagai pelanggaran yang dapat dihukum. Kita bicara sampai tiga tahun penjara, denda yang besar, atau keduanya jika terbukti bersalah.

"Barangsiapa berulang kali dengan tindakan pelecehan, bermaksud menyebabkan, atau mengetahui atau seharusnya mengetahui bahwa perbuatan itu kemungkinan akan menimbulkan kesusahan, ketakutan atau kekhawatiran bagi siapa pun tentang keselamatan orang tersebut, melakukan pelanggaran menguntit," bunyi pasal baru yang diusulkan dalam KUHP.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Masih Menuai Perdebatan

Namun, amandemen KUHAP untuk memasukkan ketentuan anti-penguntitan masih diperdebatkan.

Anggota Parlemen (MP) Segambut Hannah Yeoh juga menyerukan agar definisi penguntitan diperluas untuk memperluas cakupan calon korban dan calon pelaku yang masing-masing dapat dibantu dan ditahan oleh penegak hukum.

Anggota parlemen Segambut merekomendasikan agar Malaysia mengikuti definisi yang tercantum dalam Undang-Undang Hukum Pidana Queensland dan Undang-Undang Perlindungan dari Pelecehan Singapura.

Tapi apa lagi yang bisa dikaitkan dengan tindakan menguntit? Menurut Yeoh, hal-hal seperti doxxing, kerusakan properti, dan mata-mata juga bisa dimasukkan.

Yeoh juga mengingatkan semua orang bahwa mencegah penguntitan juga dapat membantu mengurangi jumlah kejahatan serius lainnya, seperti pembunuhan, misalnya – mengutip kasus pembunuhan yang melibatkan penguntitan sebelum kematian korban.

 

3 dari 3 halaman

Kasus yang Memicu Malaysia Buat RUU Anti-Stalking

Pada tahun 2021, seorang wanita berusia 31 tahun di Ipoh ditikam sampai mati oleh seorang pria berusia 23 tahun yang diyakini sebagai pacarnya. Pembunuhan mengerikan ini terjadi tepat di depan anak-anak wanita itu.

Ini bisa dihindari jika laporan masa lalu wanita itu terhadap pria itu (karena melanggar dan masuk, serta pelecehan) telah diindahkan oleh penegak hukum. Sebaliknya, pria itu hanya ditampar dengan tuduhan masuk tanpa izin pada saat itu, dan kemudian dilepaskan.

Meskipun masih ada jalan panjang sebelum RUU Anti-Penguntitan (Anti-Stalking) membuahkan hasil dalam hal penegakan hukum yang sebenarnya, kita hanya bisa berharap bahwa itu berfungsi untuk melindungi yang rentan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.